Simpan Dulu


Assalamualaikum w.w.

Hola Halo!

Hari ini semacam rollercoaster. Ada momen nyebelin, tepatnya ketika sesi bangun tidur 😂, dan ada momen menyenangkan. Super menyenangkan!

Nah, kata Teh Alienda, jangan ratakan lembah, tapi tinggikan bukit. Jadi, kali ini saya mau meninggikan bukit. Hanya mencatat apa-apa yang membuat hari ini menjadi spesial. Yang nyebelinnya? Ah, lupain aja! :)


Hari ini adalah jadwal saya dan Ahza untuk mengembalikan buku ke Pustakalana. Supaya ramai, kami mengajak Madel dan Bebi untuk ikut. Ternyata mereka (plus Om Adit) memang ada rencana untuk kontrol ke rumah sakit. Oke, mari kita jalan-jalan!

Setelah dari rumah sakit dan makan siang, kami pun bergegas ke Pustakalana. Sembari saya memilih buku untuk Ahza, doi asyik main. Yup, Pustakalana memang jadi favorit karena koleksi bukunya yang WOW dan mainannya juga banyak. Anak-anak dijamin betah main di sana.

Awalnya Ahza main dua boks mainan berisi sayuran, lego, mobil dan printilan lainnya. Lalu, Ahza meminta izin untuk memainkan boks besar berisi lego aneka warna. 

Aha! Momen yang pas untuk melatih keterampilan 'menyimpan mainan ke tempatnya sebelum mengambil yang baru'.

"Kakang, sebelum ngambil mainan yang baru, gimana kalau kita simpan dulu mainan yang sudah dimainkan?"
"Oke"

Strateginya masih sama seperti kemarin. Alih-alih menyuruh, saya lebih ke mengajak. Artinya, saya juga ikut membantu Ahza membereskan mainan. Nggak berharap Ahza bisa membereskan sendiri, karena sudah mau membantu saya pun, saya sudah senang sekali.

"Oke, sudah beres. Ini boksnya ya, kang.."

Good job, boy!


Saya juga menggunakan kesempatan yang sama setelah kami menyelesaikan sesi membaca di rumah. Mumpung malam Ahad, saya ingin nonton bareng film Planes yang kebetulan bukunya baru saja selesai kami baca.

"Sebelum nonton, yuk kita beresin mainan dulu, kang?"
"Oke."

Setelah Ahza terlihat asyik membereskan mainan, saya izin untuk shalat Isya. Selepas shalat, Ahza menunggu saya untuk meminta bantuan menyusun mainan yang untuk dia sulit 'disusun'.

Yeay! Lagi, good job, kakang! :)

Hari ini ibu dapat pelajaran, untuk nggak maksain apa keinginan ibu. Tapi cukup mencontohkan dan bilang baik-baik. Nanti juga Ahza mau bantuin ibu kan? Nanti juga Ahza mau menyimpan mainan ke tempatnya. Yeaah!

Tapi jangan lengah! Ingat-ingat prinsip 'disiplin itu harus konsisten'. Semangat Ahza dan bubu.. Hihi..

Salam sayang, 
-Si Ibu Jerapah-

#Hari3
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Comments

Popular Posts

Institut Ibu Profesional