Jodohmu Mencerminkan Dirimu


Assalamu'alaikum wr.wb.
Hola Halo!

Jacob Black menghapus air mata dan berdiri dari duduknya. “Anak itu harus dihabisi! Dia yang menyebabkan Bella harus pergi selamanya! Anak itu harus dimusnahkan!”, teriaknya dalam hati. Ia pun masuk ke rumah dengan penuh kesumat. Tujuannya satu: membunuh bayi yang baru saja dilahirkan Bella Swan, cinta matinya. Ketika ia siap menerkam, tiba-tiba ia beradu pandangan dengan mata mungil si bayi dan terjadilah imprinting. Saat mata mereka bertemu, saat itu pula lah Jacob tahu bahwa mereka berjodoh. Dan siapapun yang berjodoh dengan manusia serigala akan dilindungi oleh kawanannya. Siapapun, termasuk si bayi yang terlahir dari ibu manusia dan ayah vampir.

Iya, iya, jangan suruh saya nulis fiksi ya. Bahaha.. Butut banget. Tapi pasti ingat kan dengan salah satu scene terepik di serial Twilight Saga ini? Saya bukan fans film ini, tapi berhubung kemarin baru nonton dan baper, jadilah terngiang-ngiang terus. Bahaha..


Apa jadinya ya kalau kita bisa melakukan imprinting seperti Jacob pada Renesmee? Yang pasti, cerita-cerita ini nggak akan kejadian:
  1. Pedekate sama kita, nikahnya sama orang lain.
  2. Udah pedekate lama, tiba-tiba bilang nggak cocok.
  3. Nikah 10 tahun taunya diselingkuhin.
  4. Tiba-tiba suami angkat kaki dari rumah. 
Nomor 1 dan 2 pernah pengalaman pribadi. Haha.. Nomor 3 dan 4 pengalaman teman. Sedih kan, ya? Coba kalau bisa imprinting, nggak bakal kejadian tuh. Yang ada pasti bakal kayak gini:
  1. Ada yang pedekate, tinggal screen pakai mata. Kalau jodoh lanjut, kalau enggak ya uwes. Enaaa..
  2. Pasti bakalan nikah sama jodoh kita.
  3. Nggak ada namanya di-PHP-in, diselingkuhin, ditinggalin dan kejahatan dalam hubungan lainnya.
Hmm, tapi emangnya seru? Kayaknya nggak seru ya, maks?

Bayangin aja kalau kita lagi naik gunung. Lebih bahagia mana? Ujug-ujug sampai puncak dianterin helikopter atau sampai puncak dengan perjuangan dan baju basah dan kering lagi dan basah lagi karena keringat? Saya yakin, yang penuh perjuangan itu pasti hasilnya bisa lebih bikin bahagia ya? Sepakat? Hihi 😀

Inilah rahasia jodoh. Jodoh itu kan termasuk ke dalam 4 hal yang jawabannya hanya diketahui oleh Allah: lahir, mati, rezeki, JODOH. Jadi, misteri banget ya, jodoh ini? Hihi..

Tapi, kalau kita cermati Al Qur’an (Mamah Deceh mode on), sebenarnya masalah jodoh ini nggak misterius-misterius amat, kok. Bahkan Allah udah ngasih tahu kita ciri-cirinya, lho. Wah, masa sih? Iyaa.. Coba kita cermati ayat fenomenal nan epik berikut ini:

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).” - An-Nur:26

Nah, ketahuan kan jodoh kita? Yang baik untuk yang baik, yang keji untuk yang keji.

Lah, terus, mungkin nggak sih orang baik dapet orang jahat? Nggak mungkin. Berarti Ibu Jerapah jahat dong sampai dapat mantan yang ...? (sensor takut ghibah, wahahaha)

Hmm.. Itu dia. Saya juga dulu sempat mikir kayak gitu. Bahkan sampai sekarang. “Ya Allah, apa saya sejahat itu ya sampai ditakdirkan menikah dengan seseorang yang sedemikian .... (sensor lagi)”. Begitu terus mikirnya. Sampai depresi sendiri.

