[2/30] Bawalah Anak-anakmu ke Masjid

Assalamu'alaikum wr.wb.

Hola Halo!


"Assalamu'alaikum warahmatullahu wabarakatuh.."

Baru saja imam mengakhiri raka'at shalat terakhir tarawih kami, saat seorang ibu bangkit setengah berdiri dan berteriak, "Anak-anak siapa ini? Di mana orangtuanya? Kenapa ribut di sini semua?". Berteriak sambil jarinya menunjuki anak-anak yang sedang duduk anteng bertukar cerita tentang mainan, Upin Ipin edisi sunat (?) dan hal-hal remeh lainnya.

Aku terbelalak kaget melihat ibu itu. Satu hal yang aku pikirkan, "Bu, kenapa? Kurang piknik? :("

Bolehkah membawa anak ke masjid?


Saya pribadi termasuk ke dalam golongan ibu-ibu yang sepakat jika pendidikan terbaik adalah teladan.

Agar anak cinta masjid, orangtuanya lah yang wajib memperkenalkan anak-anaknya pada masjid. Aktif beribadah di masjid, membawa anak-anak ke masjid dan membiarkannya berkegiatan di masjid, tentu dengan batasan-batasan.

Ada banyak kisah tentang Rasulullah terkait hal ini. Mungkin kita sudah sering mendengar hadits tentang Nabi yang ketika menjadi imam shalat 'dinaiki' oleh cucunya atau Nabi yang sengaja memilih membacakan surat-surat pendek ketika mendengar suara tangisan bayi di masjid.

Masya Allah, kalau Nabi saja meneladani kita untuk mengajak anak-anak ke masjid, lalu mengapa kita masih melarang anak-anak datang ke masjid? Apalagi kita sudah memberikan batasan-batasan pada anak sehingga tidak merugikan orang lain.

Pun, bukankah kita berharap agar anak-anak kita menjadi pemuda pemudi yang mencintai masjid? Menjadikan masjid sebagai tempat yang akrab baginya, bukan asing apalagi takut saat memasukinya.

Selamat berbuat kebaikan-kebaikan di bulan penuh ampunan ini.. :)

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

Comments

Popular Posts