Tentang Tema Blog: Suka Gado-gado atau Ayam Goreng?


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hola halo!

Setelah bikin blog, terus ngapain? Nulis! Yaa, nulis! ☺

Nulis apa? Apa tema yang kita sukai?

Bicara tentang tema blog, teman-teman bisa dapat banyak inspirasi dari Mbak Carolina Ratri di blog atau bukunya. Beliau lumayan sering membahas hal ini. Mau bikin blog kita jadi gado-gado atau ayam goreng?

Lifestyle blog atau tematic blog?

Dua-duanya tentu punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya ya..

Lifestyle blog (blog gado-gado)
+ Blogger nggak usah pusing-pusing memilah-milih tema tulisan, apapun yang terpikirkan bisa jadi ide dan dieksekusi!
+ Kalau ada job, blogger pun nggak usah repot untuk menyeleksi. Beauty hayu! Book hayu! Tapiii..
- Ngomongin brand, biasanya brand lebih suka menawarkan kerjasama dengan blog yang punya tema sejalan dengan produknya. Contoh: produk susu anak pasti lebih mengutamakan parenting blogger dibandingkan lifestyle blogger.
- Kalau tidak ada kekhususan yang kita miliki, kita akan sulit dikenali dan dihafal pembaca. Beda misalnya dengan beauty blogger atau movie review blogger yang sudah pasti pembaca akan pergi ke blognya dengan tujuan yang kelas. Misal, untuk cari review kosmetik atau membaca review film.

Tematic blog (blog yang memiliki tema khusus)
+ Punya personal branding, gampang diingat, punya specialty.
+ Untuk tema tertentu, misalnya beauty atau book, bisa jadi poin plus untuk mendapatkan job!
+ Dengan adanya tema blog kita jadi punya acuan ketika menulis. Nggak meluas ke mana-mana tapi fokus di satu tema, tapi..
- Kadang ini juga yang membatasi kreativitas kita yang konon tanpa batas. Parenting blog, tapi lagi pengin review laptop! Gimana dong? Sebenarnya ada solusinya sih, yaitu tetap mengaitkan ham tersebut ke tema blog. Misal, penggunaan laptop untuk pendidikan keluarga. Yang suka bikin galau, kalau hal yang mau ditulis, benar-benar melenceng dari tema blog.
- Punya pembaca yang itu-itu aja. Pembaca target. Parenting blog yang baca ya ibu-ibu atau minimal calon ibu.

Tapiiiii.. poin-poin di atas tentunya hanyalah ke-sok tahu-an saya sebagai blogger pendatang baru.. 😂😂😂😂✌

Kalau tulisan kita unik, dibikin pakai hati, saya yakin kok, mau gado-gado atau tematik, pasti akan sampai juga ke hati para pembaca yang budiman. Sepakat?

Jadi ya, apakah di blog kita mau menampilkan satu tema atau selang-seling atau terserah penulis, yaa itu mah berpulang pada value blogger dan tujuan ngeblognya lagi.  Ngeblog itu mau ngapain?

Nah, sekarang, kalau misalnya mau memilih blog tematik yang punya satu tema dominan, pertanyaan selanjutnya adalah tema apa yang harus saya pilih?

Blogger-blogger guru pasti punya pendapatnya masing-masing, atau setiap kita juga punya pendapat masing-masing. Itu pasti. Nah, kalau menurut saya pribadi, pilihlah tema blog yang beririsan dengan passion kita.

Kenapa kudu passion?

Kata Coach Rene, passion is is not what you good at, but what you love the most.

Bukan masalah kita punya skill tingkat dewa dalam hal tersebut, tapi carilah tema yang bikin kita rela begadang, jatuh bangun bikin konten, jungkir balik ngeriset untuk bikin tulisan yang bagus, karena tema blog kita sesuai passion kita. What we love the most!

Setuju nggak nih, gengs?

Sudah kebayang belum tema blog yang pas dengan kita?

Tema Cerita Si Ibu Jerapah


Untuk blog ini sendiri, kalau ditanya lifestyle atau tematic blog, niscaya saya akan senyam-senyum nggak jelas. Soalnya bingung juga ya, ini isi blognya curhatan semua.. 😂😂

Tapi maunya sih, maunyaaa, ketika pertama kali bikin blog ini, saya memang mengkhususkan tulisan-tulisan saya untuk empowering women. Dalam hal apa? Ya segala hal tentang wanita. Berbagi cerita tentang wanita, cerita mompreneur, parenting, literasi keluarga (penting banget untuk empowerment), inspirasi, dan menyusui. Masih gado-gado? Yang jelas, walaupun sepintas terlihat gado-gado, niscaya kamu nggak akan menemukan review laptop game di sinie atau  review film yan nggak berhubungan dengan seputar hal-hal yang dianggap penting bagi perempuan.

Intinya? Apapun tulisannya ya dihubung-hubungkan dengan hal-hal seputar women empowerment. Yaaa Yaaa walaupun nggak dipungkiri kadang suka khilaf aja gitu nulis yang agak ndak nyambung. Wkwk.. ✌

Di luar blog ini, saya jarang banget blog walking. Huhu, maaf ya temans. Bukannya sombong, da aku teh punya apa atuh yang bisa disombongin. Huhu.. Tapi, saya lebih memilih menggunakan waktu tersebut untuk membaca buku. Bukannya blog itu nggak berfaedah, tapi membaca buku itu sudah menjadi kebutuhan primer buat saya. Seperti menghirup oksigen. Halah.. 😂

Walaupun jarang blog walking tapi saya suka blog-blog dengan tema khusus dibandingkan dengan yang gado-gado. Kenapa? Karena dengan keterbatasan waktu, saya bisa mendapatkan bacaan--bacaan yang memang saat itu saya butuhkan. Bak sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Itu dari kacamata saya, sebagai netizen yang jarang baca blog, ya. Hihi.. 🙈

Kalau kamu, lebih suka gado-gado atau ayam goreng?
Lebih suka lifestyle blog atau tematic?

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menambah Followers Onlineshop di Instagram

Bermain di Kid's Land Paris Van Java Mall Bandung

Haid saat Ramadhan? Yuk Lakukan 10 Amalan ini