Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2017

Perjalanan Membaca di 2017

Gambar
Assalamualaikum w.w. Hola Halo! 
Beberapa hari yang lalu, grup Whatsapp #ODOPfor99Days diramaikan dengan teman-teman yang menyetorkan daftar buku yang selesai dibaca selama tahun 2017. Setelah membaca daftar-daftar ini, saya langsung menyesal karena selama 2017 ini nggak ada satu pun dokumentasi dari buku-buku yang telah saya baca. Ada sih, tapi hanya satu-dua. Zzz..
Mengapa dokumentasi ini penting? At least, ini penting banget untuk saya, supaya saya tahu perjalanan membaca saya selama setahun. Buku-buku apa saja yang sudah saya baca? Buku-buku apa yang berkesan untuk saya? Buku apa yang sangat memengaruhi jalan pikiran saya? Buku apa yang memiliki kontribusi ketika saya mengambil sebuah keputusan. Dan banyak lagi.

Makan Sendiri dan Kemampuan Menulis

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Ada beberapa ilmu dan fakta seputar pengasuhan dan pendidikan anak yang baru saya tahu ketika mengikuti Workshop Teknik Pengajaran Baca Tulis dengan Metode Montessori. Selain bagaimana teknik pengajaran baca tulis yang ternyata bisa begitu mengasyikkan, Mbak Vidya banyak menyisipkan tips dan triks bagaimana menyiapkan anak untuk membaca dan menulis.

Ibu, Perannya dan Apa yang Terpenting untuk Ibu

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Dulu, saya pikir menjadi ibu berarti mengubur dalam-dalam impian. Misalnya, untuk saya yang hobi banget belajar, saya harus mengubur dalam-dalam impian saya untuk bersekolah setinggi-tingginya, bekerja di ranah publik atau bermanfaat untuk banyak orang. Ah, sudahlah, selesai sudah semuanya, pikir saya waktu itu.
Ternyata oh ternyata, banyaaak sekali yang bisa kita eksplorasi dari peran seorang ibu. Kurikulum program studi apapun di seluruh dunia pasti nggak ada yang bisa mengalahkan kompleksitas, kelengkapan dan kemenakjuban kurikulum yang harus dipelajari untuk menjadi seorang ibu profesional.

Ketika Anak Suka Berteriak

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Semalam jadi malam kelabu untuk saya. Gara-garanya, Ahza nangis heboh di Metro. Kebetulan sedang ada Mak Uu, Wale, Om Aji, Om Alvin dan Teteh (ARTnya Bunda) di sana.
Nangisnya sepele sih, karena saya nggak mau bantu Ahza mengambil roti di atas microwave. Alasannya, karena Ahza menyuruh saya sambil teriak dan nangis. Oh, nggak bisa gitu sayangku..
"Kakang, bilang baik-baik ya, kang.. Ibu tunggu sampai nangisnya selesai, setelah itu ibu bantuin ambil roti," ujar saya pelan-pelan. Tapi ya gitu deh, drama ini berlangsung lama. Sekitar sejam lah. Haha..
Dan, orang-orang di Metro yang baru tahu gaya pengasuhan saya, syok. Semua berusaha membantu Ahza, tapi saya bilang, "Nggak usah ya, karena saya lagi ngajarin Ahza.".

Mengoles Selai Sendiri

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Dan terjadi lagi.. Saya lasut (kalah dalam Bahasa Sunda). Baru hari kelima dan saya lasut. Lasut posting karena ngelonin Ahza sampai ikut tidur. Hahaha..
Tapi, nggak apa-apa. Kelas Bunsay ini bukan tentang berkompetisi menjadi yang terbaik di antara ibu yang lainnya. Tujuan saya adalah berkompetisi dengan diri sendiri. Tentang bagaimana menjadi ibu yang lebih baik dibandingkan dengan hari kemarin. Tsah.. Padahal mah tetep aja KZL sih, kok bisa lasut. Hahaha..
Jadi, kemarin malam saya mau bercerita tentang salah satu skill yang sudah dikuasai Ahza selama beberapa bulan belakangan ini. Skill itu adalah mengoles selai sendiri. Tepuk tangan dulu dong untuk Ahza. Yeyeye..

