Daftar Bacaan Januari 2019


Bismillah,
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Halo Hola!

Antara senang dan sedih, karena ternyata sudah memasuki bulan Februari. Waktu berasa cepaaat sekali berjalan, ya? Deg-degan nggak sih? 

Bulan Januari lalu penuh dengan cerita. Cerita yang manis asam asin, ramai rasanya! Wahaha.. Termasuk yang paling drama adalah ketika HP jadul satu-satunya pecah karena digigit Ahza. Hahaha..

Dan, karena kesibukan menjadi seksi acara wisuda akbar dan Wali Kelas Matrikulasi batch 7 IIP, akhirnya waktu luang yang biasanya digunakan untuk membaca buku dialihkan untuk melakukan administrasi kelas. Tahun baru, tantangan baru! Bismillah..

Tapi alhamdulillah ternyata masih sempat membaca 4 buah buku! Hore!

Buku-buku apa saja yang saya baca selama bulan Januari ini? Yuk, mari disimak! :)

1. Muhammad: Sang Pewaris Hujan - Tasaro GK



Whoaaa, ada rentang waktu yang menahun ketika saya memutuskan untuk membaca buku ketiga serial Muhammad ini. Ada rasa ragu yang datang, karena khawatir nggak bisa mengikuti jalan cerita di buku ketiga ini. Siapa itu Elyas? Siapa itu Kashva? Asli, lupa!

Untungnya, Tasaro GK memang jagonya membuat cerita! Dengan hanya beberapa bab saja, saya bisa kembali menikmati perjalanan Kashwa alias Elyas dan segala lika-liku ceritanya.

Hal yang paling berkesan dari buku ketiga ini adalah sosok Muhammad, anak muda yang menjadi pahlawan perang. Walaupun usianya masih di awal 20-an, ternyata kepiawannya dalam memanah dan menyusun strategi perang mengantarkannya menjadi salah satu anak muda yang dipercaya oleh Amr bin Ash.

Yang paling keren dari Muhammad adalah filosofi hidupnya yang "Allah dulu, Allah lagi, Allah terus" itu lho! Masya Allah.. Di zaman itu, yang hanya berjarak beberapa tahun dari kepergian Nabi Muhammad, saya yakin masih banyak orang-orang yang memiliki keberanian dan filosofi hidup yang begitu tulus seperti ini. Hmmm, mungkin di zaman sekarang juga ada, ya.. Dan semoga kita termasuk yang sedang berjuang menuju ke arah sana. Aamiin..






Beberapa quotes keren dari Muhammad saya simpan di sini, ya.. Semoga bisa menjadi pengingat ketika iman sedang turun-turunnya. Aamiin..

Data buku
Judul: Muhammad Sang Pewaris Hujan
Pengarang: Tasaro GK
Jumlah halaman: 592
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun terbit: 2016

Review ala Dece
Nilai: Bintang 5!
Rekomendasi pembaca: Semua umur. Bisa banget dibaca untuk para remaja, lho!

2. Al-Qur'an


Masya Allah, buku yang satu ini mah nggak usah di-review yaa..
Buku juara di antara buku-buku yang ada di seluruh dunia!
Selalu berhasil membuat hati tenteram dan nyaman..

Semoga tahun ini bisa lebih sering khatam.
Aamiin..

3. Tuntas Motorik - Ani Christina



Pertama kali tahu tentang buku ini adalah dari WAG Reseller-nya Teh Lily. Memang luarrr biasa ibu yang satu ini, selalu berhasil meracuni kami dengan rekomendasi buku-bukunya. Wkwk..

Qadarullah, waktu kemarin saya memang sedang concern tentang motorik dan psikisnya Kakang. Jadiii, buku ini seperti oase di tengah gurun, huhuy.. Hadir ketika dibutuhkan. Alhamdulillah..

Setelah menunggu PO yang lumayan menguji kesabaran, akhirnya sampailah buku ini ke rumah. 