Akhirnya, ketika ngobrol dengan seorang teman, dia bilang gini, “Itu artinya Allah sayang sama kamu, ce! Artinya dia memang nggak pantas buat kamu yang baik!”. Saya? Baik? Ahey! Langsung hajatan 7 hari 7 malam :D

Astaghfirullah, semoga dijauhkan dari riya atau apapun itu ya. Tapi ya itu dia, lelaki keji hanya untuk wanita yang keji. Kalau lelaki keji bertemu dengan wanita baik, yakinlah kalau itu bukan jodohnya. Janji Allah itu NYATA dan Allah nggak bakal ingkar janji. Allah selalu punya cara untuk mencintai hambaNya, tapi tidak pernah bermaksud untuk membuat hambaNya menderita. Saya yakin gitu.

Skenario Allah itu yang terbaik. Allah itu sayaaaaaaang BUANGET sama saya, sampai dikasih jalan kayak gini. Jalan saya itu dari kecil selalu bercabang, belok-belok, banyak naikan dan turunan. Hampir nggak pernah lah dikasih jalan lurus, palingan sekilo dua kilo aja. Wahaha..

Nggak buat ngisengin saya, tapi saya tahu kalau Allah ingin menguatkan saya. Dan Allah nggak akan mencoba hambaNya di luar batas kemampuan hamba tersebut toh?
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” – Al Baqarah:286

Justru itu, kita adalah manusia-manusia pilihan. Allah memilihkan kita jalan ini, karena Ia tahu kita mampu. Allah pasti tanggung jawab, Allah akan kasih jalan keluar, tapi syarat ketentuan berlaku! Jalannya ini sesuai dengan yang ditentukan Allah. Mau sempit, lebar, mudah, sulit, terserah Dia lah pokoknya.

Kewajiban kita apa? Ini sih yang kadang suka dilupain. Kadang kita mikir sampai depresi. Nangis sampai air mata habis. Marah sampai anak ikut kena imbasnya. Padahal kan Allah cuma nyuruh dua hal: SABAR dan SHALAT. Astaghfirullah, maafkan hambaMu ini ya Allah.. :(

“Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” – Al Baqarah:153

Jadi, gimana dengan masalah jodoh ini? Yaaa, dia balik lagi, bahaha..

Apakah cukup dengan sabar dan shalat? Menurut saya sih, CMIIW, setiap apapun ya kudu dilengkapi dengan usaha maksimal dan selanjutnya baru tawakkal (sabar dan shalat tadi). Eh, jangan lupa doa juga deng.

Usahanya gimana? Cari jodoh? Buka rerutmen? Ikut portal cari jodoh? Atau gimana?

Entah ya kalau kamu, kamu dan kamu. Tapi kalau saya, lebih memilih memantaskan diri sebagai usaha saya. Karena jodoh kita itu cerminan diri kita, kan? Karena saya ingin punya suami yang sayang sama Ahza, ya saya juga harus sayang banget sama Ahza. Saya ingin punya suami yang baik, saya juga kudu baik, masa pelit? Saya ingin punya suami shalatnya baik, ngajinya rajin, masa saya leyeh-leyeh aja? Gitu lho.. Ah, pokoknya sekarang mah pengen jadi versi terbaik dari diri kita, lah. Hehe..

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” – Ar-Ra’d:11

Ini blognya dibajak ya, bu? Bahaha.. Iya kali, ya! Ayo ngaku, ini siapa yang nulis? Mendadak kayak artikel di Tarbawi gitu nggak sih? Haha, ya maaf ya kalau nggak berkenan. Cuma pengen nulis ini aja gara-gara baper sama Jacob Black dan status Om Duta. Lagian, nulis mimpi kan nggak salah ya? Jadi, mari dukung gerakan #CariBapakUntukAhza! Waahahahahah 😀

Salam sayang,
Mamah Deceh
a.k.a
-Si Ibu Jerapah-

Comments

  1. Yeayyyy... Akuuuh sangat mendukung gerakan #CariBapakUntukAhza!

    ReplyDelete
  2. Skenario itu yg paling baik, apapun itu ya mbk, pokoknya percaya aja mah sm skenario Allah,
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, saya belajar yakin sama Allah. jalanNya pasti yang terbaik, bagaimanapun ceritanya.. :)