Membawa Anak Usia Dini ke Perpustakaan

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola halo!
Bagi saya, ada kartu yang lebih berharga dari kartu ATM. Kartu itu adalah kartu perpustakaan. Lho kok bisa? Iya, kalau ATM kan belum tentu ada isinya (ngenes ), sedangkan kartu perpustakaan adalah kunci menuju petualangan tak terbatas dan harta karun yang berlimpah.
Ditambah lagi, ada beberapa perpustakaan di Bandung yang menawarkan keanggotaan secara gratis! Misalnya saja Bapusipda Jawa Barat di Jalan Kawaluyaan, Dinas Perpustakaan Kota Bandung di Jalan Seram dan perpustakaan kelembagaan, seperti perpustakaan kampus. Kalaupun ada biaya pendaftaran, biayanya tidak akan sampai Rp. 50.000 dan biasanya tak berbatas waktu. Bahkan, untuk perpustakaan pemerintah mah benar-benar gratis lho! Wow, harta karun banget, ya! :)

Minggu Lelah

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Hari ini adalah hari keempat Tantangan 10 Hari Game Level 2 Kelas Bunsay! Yeaaah!
Masih seputar melatih kemandirian anak, hari ini belum bisa banyak berlatih karena kami menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah. Mulai dari mengantar Enin ke rumah Wale, menengok Mak Uu ke rumah sakit (syafakilah ya, Mak!), pergi ke walimahan Teh Neneng, sampai mengantar Madel pulang.
Sampai di rumah sudah sore dan tepar! Hehe..
Malamnya, karena sudah terlalu lelah untuk masak, kami memesan makanan via Go-Food. Malam ini Ahza makan kentang goreng dan makan sendiri. Ya iya lah, masa mau disuapin kan.. :p
Kata Ahza, "Bu, kayaknya aku nggak kuat, deh..". Maksudnya, Ahza nggak kuat untuk menghabiskan kentangnya. "Iya, nggak apa-apa. Tolong piring kotornya disimpan di tempat cuci dan sisa kentangnya ditaruh di meja makan ya, Kang!" kata saya. "Oke," kata Ahza sambil bergerak membereskan semuanya.
Wuhu!
Sekian untuk hari ini. Haha.. Oke, in…

Simpan Dulu

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Hari ini semacam rollercoaster. Ada momen nyebelin, tepatnya ketika sesi bangun tidur 😂, dan ada momen menyenangkan. Super menyenangkan!
Nah, kata Teh Alienda, jangan ratakan lembah, tapi tinggikan bukit. Jadi, kali ini saya mau meninggikan bukit. Hanya mencatat apa-apa yang membuat hari ini menjadi spesial. Yang nyebelinnya? Ah, lupain aja! :)

Bilang Baik-baik

Gambar
Assalamualaikum w.w.

Hola Halo!

Pagi ini jadi pagi yang amaaaat panjaaang sekaliii. Hihi..

Dari bangun tidur sampai kira-kira jam 10, Ahza nggak berhenti menangis. Awalnya karena marah distop ketika menonton TV. Ya iyalah distop, kan nontonnya sudah lamaaa, Ahza. Huhu..
Memang, sejak Ahza sakit selama seminggu, Ahza jadi kembali ke kebiasaan yang lama: nonton TV. Zzz.. 
Pernah dengar kan cerita ini. Walaupun kemampuan Bahasa Inggris kita sudah setinggi langit, akan percuma kalau nggak pernah dipakai. Bukan hanya kemampuan akan menurun, malah parahnya, kita akan kehilangan kemampuan tersebut seiring waktu.