Membawa Anak Usia Dini ke Perpustakaan

 
Assalamualaikum w.w.

Hola halo!

Bagi saya, ada kartu yang lebih berharga dari kartu ATM. Kartu itu adalah kartu perpustakaan. Lho kok bisa? Iya, kalau ATM kan belum tentu ada isinya (ngenes ), sedangkan kartu perpustakaan adalah kunci menuju petualangan tak terbatas dan harta karun yang berlimpah.

Ditambah lagi, ada beberapa perpustakaan di Bandung yang menawarkan keanggotaan secara gratis! Misalnya saja Bapusipda Jawa Barat di Jalan Kawaluyaan, Dinas Perpustakaan Kota Bandung di Jalan Seram dan perpustakaan kelembagaan, seperti perpustakaan kampus. Kalaupun ada biaya pendaftaran, biayanya tidak akan sampai Rp. 50.000 dan biasanya tak berbatas waktu. Bahkan, untuk perpustakaan pemerintah mah benar-benar gratis lho! Wow, harta karun banget, ya! :)


Selain perpustakaan publik, ada juga perpustakaan yang dikelola secara pribadi. Surganya buku anak di Bandung pastinya ada di Pustakalana. Walaupun biaya keanggotaannya cukup aduhai, tapi berimbang dengan kesempatan meminjam buku berkualitas sebanyak-banyaknya selama tiga bulan. Belum lagi bisa puas bermain ketika berkunjung ke sana.

Kali pertama mengenal perpustakaan adalah ketika saya duduk di kelas 3 SD. Ketika itu, kelas 3 dan 4 berada di lantai yang sama dengan perpustakaan sekolah. Jadilah saya menjadi peminjam setia buku-buku perpustakaan. Malah saya kurang ingat apa yang dipelajari sewaktu SD dan lebih hafal dengan isi buku-buku perang kemerdekaan yang pernah saya baca. Hihi..

Merasa bosan dengan koleksi perpustakaan yang luar biasa jadul, saya kemudian diperkenalkan Mama dengan Bapusipda yang ketika itu masih berlokasi di Jalan Banceuy. Luar biasa.

Buku-buku yang saya baca sejak kecil hingga hari ini benar-benar banyak mempengaruhi pola pikir dan hidup saya. Ke arah yang positif ya tentunya. Oleh karena itu, saya berusaha untuk memperkenalkan perpustakaan sedini mungkin pada Ahza. Harapannya, perpustakaan bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bermain dan belajar.

Selain menumbuhkan kecintaannya pada belajar, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengenalkan anak usia dini pada perpustakaan, di antaranya adalah:

1. Membiasakan anak untuk menaruh buku pada tempatnya. Biasanya setelah membaca, Ahza akan berusaha untuk mengembalikan buku pada tempatnya. Ya walaupun di beberapa perpustakaan biasanya ada tempat khusus untuk buku-buku yang telah dibaca.

2. Anak belajar memahami konsep meminjam dan konsep barang milik orang lain. Sejak dua tahun, Ahza sudah saya biasakan untuk meminjam buku di perpustakaan. Di rumah, ia akan berusaha menjaga buku sebaik-baiknya. Awalnya saya selalu mengingatkan, "Ahza, bukunya dijaga ya. Kan punya perpustakaan, bukan punya Ahza,". Lambat laun anak pasti mengerti dan belajar bertanggung jawab.

3. Mengenal beraneka jenis buku yang tidak dijual di toko buku. Eh, iya lho, ada beberapa jenis buku yang nggak pernah terpikir untuk dibeli di toko buku. Entah karena konsepnya yang di luar buku yang biasa dibaca atau harganya yang selangit, tapi ada beberapa jenis buku yang belum saya belikan untuk Ahza. Nah, dengan mengeksplor koleksi perpustakaan, kita jadi tahu buku apa yang disukai anak dan bisa menjadi referensi untuk belanja buku di toko buku.


Nah, hari ini, saya dan Ahza mengembalikan buku ke Dinas Perpustakaan di Jalan Seram. Ruang anak di sini baguuuus sekali. Walaupun tidak sebesar ruang anak di Bapusipda, tapi tetap saja desain ruangan dan koleksinya membuat kami jatuh hati. Sukaa sekali membaca di sini.

Ahza memilih sendiri buku yang ingin dibacanya dan saya pun memilihkan 2-3 buku untuk Ahza. Lalu kami pun asyik membaca dan menempel stiker di buku aktivitas. Seru!

Selesai membaca, Ahza berusaha mengembalikan buku di tempatnya. Tapi berujung merengek karena susunan bukunya jadi berantakan. Haha..

Selalu suka deh sesi kencan dengan Ahza ke perpustakaan. Semoga ini bisa jadi kebiasaan kita sampai ke tahun-tahun mendatang ya, kang. Heheh..

Salam sayang, 
-Si Ibu Jerapah-


#Hari5
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts

Institut Ibu Profesional