      Delete
  3. Jadi ingat dulu pas saya belum menikah, ada seseorang yg baik hati mengatakan jika kamu ingin mendapatkan jodoh yg baik dan soleh, maka perbaiki dulu diri kamu. Dan memang benar jodoh itu mencerminkan diri kita loh. Semoga Ahza cepat mendapatkan ayah baru yah, #eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa berarti sudah terbukti ya teh :)
      aamiin, bapak lah teh. ayah mah udah punya. wahaha :)

      Delete
  4. Tulisan yang ngena banget, Teh Dece! Banyak reminder dan bermanfaat :)

    Trus saya aamiin kenceng buat gerakan #caribapakuntukahza
    bapak yang terbaik dunia akhirat pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba winda, ssemoga bermanfaat yaa.. :)
      aamiin juga pake toa masjid :)

      Delete
  5. Replies
    1. asiiik.. banyak yang dukung euy.. makasih teeeh :*

      Delete
  6. Okey saya ikut mendukung di barisan #CariBapakUntukAhza..! Semangat Mamah Deceh :D

    ReplyDelete
  7. Dukung Deceh. :)

    Aku percaya banget sama surat Cinta dari Allah itu (An Nur : 26)

    Melihat pasangan/jodoh adalah seperti melihat diri sendiri.

    Mamah tau sendiri (mamah dedeh mode on), xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terbukti juga yaa di teh uwien..
      iya nih jadi deg-degan ngebayangin jodoh.. eaaa :)

      Delete
  8. Sempat berpikir gitu Mba.. Juga tentang Asiyah yang dijodohkan dengan Fir'aun. Atau Nabi Luth yang istrinya justru pengkhianat. Allah sudah mempersiapkan semua hikmahnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masya Allah.. iya ya mba.. asiyah yang sabaaar banget bisa nikah sama Fir'aun yang begitulah.. hmm..
      insya Allah semua ada hikmahnya. makasih udah diingetin ya mba :)

      Delete
  9. main kesini karena mau lihat template baru ahhaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaha bagus kan nay? tapi ga bisa naro about me :(

      Delete
  10. Aku ingat adegan si Jacob sama anaknya Bella. Aneh sih, tapi siapa yg tahu tentang jodoh. Yes, setuju dg memantaskan diri. Semoga Allah mempermudah ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untuk mba jiah juga yaaa.. eaaa :)

      Delete
  11. Jodoh bukan hanya dinanti tp dicari juga, hehehe

    Template barunya enak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyarinya ke mana ya mas/mba.. hhehehe :)

      Delete
  12. saya tahu imprinting itu gimana rasanya.
    Siapa sangka dia juga merasa begitu.

    ReplyDelete
  13. Setelah baca ini langsung ngaca pake cermin gedheeeeeee!

    ReplyDelete
  14. mampir baca ya Mbak.. insya ALLAH ada manfaatnya..

    ReplyDelete
  15. Please...jangan utak atik jacob black. Akang tay milikku wkwkwk

    Etapi aku dah suami org yang berlatar belakang sebenarnya. Dia diem aku rame. Jadi kadang kebolak saling ngisi.

    Semoga selalu disabarkan dimudahkan mengurus anak2 :*
    Sekian

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum,

    Adem sekali baca postingan yang ini, dan mengingatkan saya bahwa sabar dan tetap tawakal kepada ALLAH SWT

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  17. Aamiin ya rabbal alamin. Semoga terkabul yes, hihihi.

    ReplyDelete
  18. Nggak kebayang deh kalo manusia punya imprint juga kaya kaum werewolfnya twilight. Lagi pacaran sama siapa, ngeliat imprint jatuh cinta kemudian pacarnya ditinggal gitu aja yaaa. Wkwkwkwk

    Aku DUKUNG gerakan #CariJodohUntukBubuAhza! eh benerkan iniii? Weheheheee

    ReplyDelete
  19. Tulisan mu kok pas banget ya bubu....

    ReplyDelete
  20. Setuju Mba^^ memantaskan diri untuk masa depan terbaik, tfs ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts