Makna Denali untuk Ibu


Assalamu'alaikum wr.wb.

Hola Halo!

"Mbak Dece, kreatif banget deh nama online shop-nya! Denali itu singkatan dari Dessy Natalia kan, Mbak?"
"Oh, bukan, Mbak.. Denali itu nama depannya Ahza. Hihi.."
"Oalah, aku kirain singkatan nama Mbak Dece.."
*lalu tertawa bersama*

Bukan sekali dua kali perbincangan macam ini terjadi. Dan, nggak hanya dengan teman penjual online saja, tapi juga dengan teman kampus atau saudara. Hihi..

Tapi, iya juga sih. Denali = Dessy Natalia. Bisa juga, kan? :)

Faktanya, Denali itu nama depannya Ahza. Nama lengkapnya adalah Denali Ahza Maulana. Tapi, kami lebih senang memanggil Ahza dengan Denali Ahza. Pun, Ahza selalu marah kalau diingatkan kalau nama lengkapnya Denali Ahza Maulana. Mungkin ada dendam pribadi? #eaa

Ada Apa dengan Denali?

Ceritanya, ayahnya Ahza itu pendaki gunung. Hobi banget mendaki dan cinta banget sama gunung. Apapun, kapanpun, yang diomongin ya gunung, gunung dan gunung, hehehe..

Di bulan-bulan awal kehamilan, akhirnya kami memutuskan untuk memberi nama anak kami dengan nama gunung. Kalau perempuan, kami beri nama Rinjani. Yup, gunung tercantik di Indonesia. Kalau laki-laki? Nah, ini dia yang jadi perdebatan, haha..

Awalnya terlintas Ranu Kumbolo. Ih, tapi kok njowo banget, kita kan orang Sunda, bro! Hihi.. Lalu, gimana kalau Mahameru? Terus dipanggilnya Maha? Atau Meru? Hmmm... Jayawijaya, mungkin? Ah, nggak juga..

Kami pun lalu mengurutkan nama-nama Seven Summit Indonesia: Kerinci, Semeru, Rinjani, Bukit Raya, Latimojong, Binaiya sampai Cartenz Pyramid. Dan rasa-rasanya nggak ada yang cocok dengan hati kami, kecuali si cantik Rinjani itu ya.. :)

Lalu, kami mulai beralih ke nama-nama Seven Summit dunia: Everest, Aconcagua, McKinley (a.k.a Denali), Kilimanjaro, Elbrus, Vinson Massif dan Cartenz Pyramid (a.k.a Puncak Jaya). Mulai berpikir dan merasa kalau nama-nama ini terlalu kebule-bulean kecuali satu nama: Denali. Dan, kami pun jatuh cinta saat melafalkan nama itu. Pelafalannya tentu saja nggak ala bule, tapi ala orang Sunda. Bacanya bukan Dinali tapi beneran Denali. Bahaha :p

Sejak saat itu, si jabang bayi punya nama: Denali.

Begitulah sejarahnya. Hihi..

     Baca juga: Terima Kasih, Ahza..

Mengenal Denali Lebih Dekat

Cung yang baru pertama kali mendengar nama gunung McKinley a.k.a Denali ini? Saya.. Saya.. *pada ngacung hihi

Izinkan saya bercerita sedikit tentang Denali ya.. Jadi, Denali ini adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia, setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Puncaknya ada di 6.190 mdpl. Denali ini ditutupi salju lho. Waah, dingin yaaa.. :)

Penduduk asli di daerah Denali adalah Suku Koyukon. Nama Denali sendiri diberikan oleh suku tersebut jauh sebelum orang Amerika menjelajah ke sana. Kemudian, setelah salah seorang pencari emas menjelajah ke sana, akhirnya gunung tersebut diberi nama sesuai dengan 'penemu'nya, yaitu McKinley. Etapi, beberapa waktu yang lalu, Barack Obama memutuskan untuk mengubah nama McKinley menjadi nama aslinya: Denali.

Ini dia beberapa penampakan Denali yang saya ambil dari akun instagram Denali National Park:






Makna Denali untuk Ibu

Denali berasal dari bahasa Suku Koyukon yang secara harfiah diartikan sebagai "the tall one" atau kira-kira diartikan sebagai "yang tinggi". Tentunya ini sesuai yaa dengan fakta bahwa Denali termasuk dalam seven summit dunia. Secara filosofis, Denali juga dapat berarti "the great one". Kata great di sini bisa diterjemahkan sebagai besar, hebat, bagus, Agung, sangat atau tepat.

Nah, yuk disambungkan dengan kata lain dalam namanya Ahza. Hihi..

Ahza dalam bahasa Arab berarti "dia yang beruntung".

Sedangkan Maulana (selain nama belakang bapake) bermakna "pelindung".

Jadi, berdasarkan cocoklogi Ibu Jerapah, makna dari Denali Ahza Maulana adalah:
Seorang pelindung yang hebat dan beruntung
Pelindung untuk siapa? Insya Allah, bisa menjadi pelindung untuk dirinya sendiri dari kejahatan dan api neraka, pelindung untuk ibu dan keluarga, pelindung negara, dan tentunya pelindung agama. Aamiin :)

Di samping namanya itu, saya bersyukur Ahza punya nama depan Denali yang bisa disambung-sambungin dengan akronim nama saya: Dessy Natalia. Ini maknanya jauh lebih dalam. Kesannya, Ahza itu anak ibu dan memang dari dulu sampai sekarang anak kesayangan ibu. Hehe.. :)

     Baca juga tulisan Teh Amy tentang Sembilan Calon Nama untuk Killua

----

Dear Ahza,
Tetap menjadi anak yang selalu bersemangat yaa..
Semoga kelak kamu bisa menjadi pelindung yang baik untuk semua orang dan untuk agamamu..
Semoga keberuntungan selalu melingkupimu..
Dan semoga suatu saat nanti bisa menjadi orang hebat yang bermanfaat untuk ummat..


P.S.: Semoga kita bisa berkunjung ke Denali ya, Nak! Hihi :)

Dengan segenap cinta,
-Si Ibu Jerapah-

Comments

  1. Aku kira Denali itu juga akronim dari Dessy Natalia loh...
    Ternyata nama gunung ya, beneran aku gak nyangka.
    Kiss buat Ahza yang kasep banget ^^
    :*

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts