Artikel Terlaris di IbuJerapah.com Tahun 2016


Assalamu'alaikum wr.wb.

Hola Halo!

Saya sering mengklaim bahwa saya adalah blogger curhat hore aye-aye cihuy. Alias yaaa hobi saya curhat di blog! Hihi..

Tapiii.. Setelah baca tulisan Teh Hani tentang Berbagi Kebaikan melalui Blog dan tulisan viralnya Mbak Lusi tentang Prediksi Blogging Indonesia 2017, saya semakin tersadar bahwa terlalu banyak curhat hore ternyata tidak terlalu baik untuk kesehatan jiwa. Ehem.. :p

Yup, sebuah blog memerlukan value agar pembaca betah membaca berlama-lama dan berkunjung balik ke blog kita. Value di sini bisa berarti desain yang ciamik, ilustrasi yang cantik, tulisan yang mengalir dan manfaat yang pembaca dapatkan dari artikel.

Dari hal-hal tersebut, seenggaknya selama ngeblog di IbuJerapah.com ini, saya masih sering menyisipkan value di tulisan saya. Tapi yaa, masih nyambung-nyambung lah dengan apa yang saya alami. Seputar menyusui, jualan online, parenting rock n roll dan lain-lain.

Demi ikut tren tahun baru, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat daftar artikel terlaris di 2016. Terlaris di sini artinya paling banyak dibaca berdasarkan statistik Blogspot dan Google Analytics yaa.. Dan alhamdulillah, kayaknya nggak ada artikel curhat hore saya di daftar ini. Wkwkkwkwk.. Jadi, inilah dia.. :)

1. Haid saat Ramadhan? Yuk Lakukan 10 Amalan Ini

Cerita di balik tulisan: Tulisan ini dibuat karena saya agak kesal karena di hari pertama Ramadhan malam haid. Huhu.. Padahal, menjelang Ramadhan saya sudah berapi-api menyambut Ramadhan, sudah semangat to the max. Ketika hari-H, saya haid dan rasanya agak kecewa. Hehe..

Akhirnya, saya mencoba untuk mencari amalan apa saja yang bisa saya lakukan oleh wanita haid saat Ramadhan. Ternyata, begitu banyak amalan yang insya Allah bermanfaat dan pahalanya menyamai puasa. Akhirnya pengalaman ini saya tuangkan dalam tulisan.

Mengapa bisa menyumbang view yang lumayan banyak (13.814) dan banyak di-share? Karena saya memasukkan tulisan ini ke VivaLog dan tembus. Hehe.. Lagi beruntung aja ini mah, wkwk..

2. Setelah Satu Tahun: UHT, Susu Formula atau Tidak Keduanya?

Cerita di balik tulisan: Masih sama lah. Nggak jauh-jauh dari curhatan saya karena Ahza doyaaaan banget sama UHT, subhanallah :(

Kemudian, saya tercerahkan dengan paparan dari para dokter saat mengikuti talkshow tentang hidup sehat di Laboratorium Prodia. Dari sana, saya tercerahkan bahwa sebenarnya, anak di atas 2 tahun itu nggak butuh susu. Anak manusia hanya butuh ASI. Titik. Dari sana saya tuangkan dalam tulisan ini yang lumayan menimbulkan pro dan kontra. Hehehe..

3. 10 Cara Mudah Berjualan di Instagram

Cerita di balik tulisan: Sami mawon. Curhat again. Wkwk..

Setelah dua tahun berkecimpung di dunia instagram, akhirnya saya tuangkan strategi yang pernah saya lakukan di artikel ini. Benar-benar strategi yang simple banget deh. Dan kalau memang konsisten bisa berbuah hasil yang manis, yaitu closing. Mau coba? Hehehe..

4. Ketika Si Kecil Terlambat Bicara

Cerita di balik tulisan: Masih sama. Bahaha.. Jadi ceritanya, ketika teman-teman seumurannya sudah bisa bubbling dan mulai mengeluarkan kata-kata sederhana, Ahza sama sekali maleees banget bersuara. Sampai akhirnya, Eninnya Ahza menyuruh saya untuk membawa Ahza terapi wicara. Tapi saya males, pemirsah. Kasian, anaknya mesti nangis kalau diterapi.

Jadi, yang saya lakukan adalah ngasih sebanyak-banyaknya rangsangan: ngajak ngobrol sampai berbusa walaupun nggak ada tanggapan, bacain buku sebanyak-banyaknya dan lain-lain. Sampai artikel ini ditulis, alhamdulillah Ahza belum bicara juga. Wkwk.. Tapi, sekalinya bisa ngomong, semua yang pernah didengar BANJIR! Keluar semua dari mulut kecilnya, Masya Allah, Allahuakbar.. :)

5. Ritual Menyusui Sebelum Tidur: Yes or No?

Cerita di balik tulisan: Tulisan ini terinspirasi dari.. Sama.. Curhatan juga.. Wkwk..

Dulu saya sempat nggak pede gara-gara Ahza pasti selalu nenen sebelum tidur. Ada yang bilang nggak baiklah, nanti anaknya manja lah, apa lah.. Sampai akhirnya saya menemukan satu artikel di Kelly Mom yang menguatkan saya. Tsaah.. Intinya, ya nggak apa-apa lah kalau memang nenen jadi ritual sebelum tidur, selama ibu dan bayi ikhlas. Lagian, nggak merugikan juga, kan? Hehe..

6. Mitos dan Fakta Menyusui yang Wajib Diketahui

Cerita di balik tulisan: Jadi yaahh.. Sebenarnya ini latar belakang saya aktif lagi di dunia menulis, memberanikan diri untuk membuat blog. Karena, semenjak melahirkan dan menyusui, ada banyaaaak sekali mitos nggak masuk akal yang mampir ke telinga. Nggak cuma 1-2, tapi banyaaakk dan aneh-aneh. Hihi..

Dan, menurut pengamatan dan analisa, ternyata mitos-mitos nggak jelas ini adalah salah satu faktor kegagalan pemberian ASI eksklusif pada bayi. Ya karena emak-emaknya menelan bulat-bulat berbagai mitos ini, tanpa kroscek. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk mengedukASI pembaca tentang menyusui melalui blog ini dan blog yang ini. Semoga bermanfaat dan mencerahkan ibu-ibu menyusui, ya. Aamiin..

7. Cara Mudah Menambah Followers Onlineshop di Instagram

Cerita di balik tulisan: Ini sebenarnya postingan lanjutan dari artikel nomor 3, hehe.. Dan artikel ini lumayan jadi penyumbang view dari mesin pencari Google. Caranya simple kok, hanya memang butuh konsistensi, hihi.. :)

8. Belajar dari Ashanty

Cerita di balik tulisan: Saya nggak terlalu suka mengikuti dunia perartisan, tapi memang selebriti satu ini lumayan bikin penasaran karena kedekatannya dengan Aurel dan adiknya. Kok bisa sih, tanya saya. Qadarullah, saat sesi menyusui pagi, kebetulan ada acara di tivi yang menampilkan Ashanty dengan tema yang persis sama dengan yang selalu saya pertanyakan. Daaan, jawabannya Ashanty ini bikin klepek-klepek. Barakallah ya, Ashanty..

Bonusnya, postingan ini cukup viral di antara fansnya Anang Ashanty. Bahaha.. Lumayan lah ya :P

9. Menjadi Konselor Laktasi: Sahabatnya Ibu Menyusui

Cerita di balik tulisan: Menjadi konselor laktasi adalah resolusi saya dari tahun 2014 yang belum kesampaian. Duuuh, pengen banget jadi konselor laktasi. Supaya apa? Supaya bisa membantu lebih banyak ibu menyusui, insya Allah..

Karena ingin berbagi inspirasi, jadilah tulisan ini dan ternyata lumayan juga bisa nangkring di page one Google dengan keyword "Konselor Laktasi". Semoga bisa jadi doa supaya saya bisa jadi KL ya.. Aamiin..

10. Coba 5 Cara Ini agar Tulisanmu Mendapatkan Banyak Pembaca

Cerita di balik tulisan: Tulisan ini dibuat dari pengalaman saya yang baru seuprit. Banyak dibaca karena masuk VivaLog. Udah gitu aja. Wkwkw.. :P

Nah, itu tadi sepuluh artikel terlaris di IbuJerapah.com selama 2016. Intinya apa? Intinya adalah kita nggak bisa hanya curhat hore di blog, kudu ada sesuatu yang bermanfaat yang bisa didapatkan pembaca dari artikel kita, betul?

Yuk, semangat menulis! Menulis untuk berbagi kebaikan :)

Salam pena,
-Si Ibu Jerapah-

Comments

  1. Semoga tahun 2017 semakin semangat nulisnya yaaa Des,

    ReplyDelete
  2. Asyik banget banyak tulisan tulisan yang menarik, mba Des. Aku belum ngecek nih tulisan aku apa aja yang favorit selama tahun 2016

    ReplyDelete
  3. bagus banged gaya bahasany . jempol 11 yaaa

    ReplyDelete
  4. Wah harus banyak belajar nih dr ibu jerapah #keren

    ReplyDelete
  5. artikelnya keren-keren nih jadi mulai kepoin satu-satu nih, pengen belajar menulis seperti mbak deh :)

    ReplyDelete
  6. asyik dikumpulin yang jadi top `10 nya

    ReplyDelete
  7. mau belajar jualan di IG dan banyak follower

    ReplyDelete
  8. Seru-seru ya artikelnya ibu jerapah..Good luck selalu

    ReplyDelete
  9. Bagus dan indah menulisnya .. belajar lagi ahh..

    ReplyDelete
  10. Ibu jerapah..terus aku kepoin Ashanty dooong :)
    thanks for sharing, yaaa..

    ReplyDelete
  11. Top 10 nya keren2 ,mau baca satu2 artikelnya,terutama nambah follower di IG

    ReplyDelete
  12. Top 10 nya keren2 ,mau baca satu2 artikelnya ,terutama yang nambah follower IG

    ReplyDelete
  13. Keren, Tulisannya keren, banyak artikel yang sangat bermanfaat tumplek jadi satu :)

    ReplyDelete
  14. Aw..aw...keren banget tulisannya..sama dong aku juga suka curhat gak karuan tapi sekarang udah insyaf ya hihihi...Nulis yg bermanfaat aja, siapa tau bisa jadi ladang amal kita ya. Keep writing ibu jerapah!

    ReplyDelete
  15. Akuu belum baca trend blogging 2017.. Ahaha lsg cuss cari ah. Ntw, ayok mba jadi konselor laktasi.😍😍😍

    ReplyDelete
  16. tulisan-tulisan yang bagus dan menginspirasi pasangan muda seperti saya thank mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts

Institut Ibu Profesional