Coba 6 Aktivitas Anak Ini Saat Liburan Musim Panas di Adelaide!


Adelaide. Walaupun sering mendengar nama ini sejak SD, namun ketertarikan saya akan Adelaide baru muncul akhir-akhir ini. Adelaide menjadi salah satu kota impian saya untuk melanjutkan studi doktoral. Yup, apalagi kalau bukan untuk mengambil program PhD di University of Adelaide, salah satu universitas top di benua Australia sekaligus memiliki peringkat yang cukup baik di jajaran universitas di dunia.

Lalu, mengapa Adelaide?


Ada banyak alasan mengapa saya ingin melanjutkan studi di Adelaide. Terlalu banyak, namun mari saya jelaskan beberapa di antaranya. Yang pertama, karena tujuan utama saya adalah untuk studi dan mengandalkan beasiswa, fakta bahwa Adelaide adalah kota dengan biaya hidup termurah dibandingkan dengan kota-kota besar di Australia sangatlah penting bagi saya. Kedua, banyak orang berkata bahwa Adelaide adalah salah satu kota yang membuat penduduknya menjadi orang terbahagia di dunia. Dengan kata lain, Adelaide adalah kota yang sangat layak dihuni.

Alasan ketiga adalah karena Adelaide merupakan ‘warm city’ alias ramah kotanya, ramah penduduknya, segala-galanya. Di Adelaide, kita akan sering menemui beragam festival, kuliner dan komunikasi yang hangat dari warga masyarakatnya. Hmm, membayangkannya saja, hati saya jadi ikutan hangat, nih :)

Keempat dan tak kalah penting, seperti tempat lainnya di benua Australia, Adelaide memiliki 4 musim: panas, gugur, dingin dan semi. Bagi penduduk Indonesia yang hanya bisa merasakan 2 musim saja, fakta 4 musim ini membuat saya semakin excited untuk bisa tinggal dan studi di Adelaide.

Bicara musim, tentu saja saya jadi teringat akan musim kesukaan saya: musim panas. Musim panas bagi saya adalah kesempatan untuk melakukan kegiatan-kegiatan outdoor yang mengasyikkan. Belum lagi, Adelaide memiliki tempat yang bisa dieksplor dengan seru selama musim panas.

Nah, berhubung saya sudah berkeluarga, impian liburan musim panas di Adelaide pastinya harus kids friendly dong, ya. Yang pasti, selain asyik bermain, tujuan wisata juga harus memiliki sisi edukasi pada anak.

Jadi, saya mencoba untuk membuat daftar apa saja yang bisa dilakukan oleh anak selama liburan musim panas di Adelaide dan i’m soooo excited! Lho, kok jadi emaknya yang excited? Iya dong, karena aktivitasnya seru banget dan tempatnya keren-keren.

Mau tahu list aktivitas anak selama liburan musim panas di Adelaide versi Ibu Jerapah? Ini dia..

1. Bermain Air

Dengan suhu rata-rata saat musim panas maksimal rata-rata 29 derajat Celcius, pastinya akan asyik banget ya kalau seseruan main air. Serunya lagi, Adelaide memiliki beberapa tempat yang seru untuk bermain air saat hari panas.

Sumber: http://playandgo.com.au/
Tusmore Park Paddling Pool
Lokasi: Stirling Street, Tusmore Park
Biaya masuk: Gratis

Tempat pertama yang bisa dikunjungi adalah Tusmore Park Paddling Pool. Daya tarik utama dari Tusmore Park adalah kolam renang berpenutup sedalam 300 mm yang dapat digunakan selama musim panas. Tempat ini menjadi populer dikunjungi oleh anak-anak muda dan keluarga di Adelaide untuk bermain air atau 'leyeh-leyeh' di bawah pohon besar. Sebaiknya, orangtua memberikan perhatian khusus jika membawa anak kecil karena tidak ada penjaga khusus yang mengawasi kolam renang di sana. 


Sumber: http://adelaideshores.com.au
Lokasi: Military Road, West Beach

Pilihan lainnya adalah Adelaide Shores Splash Zone. Ah, tempat ini bisa dibilang surganya anak-anak! Anak bisa bermain sepuasnya di kolam renang dan melakukan banyak permainan seru, seperti main di pantai, tennis, voli, basket, go karts atau main di playground. Selain itu, kita bisa menginap di caravan, tenda sampai eco-tent. Seru banget, ya?


Selain bermain di kolam renang, anak-anak juga bisa bermain air sepuasnya di pantai! Ya, Adelaide menyuguhkan banyak pantai untuk dieksplorasi. Beberapa pantai yang bisa menjadi tujuan wisata keluarga adalah Port Adelaide, Port Noarlunga, Port Willunga dan Glenelg. Jangan lupa untuk menikmati sunrise dan sunset di pinggir pantai ya!

2. Piknik dan Bermain di Taman

Satu hal lagi yang membuat saya semakin ingin berkunjung ke Adelaide adalah karena banyaknya taman umum yang berada di sana, mulai dari botanical garden sampai city park. Pas sekali dengan hobi Ahza bermain di taman. Yup, bagi anak kinestetik seperti Ahza, main di tempat terbuka adalah hal yang harus dilakukan setiap harinya agar mood mereka tetap terjaga.

Sumber: http://playandgo.com.au/
Lokasi: North Terrace, Adelaide
Biaya masuk: Gratis

Tempat pertama yang sangat ingin saya kunjungi adalah Adelaide Botanic Garden. Mungkin tempat ini semacam Kebun Raya Bogor-nya Indonesia, ya? Di sana, si kecil bisa bebas berlarian, mengeksplorasi taman dan tentu saja berpiknik di bawah pohon. 

Adelaide Botanic Garden juga memiliki sisi edukatif karena anak bisa mengenal berbagai macam tanaman di sini. Kita bisa mengikuti tur keliling taman secara gratis setiap harinya. Di sini, kita akan menemukan tiga rumah kaca yang memiliki arsitektur unik. Setiap rumah kaca memiliki manfaat dan desain yang berbeda. Selain rumah kaca, pengunjung juga dapat melihat beberapa taman dengan tanaman-tanaman yang berbeda. Oya, anak-anak juga bisa mengikuti program "Little Sprouts Kitchen Garden" yang berisi program untuk memperkenalkan anak dengan dunia kuliner, alam dan lingkungan. Seru, ya?

Untuk kategori taman kota, terdapat beberapa taman yang direkomendasikan oleh beberapa situs tourism  untuk dikunjungi saat musim panas. Taman-taman tersebut adalah:
  • Bonython Park
Taman ini memiliki playgrounds terbaik di Adelaide, yaitu Bonython Park Adventure Playspace. Selain bermain, kita juga bisa mengajak anak untuk berperahu di danau, bermain bola dan piknik.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Bonython_Park
Bonython Park
Lokasi: Port Road, North Adelaide
Biaya masuk: Gratis

  • Marshmallow Park
Permainan di taman ini bisa membebaskan imajinasi anak-anak. Betapa tidak? Banyak sekali alat permainan yang menurut saya, wow! Selain bermain di playgrounds, taman ini juga menyediakan fasilitan untuk barbeque-an. Dan, tak ketinggalan pohon-pohon nan besar yang asyik untuk dipakai piknik.

Sumber: http://playandgo.com.au/
Marshmallow Park
Lokasi: Glen Osmond Road, Adelaide
Biaya masuk: Gratis

  • Glover Park
Glover Park disebut juga Helicopter Park, karena terdapat helikopter di tengah-tengah taman. Helikopter mini menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak bermain di taman ini.

Sumber: http://adelaideplaygrounds.com.au/
Glover Park
Lokasi: 61-63 Lefevre Terrace, North Adelaide
Biaya masuk: Gratis

3. Mengenal Sejarah Australia

Adelaide adalah surganya pecinta museum dan kebudayaan. Betapa tidak, setidaknya ada sepuluh museum yang dimiliki kota cantik ini. Dari museum-museum tersebut, ada beberapa museum yang sepertinya akan seru untuk dikunjungi oleh anak-anak. Apa saja kah museum-museum tersebut?
  • South Australian Museum
South Australian Museum adalah salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di Australia. Museum ini memiliki koleksi nasional dan internasional, wow! Terdapat dua program khusus yang disediakan museum ini untuk anak-anak, yaitu "School Holiday Program" dan "Young Explorers". 

Program "School Holiday Program" adalah program untuk memperkenalkan sains dan budaya kepada anak-anak sekolah dasar. Program "Young Explorers" ditujukan untuk anak-anak berusia 3-5 tahun. Pada program ini, sejarah akan diperkenalkan dengan dongeng, lagu, tarian dan hal-hal menyenangkan lainnya. Oooh, saya benar-benar ingin ke sana!

Sumber: http://samuseum.sa.gov.au/
Lokasi: North Terrace, Adelaide
Biaya masuk: Gratis

  • South Australian Maritime Museum
Museum ini terkenal akan keramahannya pada anak-anak, mulai dari ruang pameran ramah anak, pengalaman interaktif dan special performances untuk anak. Anak-anak akan mendapatkan pengalaman seru saat mengeksplorasi museum yang memiliki koleksi tertua dalam sejarah kelautan Australia.

Sumber: http://maritime.history.sa.gov.au/
Lokasi: 126 Lipson Street, Port Adelaide
Biaya masuk: $12.50 (dewasa), $6 (anak-anak), $29.50 (2 orang dewasa dan maksimal 5 anak)

4. Berkunjung ke kebun binatang

Apalagi yang lebih menyenangkan dari berkunjung ke kebun binatang di hari yang cerah sambil menikmati es krim? Hmm.. Dan, yes! Adelaide memiliki kebun binatang! Horee... Terdapat lima area berbeda di Adelaide Zoo, yaitu "Panda Exhibit", "Zoo Shop", "Panda Shop", "Reptile House", "Nocturnal House", "Walk-through Aviaries" dan "Westpac Envirodome".

Sumber: https://www.adelaidezoo.com.au/
Bagian yang paling seru adalah saat liburan musim panas terdapat program yang sudah sangat populer di kalangan Adelaidean, yaitu ZOOcation Care. Program ini ditujukan untuk anak berusia 5-12 tahun. Selama kurang lebih 7 jam (09.00-16.00), anak-anak akan diajak untuk bersenang-senang, melakukan aktivitas seru, mengenal binatang dan mendapatkan banyak teman baru, Biaya untuk mengikuti program ini adalah $55 untuk anggota Adelaide Zoo dan $65 untuk nonanggota.

Sumber: https://www.adelaidezoo.com.au/
Yang nggak kalah menarik, ada program berkesinambungan untuk anak-anak usia 2-5 tahun. Nama programnya adalah A to Zoo Program. Program ini berjalan selama delapan bulan yang dibagi menjadi 45 menit setiap minggunya. Pada program ini, anak-anak akan diperkenalkan dengan binatang melalui storytelling, membuat prakarya, tarian dan musik. Anak-anak juga akan dibawa berpetualang di dalam kebun binatang untuk melihat kehidupan binatang dari dekat. Tentu saja sambil diiringi tarian dan lagu. Ah, Ahza pasti suka!

Lokasi: Frome Road, Adelaide
Biaya masuk: $19 (anak), $34.5 (dewasa), $88.5 (keluarga)

5. Bersepeda

Yaay, bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan sepanjang musim panas di Adelaide. Mengapa? Karena Adelaide memiliki beberapa trek bersepeda khusus pemula yang aman untuk anak-anak. Kita bisa memilih untuk bersepeda di Eagle Mountain Bike Path, Cuddle Creek Mountain Bike Loop Trails, Encounter Bikeway atau Shepherds Hill Recreation Park.

Sumber: https://www.kidsinadelaide.com.au
Keempat trek tersebut akan memberikan pengalaman luar biasa saat bersepeda. Kita bisa bersepeda santai sambil menikmati pemandangan alam Adelaide. Selain itu, pada beberapa tempat, terdapat tempat makan untuk beristirahat sejenak atau taman untuk sekedar meluruskan kaki. Wah, worth to try, isn't it?

6. Mencicipi kuliner khas Adelaide

The last but not the least, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas dari Adelaide. Waktunya pesta kuliner!

Setidaknya ada tiga makanan tradisional Adelaide yang wajib dicoba. Yang pertama adalah AB. Nama yang aneh untuk sebuah makanan, ya? Adelaidean sendiri tidak yakin akan kepanjangan AB, namun yang pasti, AB adalah salah satu makanan legendari yang wajib dicoba di Adelaide.

Sumber: https://www.broadsheet.com.au/
AB adalah hot chips yang dilapisi dengan daging, bawang putih, cabai dan saus barbeque. AB ini menjadi salah satu kudapan favorit Adelaidean. Hmm, pastinya sedap, ya!

