July 20, 2016

Lima Cara agar Tetap Nyaman dan Hemat Belanja di Minimarket


Seberapa sering sih frekuensi belanja kamu? Kalau saya, lumayan sering sih, mengingat jarang belanja bulanan, jadi belanjanya dicicil per 2-3 hari. Untuk jenis belanja seperti ini banyak kekurangan dan kelebihannya dibandingkan dengan belanja bulanan. Tapi untuk saat ini, jenis belanja ini lah yang paling nyaman saya lakukan.

Karena belanjanya bisa 2-3 hari sekali, pastinya destinasi belanjanya juga nggak harus jauh-jauh ke mall ya. Wah, berat di ongkos, sis. Hehe.. Kita bisa memanfaatkan tempat belanja di sekitar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti toko kelontong, warung rumahan atau favorit saya, minimarket.

Mengapa belanja di minimarket? Simple aja sih. Rasanya lebih nyaman dan lengkap. Nyaman karena barang-barang tersusun rapi per kategori dan tempatnya pun bersih dan ber-AC. Hehe.. Selain itu, pilihan barang yang ada di minimarket pun relatif lebih lengkap dibandingkan toko kelontong dan warung rumahan. Cocok banget untuk konsumen yang udah loyal dengan merek tertentu. Ya, kan?

Tapi, ada kendalanya juga sih belanja di minimarket. Yaituuu.. Lebih boros. Haha.. Kenapa bisa lebih boros? Iya, soalnya saya kebiasaan banget deh dari dulu. Niatnya cuma beli pembalut, eh pulang ke rumah bawa es krim, cemilan, dan lain sebagainya. Haha, siapa yang kayak gini juga?

Semenjak jadi emak-emak, harus lebih pinter mengelola uang ya. Karena kita nggak cuma hidup sendiri. Ada orangtua dan anak yang punya kebutuhan masing-masing dan pastinya punya porsi anggaran masing-masing. Oleh karena itu, belanja di minimarket juga harus punya strategi supaya tetap nyaman dan hemat.

Nah, kali ini saya mau berbagi tip belanja nyaman dan hemat di minimarket. Mau coba? Yuk baca sampai selesai yah yaah..

Buat shopping list


Ini penting banget untuk mengetahui apa-apa aja sih yang mau kita beli. Mana yang kita BUTUHKAN dan kita INGINKAN. Hayo, ini dua hal yang berbeda dan punya prioritas yang beda pula ya. Dengan membuat shopping list, acara belanja jadi lebih terarah karena sudah tau pasti apa aja yang akan kita beli. Tapi, tetep harus komit dengan list yang sudah kita buat ya. Kalau tetep nggak ada komitmen mah, mau bikin list rapi juga tetep aja comot ini itu. Hihihi..

Hanya kunjungi kategori yang diperlukan

Sumber: poskotanews.com
Setiap minimarket pasti punya denah masing-masing untuk menyimpan barang. Walaupun berbeda-beda, tapi pasti semua barang itu diklasifikasikan menurut jenisnya. Mi instan nggak akan ketemu kalau kamu nyari di lorong minuman. Begitu contohnya. 

Kalau sering belanja ke minimarket, pada kunjungan kedua atau ketiga pasti kamu akan segera hapal di mana barang yang kamu cari berada. Nggak usah ngapalin juga bisa sih, karena biasanya keliatan dari ujung rak di masing-masing lorong, barang apa yang diletakkan di lorong tersebut. 

Nah, kalau sudah tau tujuannya, hanya kunjungi lorong yang diperlukan. Kalau memang rencana dari rumah hanya beli kecap dan bumbu, ya sudah, cukup kunjungi lorong bumbu masakan, nggak usah jalan-jalan ke lorong cemilan. Hehe..

Minta komitmen anak


Nah ini yang susah. Kalau udah bawa Ahza belanja, yang tadinya cuma beli 2 barang, bisa jadi 5 barang. Haha.. Solusinya adalah dengan meminta komitmen anak sejak dari rumah, sebelum berangkat belanja. Biasanya saya akan sounding tujuan saya belanja. Mau beli apa saja. Dan kalau memang dia mau ikut, saya akan menanyakan, dia nanti mau beli apa? Kalau memang ada yang mau dibeli (dan biasanya pasti ada), minta komitmen dia untuk HANYA membeli barang yang ia sebutkan di rumah. Jadi kalau ada acara nambah belanjaan, kita bisa mengingatkan anak akan komitmennya. Anak ngamuk? Ya wajar, namanya juga anak-anak. Tapi biasanya di kesempatan berikutnya, dia jadi ngerti sama komitmen. Bahwa dia harus ngelakuin apa yang udah dia janjikan di rumah. 

Mau lebih hemat lagi? Menyelinaplah saat anak sedang asyik bermain atau tidur. Alias, yaa nggak usah bawa anak aja sekalian. Ahaha.. Tapi tentunya, dengan catatan ada yang bisa dititipin sebentar selagi kita pergi ya.. 

Bawa uang seperlunya


Ya, ini mah jelas dan memaksa banget ya. Nggak mungkin kan kita belanja berlebihan kalau bawa uangnya cuma lima ribu. Hihihi.. Tapi ini worth it kok kalau udah akhir-akhir bulan nan mengenaskan :p

Menjadi member

Kebanyakan minimarket sudah menyediakan fasilitas member bagi konsumen. Keuntungannya pun banyak, seperti bisa mendapatkan informasi promo, diskon atau mendapat kartu yang bisa difungsikan juga sebagai e-money. Salah satu minimarket yang punya fasilitas membership adalah Alfamart. Coba deh cek www.alfamartku.com untuk cari tau lebih lengkap tentang program membership ini. Yang pasti, kita akan akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi member Alfamart.

Oia, selain belanja kebutuhan sehari-hari, Alfamart juga punya program menarik lainnya lho. Yang terbaru, kita dapat membeli tiket Jogja Bay di Alfamart. Selain lebih mudah, lebih hemat juga lho, karena ada potongan harga untuk setiap pembelian tiket. Promo ini berlaku dari tanggal 1 Juli sampai 31 Agustus. Tunggu apa lagi? Kayaknya harus segera beli nih..  


Jangan lupa update terus informasinya di www.alfamartku.com ya

Nah, punya tip belanja lainnya? Silahkan berbagi di kolom komentar ya. Pasti akan sangat bermanfaat untuk saya dan pembaca lainnya. Makasih :):)

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah- 

9 comments :

  1. Asyik dungs belanja di Alfamart dan malah dapat bonus potongan harga kalau main di Jogja Bay :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa.. Kalau aku di jogja pasti langsung borong hihihi

      Delete
  2. Nomer 1 aku banget wajib dan harus bikin shopping list supaya belanjanya jadi ga membeludak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mak. Meredam lapar mata ya..

      Delete
  3. Aku juga gitu, Des. Niatnya mau beli eskrim, pulang2 bawa dua kresek gede barang belanjaan. Duh hahaha.

    Enaknya belanja di minimarket tuh deket dari rumah tapi masih bisa pake baju tidur dan sendal jepit. Kalau ke mall ya gak mungkin pake baju tidur. qiqiqi

    ReplyDelete
  4. wadooh gawat niy, niatnya beli es krim doank ke mini market depan rumah , jadi merembeet dengan harga minyak yg lagi promo hahhah.
    sekitar rumah ada 4 mini market bo, heuheu...

    ReplyDelete
  5. Yang paling susah soal komitmen anak.. waktu antri di kasir ujungnya bisa lihat dan samber ini itu... ess kyimmmm... hihi..

    Iya mba bikin shoping list kudu bgt ya.

    ReplyDelete
  6. Aku suka lupa mau belanja apa jadinya apa haha

    ReplyDelete
  7. Kadang2 sudah bikin list tetep list nya gak bisa dipatuhi :( udah ngiler liat yg lain hihii

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...