Di bab-bab awal, buku ini mengupas tentang berbagai permasalahan yang sering terjadi pada anak bahkan orang dewasa, seperti sulit fokus dan berkonsentrasi, sering menghilangkan atau merusak barang, speech delay, kesulitan belajar baca tulis, labilnya emosi, dan lain-lain. Ternyata oh ternyata, semua hal ini disebabkan oleh belum tuntasnya motorik anak.

Nah, seperti apa sih tahapan motorik anak itu? Pertanyaan ini akan di jawab di bab-bab selanjutnya, lengkap dengan stimulasi yang bisa kita lakukan pada bayi 0 bulan sampai anak berusia 6 tahun.

Sayangnya, saya nggak puas dengan halamannya yang tipis. Penginnya bukunya lebih tebal lagi, lebih mengupas tentang persoalan motorik ini. Sok atuh, siapa yang mau melanjutkan perjuangannya Bu Ani? Hehehe..

Hikmah yang bisa saya ambil dari buku ini adalah: ternyata saya berada di jalur yang tepat. Alhamdulillah.. Rasanya semakin yakin dengan apa yang saya lakukan ketika berkonsultasi dengan Bu Sri selepas screening fisik oleh Om Ayi di Hayat School.

Selama ini, saya memang belum mengajarkan Kakang calistung alias baca tulis hitung, namun lebih memprioritaskan pada aktivitas fisik. Aktivitasnya bisa berupa berlarian di taman bersama teman-teman, naik turun perosotan, bergelantungan di palang besi, mencari binatang di selokan atau kebun, naik sepeda, atau berjalan kaki. Ternyata, sebelum mengajarkan anak calistung dan keahlian kognitif lainnya, lebih baik dituntaskan dulu motoriknya, salah satunya dengan bermain di alam. Yaa, walaupun nggak di alam beneran sih. Wkwk..

Data buku
Judul: Tuntas Motorik
Pengarang: Ani Christina
Jumlah halaman: 88
Penerbit: Filla Press
Tahun terbit: 2018

Review ala Dece
Nilai: Bintang 3. Kurang banyak halamannya, wahahaha..
Rekomendasi pembaca: Semua orang yang pasti bakalan bersentuhan dengan anak-anak.

4. Sakinah Bersamamu - Asma Nadia



Rasanya sudah seribu purnama nggak membaca buku Mbak Asma dan akhirnya rindu itu terobati setelah membaca Sakinah Bersamamu, hasil bookcrossing ketika Bedah Buku tahun lalu. Buku ini milik Teh Qure yang baik hati. Hatur nuhun ya, Teh! :)

Membaca buku ini membuat saya senyum-senyum geli, sedih sampai menangis sesenggukan, hingga kesyel. Ah, warna-warni sekali!

Buku ini wajib dibaca oleh para singlelillah yang sedang dalam masa penantian (seperti saya, ehem), para pasutri baru, pasutri lama (wkwk), atau siapa saja yang sedang dalam masa galau karena merasa kehidupan berumah tangga tidak seindah yang dibayangkan. Hehe, bersiaplah untuk baper ketika membaca buku ini, ya!

Seperti charger yang menambah energi pada gadget kita, saya rasa buku ini juga bisa memberi energi positif yang menyenangkan pada kehidupan rumah tangga kita. Teruntuk saya pribadi, rasanya jadi ingin segera berkeluarga lagi, hehe.. Aamiin, doakan semoga #2019CariAyahBaru tercapai, ya! Hihi..

Data buku
Judul: Sakinah Bersamamu
Pengarang: Asma Nadia
Jumlah halaman: 329
Penerbit: Asma Nadia Publishing House
Tahun terbit: 2010

Review ala Dece
Nilai: Bintang 4
Rekomendasi pembaca: Usia 20 tahun ke atas, lah.. Hihi..

Sampai jumpa di catatan bulan Februari!

Salam literasi,
-Si Ibu Jerapah-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menambah Followers Onlineshop di Instagram

Bermain di Kid's Land Paris Van Java Mall Bandung

Haid saat Ramadhan? Yuk Lakukan 10 Amalan ini