Pilih 6 Mainan Ini untuk Menstimulus Motorik Anak [Sp]


Assalamu'alaikum..
HolaHalo!

Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Setuju? *Setujuuu, jawab para emak kompakan :p

Dimulai setelah melahirkan, ibu pasti berharap bisa melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang menurut para ahli sangat baik untuk keberlangsungan proses menyusui ke depannya. Selain itu, ada segudang lagi manfaat IMD ini untuk bayi dan ibunya. Setelah IMD, proses menyusui akan dilanjut dengan eksklusif selama enam bulan ke depan dan -syukur-syukur- kalau bisa sampai dua tahun atau lebih :)

Nah, kalau gizi untuk tubuh baik sudah tercukupi dari makanan terbaik, yaitu ASI, lalu bagaimana dengan gizi untuk otak dan motorik anak? Yup, tentunya motorik halus dan kasar ini harus mulai dilatih sejak dini agar si kecil bisa bertumbuh kembang dengan optimal. Pun, nantinya hal ini akan sangat berpengaruh ketika si kecil mulai beranjak dewasa.


Salah satu cara melatih motorik halus dan kasar anak adalah dengan memberi stimulus dengan mainan. Yuhuuu, dunia anak kan memang dunia bermain ya? Jadi, tidak ada yang lebih baik selain memberi stimulus dengan permainan yang seru dan bermanfaat untuk anak.

Apa saja jenis mainan yang bisa menstimulus anak? Yuk kita sama-sama simak dan siapkan daftar belanjaan mainannya yaa:)

Buku bergambar tanpa kata

Buku bergambar tanpa kata berwarna hitam dan putih yang diletakkan dengan jarak pandang sekitar 10-25 cm di depan bayi usia 0-1 bulan akan menarik perhatian bayi. Bayi usia 0-1 bulan memiliki fungsi mata yang belum sempurna sehingga ia hanya dapat melihat warna hitam dan putih dalam jarak pandang tersebut.  

Mainan yang mengeluarkan suara atau lagu

Berikanlah mainan boneka laba-laba berwarna atau mainan gantung yang bisa mengeluarkan lagu untuk merangsang gerak tangan dan melatih kesensitifan indera pendengaran bayi. Boneka laba-laba dengan warna yang full color akan menarik perhatian bayi untuk meremas dan menggenggam boneka tersebut. Mainan gantung yang mengeluarkan bunyi juga akan merangsang penglihatan anak saat mainan tersebut mulai berputar.

Mainan ring stack

Sumber: http://johnlewis.scene7.com/

Mainan ini bisa ibu berikan saat bayi sudah mulai bisa duduk. Mainan ring stack merupakan mainan cincin susun yang dapat disusun berulang kali. Permainan ini melatih motorik halus pada bayi sekaligus mengenalkan warna dan angka yang tertera pada setiap lingkaran cincin.

Puzzle

Berikan puzzle pada anak ketika ia telah memasuki usia 1-3 tahun. Puzzle berfungsi untuk merangsang daya pikir dan motorik halus anak.

Mainan blok susun

Ibu bisa merangsang koordinasi mata anak dengan memberikan mainan blok susun. Selain itu, permainan ini juga akan mengembangkan kemampuan anak untuk menyelesaikan permasalahan. 

Sepeda roda tiga


Ibu bisa memilih mainan yang lebih ekstrim untuk anak jika ia telah menginjak usia tiga tahun. Dengan begitu, konsentrasi dan nyali anak akan menjadi lebih terlatih. Nah, ibu bisa membeli sepeda roda tiga dan perlengkapan bayi terbaru lengkap di online shop terbesar dan terpercaya MatahariMall. Lengkaaap pilihannya. Huhu, jadi inget mau beliin sepeda untuk Ahza, hihi..

Sudah kebayang mau belanja mainan apa? Jangan lupa untuk selalu memilih mainan yang aman untuk anak dan bisa menstimulus motorik halus dan kasarnya yaa.. :)

Selamat bermain dengan si kecil!

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

Comments

  1. Tapi sebanyak apapun kita ngasih mainan ke anak, anak tetep butuh orangtuanya untuk mengajaknya bermain ya mba, :)

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada dampaknya ya. Padahal sepele cuma mainin ring doang yak. Tapi ternyata bisa melatih motorik anak.

    ReplyDelete
  3. Adeuh mau beliin Dema ring blm kesampaian mulu, TFS jd diingetin hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts