August 03, 2016

Jadi Ibu Rumah Tangga yang Smart, Yuk!


sumber: iheartinspiration.com

Siapa yang nggak kenal dengan Teh Kiki Barkiah? Teteh penggiat homeschooling ini sudah banyak menginspirasi para ibu dengan praktek parenting yang dilakukannya.

Ibu lima anak yang bermukim di Amerika ini punya banyak tips untuk para ibu dan salah satu yang menjadi favorit saya adalah Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga. Kalau penasaran, teman-teman bisa langsung gugling ya. Dijamin sangat bermanfaat :)

Awalnya, saat membaca judulnya saya agak syok juga. Waduh, waras? Emang ada ibu rumah tangga yang gila gitu? Ya maksudnya Teh Kiki mungkin waras dalam artian jiwa dan mentalnya sehat. Karena ibu, sebagai madrasah pertama dan utama bagi anaknya, saya rasa wajib banget punya jiwa dan mental yang sehat. Ibu yang waras akan menghasilkan anak-anak bahagia. Begitu kira-kira rumusnya. *Agak sok tau nggak apa ya, haha..


Nah, kali ini saya mau berbagi tips juga. Masih sama kayak punya Teh Kiki tapi beda-beda dikit. Kali ini, saya mau berbagi tips menjadi ibu rumah tangga yang smart, tips ini saya kumpulkan dari hasil pengamatan dan sedikiiit pengalaman pribadi. Hihi..

Bergabung dengan komunitas sesuai minat


Hal ini penting untuk sosialisasi dan stay update. Banyak sekali komunitas yang bisa ibu ikuti. Mulai dari komunitas hobi, reliji, daerah, profesi. Ah, ada ribuan bahkan mungkin jutaan komunitas di luar sana.

Pastikan ibu memilih komunitas yang benar-benar real dan tidak bersifat menjatuhkan. Gimana mau jadi ibu smart kalau teman-temannya negatif, kan?

Setidaknya, ada beberapa hal yang bisa didapatkan dari berkomunitas:
  • Membangun networking.
  • Membuka wawasan akan hal-hal baru.
  • Mendapatkan teman baru yang memiliki antusiasme yang sama.
  • Membuka peluang terhadap berbagai kesempatan.
  • Bisa sharing seputar masalah yang ibu hadapi sesuai dengan topik komunitas.

Menariknya lagi, kita nggak usah jauh-jauh keluar rumah untuk berkomunitas. Di zaman serba online ini, cukup dengan jaringan internet dan media sosial, kita bisa bergabung dengan komunitas yang kita butuhkan. Asyik..

Mengikuti kelas atau seminar sesuai minat


Banyaaak sekali kelas yang dibuka secara online atau offline untuk kita. Kalau memang punya bayi yang nggak bisa ditinggal kayak saya, kelas online jadi pilihan yang pas ya.

Belakangan ini saya juga mencoba kursus online di sebuah situs. Nggak main-main, kita seperti mengikuti satu mata pelajaran perkuliahan. Lengkap dengan dosen, bahan bacaan, diskusi dan tugas. Programnya pun dikelola oleh universitas-universitas ternama di dunia. And, it’s for free lho. Menarik kan?

Mau belajar tentang apa? Bisnis online? Bahasa? Jurnalistik? Fotografi? Sampai menjadi dokter hewan? Sebut aja, semua lengkap bisa dipelajari secara online dengan pemateri yang terhandal di bidangnya. Sekali lagi, tanpa keluar rumah, tanpa mengesampingkan tanggung jawab utama pada keluarga.

Update diri tentang info terkini

Contoh kerennya adalah mama saya, neneknya Ahza. Walaupun ibu rumah tangga dan bisa dibilang nggak muda lagi, tapi beliau tetap update dengan info terkini.

Biasanya, dia akan mengakses berita-berita terkini dari portal di smartphonenya, misalnya tentang tax amnesty okezone. Beliau mengaku lebih nyaman mengikuti perkembangan berita lewat portal berita online dibandingkan dengan di televisi. Iya sih, lebih lengkap dan bisa dipilih yang mana yang mau kita baca ya.

Sumber: okezone.com

Hasilnya, waktu kemarin saya nonton tv dan melihat headline news tentang Tax Amnesty, sontak saya berkata, “Apa sih tax amnesty itu?”. Dengan panjang lebar mama langsung bercerita tentang apa yang dia tau tentang hal ini, tentang tax amnesty yang ternyata adalah program pengampunan pajak bagi wajib pajak yang menyimpan dana di luar negeri dan nggak memenuhi kewajiban dalam membayar pajak dengan imbalan menyetor pajak dengan tarif lebih rendah.

Harapan pemerintah, dengan diadakannya tax amnesty ini, para pengusaha akan memindahkan dananya ke dalam negeri dan bisa meningkatkan pendapatan pajak negara. Pendapatan ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebaikan umat, seperti infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Kata mama, kalau mau baca-baca lebih lanjut, saya disuruh buka laman tax amnesty okezone. Canggih kan mama saya? :D

Lalu, apa sih manfaatnya seorang ibu rumah tangga update tentang info terkini? Beberapa manfaatnya antara lain:
  • Menjadi sumber informasi bagi anggota keluarga lain yang jarang update informasi.
  • Jadi ibu smart yang menyenangkan diajak ngobrol.
  • Membuka wawasan tentang apa yang terjadi di sekitar kita.
  • Membaca peluang, apalagi bagi pebisnis, wah penting banget nih untuk prediksi kondisi pasar.
  • Untuk yang suka menulis, informasi terkini sangat penting untuk menghasilkan tulisan-tulisan update dan baik.


Aktif berolahraga


Walaupun dikenal sibuk dan bekerja 24 jam dalam sehari (kecuali tidur sih, hehe), ibu sebaiknya tetap meluangkan waktu untuk berolahraga. Nggak usah lama-lama, saya rasa 15 menit itu udah cukup banget lho untuk bikin keringetan.

Ribet nggak bisa ninggalin si kecil? Ajak juga si kecil berolahraga. Kebetulan, saya punya darah rendah yang sangat mengganggu aktivitas. Akhirnya, saya memutuskan untuk berolahraga setiap pagi, cukup 10 kali lari memutar taman atau halaman masjid. Kalau memang Ahza sudah bangun, biasanya setelah saya ganti popoknya, saya ajak dia ke halaman masjid dan menemani saya berlari.

Alhamdulillah, darah rendah saya berangsur pulih dan Ahza juga senang bisa bebas berlarian. Bahkan kadang berloncatan dan salto juga. Haha..

Tubuh yang sehat akan membuat ibu semakin produktif dan bisa memelihara kesehatan batin juga. Bahkan, saya pernah membaca di sebuah buku, bahwa berolahraga bisa membuang energi negatif yang ada dalam tubuh. Jadi daripada marah-marah, lebih baik kita olahraga aja yuk!

Tetap cantik walaupun seharian di rumah


Ini susah ya. Buat saya sih susah. Kalau seharian di rumah kan ya udah, dasteran aja cukup kok. Hihi..

Tapi, dari beberapa cerita ibu-ibu rumah tangga yang smart dan sukses, ternyata walaupun seharian di rumah dan bekerja di ranah domestik, ibu-ibu hebat ini tetap berpakaian rapi dan berdandan cantik layaknya akan pergi keluar rumah.

Untuk apa sih? Untuk yang bersuami, tentunya tujuan utamanya untuk membuat suami bahagia ya. Ciee.. Manfaat lainnya adalah mensugesti diri kita, kalau kita sedang melakukan pekerjaan terbaik di dunia.

Saya selalu ingat apa yang dikatakan oleh teman saya. Intinya gini, kalau kita menganggap bahwa pekerjaan kita adalah seorang ibu, maka lakukanlah dengan profesional. Lakukan peran dan tugas kita sebagai ibu dengan sebaik-baiknya. Bahkan kalau bisa, pakai baju terbaik saat melaksanakan tugas kita sehari-hari. Jadi, say no to daster butut bolong-bolong, ah. Hihi..

Nah, sekarang kita coba praktekkan satu per satu yuk supaya jadi ibu rumah tangga yang smart. Diam di rumah belum tentu jadi katak dalam tempurung kan, bu? Kita bisa produktif, produktif dan produktif sambil mengemban kewajiban sebagai direktur rumah tangga. Selamat mencoba!

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

3 comments :

  1. Aktif berolahraga itu kyke yg aku belum, eh tapu nyapu, ngepel, kucek2 baju, ngejar2 ana, nangkepin bayi masuk olah raga gak yah? xixixi

    TFS Mbak :D

    ReplyDelete
  2. keren deh mamanya bisa panjang lebar ngomongin tax amnesty...
    tentu maulah kita tetap uptodate ya, biar pede

    ReplyDelete
  3. Aktif olahraga itu yang masih sulit konsisten, padahal tinggal meluangkan sedikit waktu aja ya tapi kok pelaksanaannya susaaah banget.

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...