Sumber: http://karryon.com.au/
Makanan kedua yang harus dicoba dan pastinya disukai anak-anak: Kitchener Burner. Cemilan ini tersedia 24 jam di toko-toko roti di North Adelaide. Kitchener Burner adalah sejenis donat tanpa lubang yang dibelah lalu diisi selai raspberry atau stroberi dan dilapisi dengan krim. Makanan ini pun termasuk makanan legendaris karena sudah dikenal sejak Perang Dunia Pertama.

Sumber: http://karryon.com.au/
Yang ketiga adalah selai dari Beerenberg Family Farm. Produk dari peternakan keluarga ini sudah terkenal di industri perhotelan se-Asia Pasifik. Belum lagi, produk premiumnya juga digunakan untuk panganan kelas bisnis dan kelas satu Qantas Airlines. Hmm, penasaran deh dengan rasanya!

Menuju Adelaide


Setelah mengupas tuntas aktivitas yang bisa dilakukan anak dan keluarga, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara sampai ke sana?

Untuk menghemat waktu dan uang, sebaiknya kita menggunakan jasa travel agent. Eh, apa nggak jadi ribet? Ups, penggunaan travel agent ini malah akan memudahkan travelling kita lho. Alasannya adalah karena kita bisa bebas berkonsultasi tentang destinasi wisata, pilihan akomodasi dan transportasi sampai budgeting. Selain itu, kita juga akan mendapatkan full service dari travel agent. Dan yang paling penting, biasanya travel agent menawarkan harga terbaik karena memiliki 'supplier' di berbagai tujuan wisata. Asyik, ya?

Tapi, jangan asal-asalan dalam memilih travel agent, ya. Pilihlah yang memang sudah terjamin kualitasnya dan amanah. Dari teman-teman yang sudah pernah berpengalaman ke luar negeri, saya mendapatkan satu rekomendasi travel agent yang punya banyak kelebihan dibandingkan travel agent lainnya. Dia adalah H.I.S. Travel. Apa saja kelebihan H.I.S.? Ini dia..


Dengan menggunakan H.I.S, dijamin kita akan mendapatkan servis yang nyaman dari mulai berangkat, selama perjalanan sampai kembali ke rumah. Kemudian, H.I.S. juga memiliki jaringan global yang akan menjamin keamanan perjalanan kita. Harga akomodasi yang ditawarkan pun terbaik karena H.I.S. memiliki cabang di luar negeri sehingga memungkinkan untuk mendapatkan harga bersahabat.

Keunggulan lainnya adalah H.I.S. bisa membantu mengurusi perjalanan sesuai keinginan kita. H.I.S. akan mengurus tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil, sampai mengurus visa. Lengkap, kap, kap! Terakhir, jika ingin berwisata ke Jepang, H.I.S Travel lah jagoannya! Bayangkan, H.I.S. memiliki 273 cabang di Jepang. Wooow..

So, pastikan rencana wisata ke Australia berjalan dengan lancar dengan kemudahan dari H.I.S Travel ya! Untuk keterangan lebih lanjut, jangan lupa like Fanspage H.I.S di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia :)


Nah, siapa yang mau ikut liburan musim panas di Adelaide? Semoga impian kecil kita ini terwujud suatu saat nanti ya.. Semangat!

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

Referensi:
http://playandgo.com.au/
http://www.adelaidecitycouncil.com/
http://www.news.com.au/national/south-australia/
http://www.australia.com/en/facts/weather/adelaide-weather.html
https://www.livingin-australia.com/climate-weather-adelaide/
http://adelaideplaygrounds.com.au/
http://adelaideshores.com.au
http://www.environment.sa.gov.au/botanicgardens/home
http://maritime.history.sa.gov.au/
https://www.samuseum.sa.gov.au/
https://www.artgallery.sa.gov.au/
https://www.kidsinadelaide.com.au/bike-tracks-for-kids-and-families-in-adelaide/
https://www.adelaidezoo.com.au/
http://karryon.com.au/lifestyle/food-and-drinks/adelaide-food/

Comments

  1. Aku pengin bgt jelong2 ke Ausie.,,;)

    ReplyDelete
  2. Kapan yak bisa ke Ausiee...Semoga kita bisa ke sana kelak yak. Menapaki bumi Allah di belahan sana.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat! :)

Popular Posts