[3/30] Tentang Doa


Assalamu'alaikum wr.wb.

Hola Halo!


“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Setiap doa-doa kita didengarkan oleh Allah dan pasti diijabah-Nya. Namun, perihal kapan terkabul adalah urusan Allah. Haknya Allah. Begitulah pembukaan ceramah tarawih tadi malam.

Jika kamu pernah bertanya-tanya, "Mengapa doaku tidak juga dikabulkan?"


Mungkin Allah dan para malaikat sungguh menyukai kata-kata yang kamu sampaikan saat berdoa. Mereka jatuh cinta pada doa-doamu dan selalu ingin mendengarnya, lagi dan lagi. Oleh karena itu, bisa saja Allah menangguhkan doa-doamu agar kamu tidak putus menyampaikan doamu.

Lalu, bagaimana agar doa kita dikabulkan?

Para sahabat, di suatu perang, pernah naik ke atas bukit -dataran yang paling tinggi- lalu berteriak-teriak berdoa kepada Allah. Apa yang terjadi? Ternyata Nabi saw. tidak meridhoi cara tersebut. Jangan, janganlah kamu berteriak saat meminta pada Allah. Turunkan pandanganmu, haluskan suaramu.


Syarat Doa yang Akan Dikabulkan Allah


Ada tujuh syarat doa yang akan dikabulkan Allah, yaitu:
  • Posisikan diri kita sebagai makhluk yang hina. Jangan petantang-petenteng di hadapan Allah. Kita semua butuh Allah, tunjukkanlah saat berdoa.
  • Hiasi dengan perasaan takut. Takutlah jika ibadah kita tidak diterima-Nya, takutlah jika ternyata Allah tidak ridho, takutlah jika Allah membuka aib kita, takutlah..
  • Saat berdoa, jangan terlalu optimis atau pesimis. Berdiri lah di posisi di antara mereka. 
  • Khusyu'. Sertakan hati di setiap doa.
  • Introspeksi diri. Pantaskanlah doa dengan kondisi kita.
  • Jangan berhenti. Jangan berputus asa dengan rahmat Allah.
  • Jagalah perutmu dari makanan dan minuman yang hallal.
Mengenai poin ketujuh, mari jadikan bulan Ramadhan ini sebagai pengontrol kita dalam mengonsumsi makanan. Mari jadikan Ramadhan sebagai momen kita untuk memohon dengan melakukan amalan-amalan kebaikan.

Semoga doa-doa baik kita semua terkabulkan di bulan penuh rahmat ini yaa.. :)

#CeritaTarawih

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts