Bersenang-senang di Perpustakaan Elmuloka


Assalamualaikum w.w.

Hola Halo!

Ketika kecil dulu, apa sih yang ada di benak kita tentang perpustakaan? Berhubung perpustakaan pertama saya adalah perpustakaan di SD, kesan pertama saya saat itu adalah: bau apek, berdebu, koleksinya sedikiiit, koleksinya jadul banget dan terbatas pada buku-buku yang nggak populer. Bacaan saya waktu SD adalah buku-buku perang: Perang Ambarawa, 10 November, Bandung Lautan Api dan teman-temannya. Itupun bukunya jadul dan rata-rata sudah hampir terlepas dari sampulnya. Sedih, lah!

Nah, alhamdulillahirrobbil'alamin.. Selain ada buanyaaak sekali taman tematik yang bisa dinikmati, anak kecil jaman now terutama di Kota Bandung juga dimanjakan oleh beberapa perpustakaan umum yang keren banget!

Selama beberapa tahun ini kami sudah cukup puas dengan adanya Ruang Anak di Bapusipda Jawa Barat (di Jalan Kawaluyaan), Ruang Anak di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung (di Jalan Seram) dan Pustakalana (di dekat Jalan Bengawan). Dan ternyata, oh oh, ternyata masih banyak lho ruang baca anak yang tersebar di seluruh penjuru Bandung. Wah, maka nikmat Tuhan yang manakah yang kita dustakan?

     Baca juga: Membaca Anak Usia Dini ke Perpustakaan

Oleh karena itu, mulai tahun 2018 ini Rumah Belajar (RB) Literasi Bandung (di bawah Ibu Profesional Bandung) menyelenggarakan program Tur Literasi yang akan memfasilitasi keluarga anggota RB untuk mengunjungi dan beraktivitas di perpustakaan-perpustakaan di Bandung. Nggak terbatas dengan perpustakaan anak saja, tapi semua perpustakaan. Psst, ternyata ada banyak perpustakaan keren yang belum terungkap! Hehehehe..

Penjelajahan pertama dilakukan di Perpustakaan Elmuloka di Jalan Malabar no. 61 Bandung. Tur Literasi kali ini juga dimeriahkan dengan kegiatan bedah buku! Mau tahu keseruan acara Tur Literasi perdana di tahun 2018 ini? Yuk simak catatan saya yaa.. :)

Perpustakaan Elmuloka, Perpustakaan Sekolah yang Koleksinya Jauh dari Jadul!


Hari Sabtu, 27 Januari 2018 kemarin, sekitar pukul 09.00 saya dan Ahza tiba di Perpustakaan Elmuloka. Oh iya, sedikit tips untuk newcomers seperti kami: jangan mencari Jalan Malabar no. 61 karena penomorannya cukup bikin kepala pening, hehehe, tapi carilah kompleks sekolah Gagas Ceria. Nah, nanti perpustakaannya ada di salah satu sudut Gagas Ceria dan berpintu kaca! Hehe..

Begitu masuk ke dalam perpustakaan, kesan pertamanya adalah, "Waaaw, koleksinya banyak banget dan beragam!". Dalam sekali pandang, kita bisa melihat bahwa koleksi buku anak di Elmuloka bisa dibilang sangat banyak dan beragam (domestik maupun impor). Dijamin ngiler!

Ahza pun langsung hunting buku kesukaannya. Yup, masih seputar truk dan alat berat. Haha..

Bagian depan perpustakaan

Sekitar pukul 09.15 dan ketika anggota RB Literasi mulai berdatangan, kami pun beranjak ke lantai 2 untuk memulai acara Tur Literasi hari ini. Di lantai 2 ternyataaaa.. Ada ruang diskusi yang uenak banget dan koleksi bacaan dewasa yang bikin kami semua semangat 45 untuk jadi member perpustakaan. Hihi..

Acara dimulai dengan pemaparan mengenai Perpustakaan Elmuloka oleh Ibu Karin dan Ibu Ika. Ibu Karin menjelaskan bahwa Elmuloka sebenarnya sudah berdiri sejak 2007 (ya ampun, kudet banget ya kita.. -_-) dan terbuka untuk umum. Elmuloka selalu terbuka dalam berkolaborasi dengan komunitas untuk mengadakan kegiatan di perpustakaan. Dengan adanya kegiatan, diharapkan pengunjung jadi lebih akrab dengan perpustakaan.

Buk Ika dan Bu Karin sedang menjawab pertanyaan para emak-emak doyan baca :)

Kemudian, Bu Ika juga menjelaskan tentang profesi pustakawan dan mekanisme member di Elmuloka. Hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin menjadi member adalah:
  1. Perpustakaan Elmuloka terbuka untuk umum.
  2. Calon member harus mempersiapkan fotokopi KTP dan pas foto 2x3.
  3. Biaya pendaftaran member Elmuloka adalah sebesar Rp. 30.000.
  4. Untuk meminjam buku, member harus memiliki kartu refill seharga Rp. 20.000 yang bisa dipergunakan untuk meminjam 10 buku.
  5. Member dapat meminjam maksimal 4 buku dengan waktu pinjam maksimal selama 2 minggu.
Dengan koleksinya yang keren banget, saya rasa nominal di atas sangat layak lho! Cuss langsung ke Elmuloka ya! :)

Berfoto bersama staf Elmuloka. Terima kasih banyak, bu! :)

Saya dan Bu Ika. Hatur nuhun, ibu :)

Hubungi Perpustakaan Elmuloka di:
http://gagasceria.com/gagas/elmuloka.htm
https://www.instagram.com/kinaryagagas_elmuloka/

Buku yang Paling Menginspirasi di Tahun 2017


Setelah pemaparan dari Ibu Karin dan Ibu Ika, acara dilanjutkan dengan bedah buku. Yeaay!

Sebelumnya, saya sempat merasa khawatir kegiatan ini akan kurang seru karena nggak ada tamu spesial yang akan membedah sebuah buku yang fenomenal. Ekspektasi terlalu tinggi ya, hehe.. Tapi ternyata, bedah buku kali ini berlangsung SANGAT SERU!

Foto dari Teh Shanty

Ada sekitar 16 orang yang berbagi bacaan terinspiratif yang telah mereka baca di tahun 2017. Menyenangkan sekali bisa menyaksikan teman-teman bercerita dengan penuh semangat dan mata berbinar-binar tentang buku yang mereka baca dan inspirasi yang didapatkan dari buku tersebut. Ada beberapa buku yang telah saya baca, tapi kebanyakan belum saya ketahui dan saya jadi ngiler untuk membaca semua buku itu! Betapa tidak, buku-buku pilihan ini telah menginspirasi ibu-ibu untuk menjadi pribadi yang lebih baik! Keren, kan?

Sasya sedang beraksi!

Ah, selain ibu-ibu, kami juga kedatangan pembedah cilik, yaitu Sasya, putri dari Teh Shanty. Masya Allah, anak-anaknya Teh Shanty itu memang super cerdas dan berani ya. Raka dengan segala kekerenannya dan Sasya yang berani tampil. Ah, gemaas! Kemarin, Sasya bercerita tentang buku pertama yang berhasil ia baca sendiri, wah hebat!

O iya, dari bedah buku ini juga kita jadi bisa berlatih untuk tampil bicara di depan umum, lho. Nggak harus takut salah, karena memang tidak ada yang salah! Kita bisa menyampaikan apa pandangan kita mengenai suatu buku dengan sebebas mungkin (dan bertanggung jawab tentunya). Kita juga bisa berdiskusi tentang suatu buku. Pro dan kontra hal yang biasa ya, yang pasti akan memperkaya diskusi.

Buku-buku keren yang kami bedah

Lalu, anak-anak ke mana?

Nah, ketika para ibu bersemangat membedah buku, anak-anak pun anteng beraktivitas di kegiatan SaTerDe yang diselenggarakan oleh Elmuloka. Kata Ahza, anak-anak dibacakan buku cerita lalu membuat kerajinan lipat melipat. Untuk balita seperti Ahza yang belum mau crafting, mereka dibebaskan untuk menggambar dan berkreasi. Ahza mah seperti biasa yaa, membuat truk. Hehe.. :)

Berfoto bersama anak-anak dan buku inspiratif

Jadiii..

Ikutan dong Tur Literasi dan acara-acara seru RB Literasi Bandung lainnya! Supaya apa? Supaya kita bisa bareng-bareng membangun kecintaan literasi pada keluarga. 

Jangan sendirian. Berat. Kamu nggak akan kuat. Bareng-bareng aja yuk sama RB Literasi!
Eaaa terdilan ya.. Haha..

     Baca juga: Ruang Anak di Bapusipda

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

Komentar

  1. Asyik ada penjelasan dari Elmulokanya. Nyesel banget kemarin telat datang.

    Btw, Sasya happy banget namanya di sebut Tante Dece di sini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menambah Followers Onlineshop di Instagram

Bermain di Kid's Land Paris Van Java Mall Bandung

Haid saat Ramadhan? Yuk Lakukan 10 Amalan ini