August 02, 2016

World Breastfeeding Week 2016: Menyusui sebagai Kunci Menuju Pembangunan Berkelanjutan


Dalam seminggu ke depan, tepatnya tanggal 1 hingga 7 Agustus 2016, akan berlangsung perayaan menyusui terbesar di dunia: World Breastfeeding Week (WBW) 2016. 

Kampanye WBW ini sudah dimulai sejak tahun 1994 yaitu berdasarkan Deklarasi Innocenti, sebuah deklarasi untuk melindungi, mempromosikan dan mendukung proses menyusui. WBW diselenggarakan tanggal 1-7 Agustus setiap tahunnya di lebih dari 176 negara di dunia. 

Setiap tahun, WBW akan mengusung satu tema berdasarkan isu terkini yang menitikberatkan pada meningkatkan awareness pada komunitas global untuk membuat tindak lanjut dari tema yang diusung tersebut. Tema-tema yang pernah diangkat antara lain adalah sistem pelayanan kesehatan, pekerja wanita, praktek pemasaran perusahaan susu formula (dilihat dari sudut pandang hukum dan praktisi), ekologi, ekonomi, pendidikan dan hak asasi manusia. Pada tahun 2016, WBW fokus pada agenda global yang rencananya akan membuat perubahan di dunia pada tahun 2030: 17 Sustainable Development Goals (SDGs). 

Adapun 4 tujuan dari WBW 2016 adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang SDGs dan bagaimana pencapaian goals tersebut dapat difasilitasi dengan meningkatkan tingkat menyusui dan MPASI (Makanan Pendamping ASI).
  2. Menegaskan bahwa menyusui adalah komponen kunci dari pembangunan berkelanjutan.
  3. Menstimulasi berbagai aksi nyata di berbagai tingkat organisasi untuk mengkampanyekan program menyusui dan MPASI di era baru SDGs.
  4. Terlibat aktif dan berkolaborasi dengan laktivis di seluruh dunia dalam mempromosikan, melindungi dan mendukung program menyusui.
Media Publikasi WBW 2016


Yuk Ikut Merayakan WBW 2016!

Ingin berpartisipasi dalam kampanye ini? Yuk langsung kunjungi laman resmi WBW 2016 di worldbreastfeedingweek.org. Di sana akan ada banyak sekali sumber informasi yang bisa sahabat jadikan referensi untuk melakukan kampanye program menyusui dan MPASI.

Tahun ini, penyelenggara WBW mengajak peserta untuk menggunakan media sosial dalam mengkampanyekan program ini. Apa saja yang bisa kita lakukan?

  1. Meningkatkan awareness masyarakat akan kegiatan ini dan menghubungkan program menyusui dengan setiap goals dalam SGDs.
  2. Membagikan cerita, pengalaman dan perjuangan sahabat dalam menyusui (atau mendukung program menyusui) di media terbuka (medsos, blog atau Kompasiana).
  3. Bekerja sama dalam mencapai pembangunan berkelanjutan dengan cara melindungi, mempromosikan dan mendukung program menyusui.

Sudah siap untuk berkontribusi dalam kegiatan ini?

Sekecil apapun peran kita, insya Allah akan bermanfaat dalam membantu ibu-ibu menyusui di seluruh dunia dan tentunya mencapai pembangunan berkelanjutan.

Salam ASI,
-Si Ibu Jerapah-


Sumber: 
http://worldbreastfeedingweek.org/resources.shtml

3 comments :

  1. bismillah ikut kampanyeee!! tapi kalo ngebahas soal perjuangan ASI suka sedih deeeeeh... *drama mertua menantu mode on :D

    ReplyDelete
  2. InsyaAllah ikut... Thanks Mb Dessy..

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...