July 13, 2016

Perempuan-Perempuan Tercantik



Assalamualaikum..
Halohola..
"Mbak, bagaimana agar bisa menjadi wanita yang kuat seperti mbak? Mantan suami saya pergi dengan wanita lain dan sekarang dia sudah nggak ngasih nafkah saya dan anak. Saya harus gimana mbak?"


Pagi itu saya dibuat lemas dengan sebuah pesan di aplikasi social media saya. Pesan itu berasal dari seorang ibu yang saya kenal dari grup Facebook 'Single Moms Indonesia'.


Untuk sejenak, jantung saya berdegup tak karuan. Jari pun kelu. Bingung mau mengetik apa. Bingung, bagaimana cara membalas pesan itu. 

Siapa saya? Saya wanita kuat? Laah, cengeng begini, kuat dari mananya? Saya memang pernah terjatuh ke neraka dunia paling dalam -setidaknya menurut saya- dan hanya Allah lah yang membuat saya bisa bangkit dan bertahan sampai hari ini. Tapi, kuat? Ah, saya masih jauh dari kuat.

"Ah, udah lah. Cuekin aja. Siapa kamu? Yang ada malah ngejerumusin orang dengan curhatan-curhatan alay khas kamu! Delete contact aja! Cuekin udaaah!", bisik hati kecil saya. Saya pun menutup pesan itu. 

Tapi.. Di sisi lain, hati kecil saya berteriak. "Bukankah kamu pun pernah ada di posisi yang sama dengan dia? Lalu apa yang kamu rasakan saat itu? Bukankah kamu dulu butuh seseorang untuk berbagi? Walaupun nggak bisa ngasih solusi, setidaknya dulu kamu butuh orang yang mau mendengarkan curhatan kamu kan?". Deg! Rasanya seperti ditampar jika ingat masa-masa itu.

Saya pun langsung meraih handphone saya dan membalas pesan ibu tersebut. Pada akhirnya kami saling sharing, saling menguatkan. Dan alhamdulillah, ia sepertinya tampak lebih termotivasi untuk bangkit dari kondisinya saat ini.

Saya memang bukan motivator, tapi pengalaman memang guru yang terbaik. Dengan berbagi pengalaman yang nggak seberapa, ternyata hal itu bisa meringankan beban seseorang. Bahagia rasanya, bisa membantu seorang ibu tunggal yang masih dalam suasana 'berkabung'.


Di awal, saya menyebutkan grup Facebook 'Single Moms Indonesia' (SMI). Sebenarnya saya telat banget bergabung dengan grup ini. Baru sekitar satu tahun jadi single moms, saya baru ngeh ada grup ini. Tapi nggak ada kata terlambat untuk sesuatu yang baik :)

Untuk seorang single moms yang baru saja mengalami perpisahan dengan pasangannya (perceraian atau kematian), sebuah lingkungan positif benar-benar sangat dibutuhkan. Pada kasus saya, ketika saya dalam tahap perceraian, saya benar-benar nggak punya seseorang yang bisa dijadikan 'pegangan' dan tempat cerita. Orangtua saya bukan tipe orangtua yang akan memeluk dan mendengar keluh kesah anaknya dengan empati. Orangtua saya cenderung cuek dan sarkas walaupun di dalam lubuk hatinya saya tau kalau mereka sebenarnya perhatian dengan saya.

Awalnya saya kira grup ini hanya berisi sekumpulan single moms madesu (masa depan suram) kayak saya. Yang menye-menye, cengeng dan menyedihkan. "Ya lumayanlah, bisa punya teman nangis bombay bareng-bareng," pikir saya waktu itu. Tapi ternyata, anggota grup ini benar-benar di luar ekspektasi saya!

Sumber: lovethispic.com

Betapa tidak, dari para anggota SMI ini saya menyadari bahwa menjadi single moms bukanlah akhir dari dunia. Menjadi single moms bukan berarti membawa beban stigma negatif dari masyarakat di pundak. Bukan pula menjadi perempuan bermuram durja dan bermasa depan menyedihkan. Apalagi menjadi seorang perempuan dengan aura negatif yang bisa menular bak penyakit mematikan. Tidak, jauh dari itu.

Dari para single moms di SMI, saya mulai berpikir bahwa saya harus bangkit, karena ternyata menjadi single moms nggak semenyedihkan itu! Bahkan saya merasa jauh lebih beruntung dari para single moms yang lain.

Bayangkan! Ada salah seorang ibu yang ditinggal suaminya ketika hamil muda untuk hidup dengan wanita lain! Atau ada seorang ibu yang memutuskan untuk nggak menikah dengan pria yang menjadi ayah biologis anaknya karena pria tersebut nggak punya tekad untuk menjadi kepala keluarga yang baik. Atau yang sebelas dua belas dengan saya, mengalami KDRT dan memutuskan untuk tidak membuang-buang waktu dengan pria yang salah.


Lalu, apa yang terjadi dengan ibu-ibu tersebut? Apakah mereka hidup dengan dendam abadi di dalam hati mereka? Apakah mereka berhasil move on dan melanjutkan hidup? Apakah mereka bisa menghidupi anak-anak mereka dengan tenaga mereka sendiri?

Awalnya saya sangsi. Helooo.. Mereka kan ibu-ibu biasa, bukan super hero. Kalau udah hancur lebur gitu mah ya paling mentok juga kayak saya. Jadi emak-emak galau susah move on (eh, tapi itu dulu, sekarang sih udah move on sampai Eropa! Hihi)

Ternyata, mereka yang udah babak belur dihantam cobaan hidup ini bisa berhasil melangkah maju. Lebih hebatnya lagi, mereka jadi perempuan-perempuan hebat! 

Mereka berhasil memaafkan semua yang menyakiti mereka. Mereka sama sekali nggak menyisakan dendam di hati mereka. Karena untuk mereka, dendam itu hanya merusak hati, pikiran dan tubuh. 

Bukankah Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata,
".. Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR Imam Al-Bukhari)
Subhanallah, saya yang 'cuma' digituin sama Pak Mantan aja, rasanya butuh waktu lamaaaa banget untuk bisa memaafkan. Bahkan kalau dibelah, mungkin masih ada 'kerak-kerak' dendam dan sakit hati yang menempel di hati saya. Rasanya susah sekali untuk bisa memaafkan. Memang benar kata orang bijak, orang yang hebat adalah orang bisa memaafkan seseorang yang telah menyakiti hatinya.

Sumber: lcotz.com

Dan lagi, yang membuat saya lebih terpukau, ternyata para single moms tersebut menjadi perempuan-perempuan mandiri yang mapan dalam segi emosi dan finansial. Yup, menjadi dewasa secara emosi dan mapan secara finansial. Hal itu dicapai karena kemauan mereka untuk bangkit dari keterpurukan yang mereka alami. Subhanallah.. Ini cerita nyata lho. Orang-orangnya saya kenal lho. Beneran, hehe..

Jadi, kalau ada pertanyaan tentang makna Cantik dari Hati versi saya, saya akan menjawab bahwa mereka yang punya kecantikan dari hati adalah mereka yang punya kemampuan untuk memaafkan tanpa ingat sehebat apa mereka telah tersakiti dan mereka yang bisa selalu mengambil hal positif dari setiap bagian kehidupan mereka, no matter what, bagian yang manis atau pahit, bagian yang membahagiakan atau memilukan.

Yup, kalau lima tahun yang lalu saya ditanya pertanyaan serupa, mungkin saya akan menjawab, bahwa mereka yang Cantik dari Hati adalah mereka yang baik budinya walaupun sudah terzolimi sedemikian rupa ala ala tokoh di sinetron. Nope, ternyata jadi baik aja belum cukup.

Para single moms di grup SMI sudah mengajarkan saya sesuatu yang lebih dari menjadi orang baik. Mereka sudah mengajarkan saya bagaimana menjadi perempuan yang memiliki kecantikan dari hati. Subhanallah..

Rasanya tidak salah jika saya mengatakan bahwa saya sedang belajar menjadi cantik dari para ibu tunggal tersebut. Karen buat saya, mereka adalah perempuan-perempuan tercantik yang saya kenal.. :)

Kalian adalah perempuan-perempuan tercantik yang saya kenal :')

Semoga suatu saat nanti, saya bisa cantik dari hati juga ya.. Semoga saya bisa memaafkan semua yang sudah terjadi dalam hidup saya dan menjadi perempuan mandiri yang bisa bertanggung jawab atas kehidupan anak saya.. Aamiin :)


Nah, kalau kamu, apa sih makna Cantik dari Hati versi kamu? Cerita di kolom komentar yaa :)
Terima kasih sudah menyempatkan baca postingan nan panjang ini ya :)

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

58 comments :

  1. amiin..
    semoga yang terbaik selalu menyertaimu dc

    sama sepertiku, ortu bukan tipe yg memeluk dan mendengarkan kelu kesah anaknya. Menjalani kehidupan rumah tangga emang butuh perjuangan sampai sekarang meski up n down.

    Dan terbiasa apa2 sendiri, jadi berasa sendiri aja padahal punya pasangan hahaha.
    Pengen selalu belajar cantik dr hati menghadapi masalah apapun, belajar dr sekitar.
    makasih ya dah sharing2nya

    semangaaat..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berbagi ya teh nchie. Peluuukk :)
      Kapan2 upload foto sama papanya olive atuh. Haghag.. :*

      Delete
  2. Kemampuan utk memaafkan, hmmm, saya aja sama org yg pernah ngecewain di masa lalu (bukan suami) masih mangkel mpe skrng hehe :P. Keren ya berarti ibu2 di SMI. Insyaallah nanti dalam perjalanan, pasti ada aja "kejutan2" menarik dari Tuhan ya Mbak Dessy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Memaafkan itu paling sulit tapi setelahnya jadi plong..
      Aamiin..
      Insya Allah ya mba :')

      Delete
  3. Kereeeennn tulisannya mba des..memang peer support group itu sangat berarti bagi perempuan ya mba..aku selalu mendoakan spy mba dessy selalu diberi kekuatan, ketabahan dan rejeki yg luas..semoga menang ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa makasih mba gena :*
      Aamiin.. Doa yg sama juga untuk mba gena.. Sukses studinya ya mba :)

      Delete
  4. Para single mom memang keren dan kuat karena memang memutuskan untuk menjadi keren dan kuat ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. Aamiin.. Semoga saya juga bisa ikut keren dan kuat yaa hihi.. Makasih mak :*

      Delete
  5. amiin, semangat Ibu jerapah..
    kamu cantik cantik dari hatimu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are beautiful, beautiful, beautiful.. Hihi..
      Aamiin.. Makasih mba ophi sayang :)

      Delete
  6. Semangatt teteh....
    I salute you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih teteh sayang..
      Semangat juga untuk teteh yaa :)

      Delete
  7. jleb bgt tulisannya... keren!
    saya jg masih bnyk belajar utk ikhlas memaafkan... susah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaa makasih teh lia :)
      Iyaa memaafkan itu.memang sulit ya teh apalagi terlanjur sakit.. Tapi harua bisaa..
      Insya Allah kita bisa :*

      Delete
  8. Subhanallah ... Motivated bgt baca blog post yg ini ... Semoga selalu makin cantik kedepannya ya mbak :) ... Cobaan datang untuk menguatkan, insyaallah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Insya Allah ya mba..
      Makasih banyak mba riri :*

      Delete
  9. Subhanallah...inspiratif sekali mba...mudah mudahan bisa menang lombanya..

    ReplyDelete
  10. Kadang yang membuat seseorang itu cantik, justru dari dalam ya mbak. Bisa lebih memancarkan aura positifnya.
    Sukses terus ya ...semangaat..! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, sepakat :)
      Makasih mba.. Semangat juga mba nurul :*

      Delete
  11. Selalu merinding kalo ngebaca cerita single moms, kita nggak pernah tau apa yg akan terjadi esok. Yakinlah, kalo Tuhan akan selalu setia merengkuh memeluk kita, ngomong emang mudah...insya allah. Karena saya pun berusaha berpegang teguh dengan keyakinan tadi ^^

    Dialah sutradara kehidupan ini yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Selalu percaya & ikhlas kalau skenario Allah pasti yg terbaik ya. Aamiin.. :')

      Delete
  12. Terharu banget bacanya teh, setuju banget perbuatan teteh untuk memberi dukungan seperti itu malah lebih memancarkan kecantikan yang alami, karena buat saya hati yang tulus lebih dari kecantikan semata ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah berkunjung teh noniq.. Semoga semua wanita bisa selalu saling menguatkan yaa :)

      Delete
  13. Semoga Allah menganugerahimu yang terbaik untukmu dan keluargamy, Mbak. Gak bisa berhenti baca postingan ini dari awal sampai akhir. Makasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aah makasih mba haya.. :')
      Aamiin ya Allah..
      Makasih sudah mampir & baca ya mbaaa.. :)

      Delete
  14. Bacanya merinding, mengharu biru, tapi memberi kekuatan, insight baru & menginspirasi banget. Hwaiting Mbak Des!!! Keep strong & fighting. Setuju banget sama makna cantik dari hati versi Mbakdes. Semoga someday aku bisa mengamalkannya yah. Kadang maafin sih udah tapi jadinya udah kapok dan mangkel :''D

    Salam kenal,
    Ifa (imusyrifah.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba ifa. Makasih yaa sudah berkunjung :)
      Seneng bgt kalau bisa menginspirasi :)
      Iyaa semoga kita bisa jadi wanita2 cantik yang mampu memaafkan ya mba.. :*

      Delete
  15. Yess . . Setuju mba. Agar cantik di luar kita harus cantik dari hati. Tak peduli sekeras apa hidup telah menempa kita, dunia juga tak perli tahu semua. Yang paling penting anak2 kita dan generasi mendatang lainnya mendapat yang terbaik dari ibu, perempuan2 tercantik seperti Ibu Jerapah... :-)
    Big Huge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba ira.. Bener banget :)
      Semoga kita semua bisa punya hati yg cantik & bisa jadi ibu terbaik untuk anak2 kita ya mba..
      Hug & kiss dari bandung :*

      Delete
  16. Aku baru baca setengah nggak kuat bacanya T_T, semangat ya mba T_T...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah kenapa mbaa? :(
      Cerita teman2 SMI itu bikin berlinang air mata deh mba hiks..
      Semangat juga untuk mba amanda :*

      Delete
  17. Keberadaan komunitas support ini sebenarnya perlu digaungkan lagi keberadaannya. Karena sebenarnya banyak juga perempuan yang butuh 'teman' untuk berbagi sering kebingungan kemana mencari teman-teman tersebut.

    Sama seperti keberadaan bipolarcare, yang tidak hanya membantu para survivornya tapi juga para pendampingnya. Semoga keberadaan komunitas2 ini bisa benar2 menjadi wadah untuk membantu survivor dalam banyak hal agar bangkit dan terus bergerak maju.


    Mba Desy harus mengapresiasi diri Mba, karena Mba sudah mampu melalui masa yang berat :). Semoga Allah senantiasa menyayangimu mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ipeeeeh..
      Makasih sudah berbagi yaa :)
      Iya mba, aku ngerasain banget manfaat dari peer group support ini. Benar2 support karena di dalamnya terdiri dari teman2 yg pernah mengalami hal yg sama. Hal yg sulit didapat dari teman-teman kita yg lain..

      Insya Allah, doa yg sama juga untuk mba ipeh :)

      Delete
  18. Ah mbak...sebelum ini hidupku juga lika liku :"). Dulu pisah cm g ada anak, trus ketemu org lain punya anak tapi dia tidak tanggung jawab hilang gt aja....walau akhirnya saya sampai lahirin dan tidak ngerawat anak itu yg pasti anak itu saved jauh dari gangguan bapaknya yg entah masih idup tidak aku g peduli.
    Dan akhirnya ini...saya ketemu suami yg sekrg :") dan bisa melupakan sakit yg pernah ada bahkan lupa kalau pernah sakit. Karena otak adanya bahagia. Percayalah Gusti Allah mboten sare. Semaangatt muaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah.. Mba echaaa.. Aku baru tau kisah hidupnya..
      Kamu hebat mbaa :)
      Kalau aku dikasih cobaan seperti itu entahlah bisa ngadepin atau engga :(
      Mba echa hebat!
      Insya Allah ya mba..
      Makasih sudah berbagi ya mba :)

      Delete
  19. Tulisan keren. Memotivasi orang yang gagal move on. Menjadi single mom rata-rata orang bukan pilihan, tapi kalau itu yang terjadi hadapi dengan tegar. Tuhan pasti beri jalan. Teman saya malah jadi single papi, dia juga enjoy menjalani hidup dengan dua anak perempuannya.
    salam

    ReplyDelete
  20. Dan untuk menjaga hati agar tetap cantik itu terdapat pada 5 perkara yang sering dinyanyikan opik ��

    Peluk Desy si ibu jerapah dan Ahza ��
    Cerita cantik versi aku sebenarnya sama, yaitu saat kita mampu meredam keangkuhan dan lebih memilih untuk memaafkan serta menyadari bahwa manusia adalah makhluk biasa dan hanya kepada Alloh lah seharusnya kita bergantung dan berserah diri ��

    Sikap orang tua yang cuek mungkin sebenarnya bertujuan agar anaknya yang terkena masalah juga cuek dan kuat, menyembunyikan kesedihan karena khawatir anaknya akan turut berlarut dalam kesedihan ��

    Teruslah kuat Desy... Salam untuk rekan-rekan SMI, suatu hari juga saya akan menjadi single mom entah karena terpisah oleh maut atau apa. Ini memang realita hidup, tak ada yang abadi... (Quot suamiku yang selalu mengingatkan agar aku bisa kuat dengan atau tanpa nya)

    I salute you... Peluuk ��

    ReplyDelete
  21. Kuat terus teteh, aku suka teh dc orgnya positif dan happy terus.
    Salam sayang buat Ahza

    ReplyDelete
  22. semangat yaaa.. kamu kuat juga kok.. cantik pula..
    Sukses juga ngontesnya yak...

    ReplyDelete
  23. Suka sekali tulisan ini. Semangat ya, mba
    Selalu bersemangat demi anak :)

    ReplyDelete
  24. Melehh..mereka kuat tegar dan dewasa..

    ReplyDelete
  25. Melehh..mereka kuat tegar dan dewasa..

    ReplyDelete
  26. Semoga kita di pertemukan dengan jodoh yang baik dan bertanggung jawab dalam kekuatan islam

    ReplyDelete
  27. Teh, DC keren. Semoga Allah selalu melimpahkan Rahmatullah dan Barakah-Nya buat teh DC dan sikecil. Aamiin

    ReplyDelete
  28. Tetap semangat Mbak Dessy, saya yakin Tuhan punya keajaiban-keajaiban tidak terduga.. Good luck buat kontesnya, semoga menang.

    ReplyDelete
  29. Keren. Salut dengan para single mom. Ibu-ibu super. Bahkan saya yang hampir mengalami hal serupa beberapa tahun silam, seringkali masih susah untuk move on. Dan masih saja cengeng. Terima kasih sudah berbagi. :)

    ReplyDelete
  30. Sukaaaa makna Cantik dari Hatinya ibujerapah.. "Mereka yang punya kecantikan dari hati adalah mereka yang punya kemampuan untuk memaafkan tanpa ingat sehebat apa mereka telah tersakiti dan mereka yang bisa selalu mengambil hal positif dari setiap bagian kehidupan mereka, no matter what, bagian yang manis atau pahit, bagian yang membahagiakan atau memilukan"

    Sukaa tulisannya.. terima kasih sudah berbagi ya teeh, mau jadi quote of the day ya teeh.. keep posting :)

    ReplyDelete
  31. aku duluuu juga pernah ngalamin yg begini mbak.. mantan suami bukan tipe suka mukul sih sbenernya, tapi dia kasar dlm bicara. Aku slalu mikir, kalo laki2 berani memaki istrinya seperti itu, bukan ga mungkin kelakuannya bakal naik menjadi hobi memukul.. karena itu sebelum terlambat aku putusin utk pisah. awalnya pasti berat, udah berasa jd wanita paling malang sedunia, tapi, lama kelamaan, toh aku bisa melalui semua :).. dapat pengganti yg jauuuh lbh baik pula..dan mungkin yaa, itu juga yg bikin aku lbh mudah memaafkan mantan suami. ga ada lagilah dendam, walo memang skr ini kita ga prnh komunikasi lagi.. tp setidaknya, tiap kali keingat, udh g ada lg rasa benci kayak dulu :)

    ReplyDelete
  32. sukkaaa.. ini bacanya 2-3 kali tetap dalam.
    Ketika kita tidak mengalaminya, bukan berarti tidak bisa merasakannya.
    Kau cantik Teh Dessy, cantik..cantik..cantik luar dalam pokoknya

    ReplyDelete
  33. Dessy...

    *gak mampu berkata.
    Spechless.

    ReplyDelete
  34. *Usap air mata*

    Keep smile Dessy :) , you're the best. Keren kamu masih muda, cantik dan tegar.

    ReplyDelete
  35. Teteh keren *pake banget*.

    Semoga kita semua bisa jadi perempuan cantik dimata Allah ya teh. Perempuan kuat, mandiri, tapi juga penuh kasih sayang. :*

    ReplyDelete
  36. Konon katanya Cara terbaik memaafkan adalah disakiti, saya sedang belajar memaafkan, memaafkan semua org yg saya rasa pernah menyakiti saya, rasa nya sekarang hidup lebih ringan

    ReplyDelete
  37. Konon katanya Cara terbaik memaafkan adalah disakiti, saya sedang belajar memaafkan, memaafkan semua org yg saya rasa pernah menyakiti saya, rasa nya sekarang hidup lebih ringan

    ReplyDelete
  38. MasyaAllah, teh Dc luar biasa. Banyak kekuatan di setiap tulisan tth di sini. Allah tidak tidur. Allah pasti punya rencana terbaik bagi kita. Semangat terus ya, teh.

    Peluk...

    ReplyDelete
  39. Sudah baca beberapa waktu lalu, tapi belum sempat komen. Baru sekarang sempet komen.

    Semangat terus ya Dessy dan Ahza, ada saat nanti hari akan lebih bahagia :)

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...