Lima Fakta tentang Danone Indonesia yang Harus Kamu Ketahui


Assalamu'alaikum wr.wb.
Hola Halo!

Apa yang teman-teman katakan saat membeli air mineral di warung atau menanyakan rak air mineral di minimarket? Saya yakin, pasti begini,
"Pak, beli Aqua, ya!"

Dalam dunia marketing, dalam hal ini Aqua sudah menjadi top of mind-nya customer. Top of mind artinya merek yang pertama kali ada di dalam benak kita saat memikiran suatu produk. Saking menempel di pikiran kita, merek-merek top of mind ini malah dijadikan nama produk, bukan merek. Ya, seperti kasus Aqua di atas. Keren, ya?

Kesuksesan ini nggak diraih Aqua dengan gampang. Kalau teman-teman tahu cerita Aqua sejak awal mula berdiri, wah, seru banget! Penuh tantangan sejak diproduksi oleh perusahaan keluarga sampai akhirnya diakuisisi oleh Danone pada tahun 1998. Nah, pada postingan kali ini, saya akan bercerita tentang perusahaan yang memproduksi Aqua saat ini, Danone. Simak sampai akhir, yuk! :)

Siapa sih yang nggak kenal Danone atau nggak mengonsumsi produk Danone? Sebut saja Aqua, VIT, Mizone, Levite, produk susu dan nutrisi medis lainnya. Lengkap! Pasti familiar ya dengan merek-merek yang sebutkan ini, kan?


Pada tanggal 20 Maret 2017, saya dan teman-teman media dan blogger berkesempatan untuk menghadiri undangan "Media Gathering Danone Indonesia". Media gathering ini mengambil tempat di restoran D'Palm Bandung. Acara yang dipandu oleh Bapak Michael dari Danone Indonesia ini menghadirkan Bapak Joko Prasojo (Kepala Pabrik Aqua Subang), Bapak Zaenal Abidin (Stakeholder Relation), Ibu Rany Juliani (Koordinator CSR) dan Bapak Arif Mujahidin (Direktur Komunikasi Danone Indonesia).


Ada banyak hal yang baru tentang Danone Indonesia yang baru saya ketahui dari acara ini. Untuk para pembaca budiman (ihiy), saya rangkumkan menjadi fakta-fakta yang harus diketahui tentang Danone Indonesia, ya! 

5 Fakta tentang Danone Indonesia yang Harus Kamu Ketahui


1. Danone bermula dari adanya penyakit infeksi usus yang diderita oleh anak-anak Spanyol.

Sudah tahu sejarah Danone? 

Alkisah di tahun 1910-an, terjadi wabah infeksi usus pada anak-anak Spanyol. Oleh karena itu, Isaac Carasso mulai mempelajari temuan penelitian fermentasi laktat dari pemenang Nobel, Ilya Mechnikov, yaitu yoghurt. Lalu, Isaac membuka pabrik yoghurt pertama di Spanyol dan akhirnya pada tahun 1919 diluncurkanlah produk yoghurt dengan nama Danone. Sejak itu, Danone berkomitmen untuk menyediakan makanan sehat sejak dini.

2. Danone memiliki misi untuk membawa kesehatan melalui produknya kepada sebanyak mungkin orang.

Misi yang dimiliki Danone bukan hanya menyoal bisnis, tetapi juga kemajuan sosial. Danone bertujuan untuk membangun masa depan yang lebih sehat, kehidupan generasi mendatang yang lebih baik dan dunia yang lebih baik bagi semua stakeholder yang terdiri dari 100.000 karyawan, konsumen, pelanggan, pemasok, pemegang saham dan semua masyarakat yang terdampak.

Waaaw, ternyata ada misi mulia yaa di balik bisnis Danone. Keren! Etapi ada yang lebih keren lagi, lho. Lanjut baca ke poin selanjutnya, ya!

3. Danone berkomitmen untuk menebar manfaat melalui kegiatan-kegiatan CSR.

Sebagai perusahaan berskala besar, ternyata Danone memiliki program CSR yang manfaatnya nggak main-main. Berikut adalah beberapa program CSR yang dilakukan oleh Danone dalam bidang kesehatan ibu dan anak :
  • Danone memiliki sarana interaktif untuk anak-anak bermain dan belajar di Taman Pintar Yogyakarta.
  • Terdapat Warung Anak Sehat yang berada di 124 titik di Indonesia.
  • Danone merevitalisasi 21 PAUD yang tersebar di Jakarta dan Jawa Tengah dalam program PAUD 1000 Anak Bangsa.
  • Menyelenggarakan Duta 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
Selain itu, Danonen juga memiliki CSR dalam bidang lingkungan yaitu melindungi Daerah Aliran Sungai (DAS), meningkatkan kualitas, kuantitas dan akses air bagi komunitas di sekitar wilayah kerja Danone.


4. Danone memiliki kemasan yang ramah lingkungan.

Dalam rangka pemanasan global, Danone memiliki kemasan ramah lingkungan yang menggunakan konsumsi CO2 secara signifikan. Danone selalu memastikan pemasok menghormati prinsip sosial dan lingkungan serta Hak Asasi Manusia. 

5. Danone berkomitmen untuk menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan.

Setiap perusahaan yang ada di Indonesia diharapkan dapat berkontribusi untuk menyerap lapangan pekerjaan di masyarakat kita. Tak terkecuali perusahaan multinasional seperti Danone. Di Indonesia sendiri, Danone berkomitmen untuk menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan. Siapa saja yang sudah terimplikasi oleh bisnis Danone?
  • 2 juta orang, mulai dari pemasok, distributor, toko dan kaki lima. 
  • 44 pemulung dan 75% di antaranya adalah perempuan bekerja di Recycling Business Unit menerima fasilitas kesehatan, seperti BPJS dan gaji bulanan.
  • 2.200 penerima manfaat dari pengembangan ekonomi, 119 unit bisnis, 5 koperasi, serta berupa kredit tersalur sebesar Rp. 1,3 miliar.
Waw, luar biasa ya ternyata sepak terjang Danone di Indonesia? Besar harapan saya agar Danone selain berbisnis juga tetap menjaga komitmennya dalam melakukan program-program sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya menyerap lebih banyak lagi lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja Indonesia.

Sumber: Fauzia Subhan


Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

Comments

  1. Dessy keren sangat bahasannya.

    Danone memang memberikan yang terbaik untuk negeri. Semoga komitmen kebaikan ini terus terjaga.

    ReplyDelete
  2. Saya pernah denger cerita dari Aqua waktu awal2 masarin di Indonesia. Perjuangannya bener2 bikin terharu. Kalo ga salah inget ada di acara kick andy

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, target mereka orang asing di Indonesia...tapi menurut orang asing harga Aqua terlalu murah jadi curiga itu kualitasnya ga baik

      Delete
  3. Danone keren banget ya teh DC.
    Btw aku suka banget sama tampilan blog nya yang sekarang, dan jadi kangen.

    ReplyDelete
  4. Duh sampe bingung saya mau komen apa ya? #KaryawanAQUA

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts