June 07, 2016

Haid saat Ramadhan? Yuk Lakukan 10 Amalan ini


Assalamualaikum
Halohola

Marhaban yaa Ramadhan..
Alhamdulillah masih diberikan nikmat bertemu bulan Ramadhan tahun ini.

Qadarullah, hari pertama puasa Ramadhan dan.. batal. Haghag..

Suka ngalamin kayak gini nggak sih? Saya udah 2 kali Ramadhan kayak gini. Hari pertama nggak puasa dan biasanya Lebaran pun nggak bisa shalat Ied. Sedih? Bangeeet.. Berasa nggak dapet feel Ramadhan-nya deh.


Etapi, masa mau melewatkan bulan penuh pahala ini dengan gitu-gitu aja? Modusnya lagi haid terus jadi males-malesan ibadah. Ada yang kayak gini? Ini saya banget. Heuheu..

Bulan Ramadhan kali ini nggak boleh merugi lagi ah kayak Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Harus dioptimalkan dengan amalan-amalan yang -semoga- bisa jadi tabungan untuk 'nanti'.

Nah, untuk buibu yang haid kayak saya, yuk lakukan 10 amalan untuk perempuan haid saat bulan Ramadhan ini. Siapa tau bisa nyamain amalan puasa Ramadhan kalau dilakukan dengan ikhlas dan semangat. Aamiin.. :)

Bersedekah

Sebenarnya nggak hanya di bulan Ramadhan aja, bersedekah ini adalah amalan yang bisa dilakukan siapapun, kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Saya selalu percaya bahwa bisnis yang paling baik itu adalah berbisnis dengan Allah. Nggak pernah merugi dan selalu adil. Gimana nggak merugi? Allah akan membalas sedekah kita dengan 10 kali lipat. Subhanallah..

Di bulan Ramadhan ini, yuk maksimalkan bersedekah. Sedekah ini bisa jadi salah satu amalan andalan yang dilakukan perempuan haid di bulan Ramadhan
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” - Q.S. Al-Baqarah : 261

Memperbanyak Dzikir

Ah, ada yang lebih mudah untuk dilakukan selain bersedekah! Yup, berdzikir itu sebenarnya mudah banget ya, hanya kadang sangat berat melakukannya. Mumpung suasana Ramadhan, yuk sama-sama belajar konsisten berdzikir.

Berdzikir bisa dilakukan dengan cara membaca tasbih (subhanallah), tahlil (la ilaha illallah), tahmid (alhamdulillah) dan dzikir lainnya. Berdzikir bisa dilakukan kapanpun, bahkan ketika sedang beristirahat atau menunggu cucian kering. 
“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” - Q.S. Al-Ahzaab : 41-42

Menghadiri Majelis Ilmu

Di bulan Ramadhan pasti banyak sekali majelis ilmu bertaburan di mana-mana. Dulu, waktu saya masih kerja, selepas shalat Dzuhur berjama'ah akan ada tausiyah di masjid atau mushola kantor. Untuk yang hidupnya lebih banyak mainnya daripada ibadahnya (toyor kepala), tausiyah di bulan Ramadhan kayak nge-charge hati dan pikiran jadi lebih fresh dan semangat.

Selain di kantor, masjid atau kumpulan ibu-ibu kompleks juga biasanya menyelenggarakan majelis ilmu saat bulan Ramadhan tiba. Uuuuh, tapi tetep nggak sempet pergi-pergi, apalagi ada si kecil yang nggak mungkin dibawa ke acara-acara seperti itu. Gimana dong? Haha, ini juga masalah saya sih. Hiks..

Tapi tenang buibu, di zaman serba online sekarang ini, majelis ilmu pun sudah banyak yang bisa diakses online. Nggak usah susah-susah, di tv pun banyak acara-acara ceramah keagamaan yang dikemas menarik dan bisa menambah ilmu kita tentang agama. Selain itu, kita juga bisa mengaksesnya dari Youtube atau situs Islami lainnya.

Aktif dalam Kegiatan Sosial

Selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan sosial juga bisa menjadi amalan di bulan Ramadhan bagi perempuan haid. Untuk ibu rumah tangga, kita bisa membantu membersihkan lingkungan di sekitar rumah, menyapu daun-daun kering atau membantu membersihkan taman di daerah tempat tinggal kita. Ajak si kecil untuk membantu, wah bisa sekalian main bareng juga yah :)
“…Dan berbuat baiklah kalian karena sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.” Q.S. Al-Baqarah : 195

Membantu Menyediakan Takjil

Mumpung nggak puasa, kegiatan memasak takjil bisa jadi kegiatan menyenangkan, bukan lagi kegiatan yang 'ngilerin'. Hehehe.. Bikin takjil juga bisa mengasah kemampuan kita dalam memasak dan sebagai kesempatan untuk mencoba resep-resep yang selama ini cuma jadi bookmark di Facebook. Haghag..

Yang lebih serunya lagi, memberi makan orang berpuasa itu pahalany seperti orang yang berpuasa juga. Wah, ternyata haid saat Ramadhan nggak menghalangi kita untuk mendapatkan pahala Ramadhan yaa..
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga" HR. Tirmidzi

Membaca Buku Agama

Yang satu ini adalah salah satu resolusi saya di bulan Ramadhan kali ini: ngeluarin buku-buku agama dari rak buku dan MEMBACA! Dan ternyata banyak banget buku-buku yang saya beli dan hanya ditimbun. Disimpan dan nggak dibaca. Pun dengan majalah-majalah Islami yang sudah berdebu di pojokan. Ya Allah, selama ini kemana aja sih. Hiks hiks..

Bulan Ramadhan bisa jadi momen yang pas untuk kita -para mommy kece- untuk memperbanyak ilmu dengan membaca buku-buku agama. Membaca buku juga bisa dilakukan oleh siapapun, apalagi oleh perempuan haid seperti kita. Membaca pun bisa jadi cara ampuh untuk menghabiskan waktu menunggu bedug *eaa tetep ya..

Membagi Ilmu yang Bermanfaat

The more we share, the more we have..

Masih nyambung dari membaca. Setelah membaca, pastinya kita akan mendapat ilmu-ilmu baru yang bermanfaat kan? Jadikan ilmu-ilmu itu jadi ladang pahala kita dengan membagikannya kepada orang lain. Misalnya, as a blogger, kita bisa membuat artikel dari apa yang kita dapatkan dari buku yang baru kita baca. Whoaa.. Selain tentunya pahala yang kita dapat, ilmu kita juga makin bertambah dengan dibagikan kepada orang lain.

Seperti orang bijak pernah berkata, satu-satunya hal yang tidak pernah akan habis jika dibagikan dan malah akan bertambah adalah ilmu.

Mendengarkan Al-Quran

Buat saya, Ramadhan itu adalah momen di mana kita bisa merasakan kembali saat-saat bermesraan dengan Al-Quran. Yang biasanya ngaji sesempetnya aja atau bahkan nggak pernah masuk agenda harian, biasanya saat bulan Ramadhan datang, mengaji udah jadi satu agenda wajib yang harus dilakukan selepas shalat. Targetnya nggak muluk-muluk, khatam Quran dalam sebulan aja udah bikin hepi banget. Tapi itu DULU. Ketika udah ada Ahza, ngaji punya tantangan tersendiri karena Ahza penasaran dengan 'buku' yang dibaca ibunya ini. Hehehe..

Saat haid dan nggak bisa memegang mushaf, alternatif yang bisa kita lakukan adalah mendengarkan Al Quran. Mendengarkan Al Quran bisa membawa ketenangan di hati dan membiasakan telinga mendengarkan hal-hal yang baik. Ah, pokoknya jadi tentram di hati. Mendengarkan Al Quran ini pun bisa dilakukan kapanpun sambil melakukan kegiatan emak-emak di rumah lho.. :)

Menghapal Al-Quran

Kemarin saya membaca sebuah artikel menarik. Katanya, jika kita haid selama 7 hari dan setiap hari bisa menghapal 1 surat pendek, maka dalam bulan Ramadhan kali ini hapalan surat kita bisa bertambah minimal 7 surat. Yaaa.. Ini mah lumayan banget buat saya yang hapalan Qurannya memprihatinkan T_T

Jadi, bulan Ramadhan kali ini, walaupun haid, yuk bareng-bareng kembali menghapal Al Quran. Hapalan Quran juga nantinya menjadi bekal untuk mengajarkan si kecil. Siapa sih yang nggak mau jadi ibu sekaligus guru ngajinya si kecil? Saya sih mau banget, minimal Al Fatihah harus saya yang ngajarin. AAAMIIIN.. :D

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya.”  HR. Al Bukhari

Bershalawat pada Nabi

Selain berdzikir mengingat Allah, hal lain yang bisa kita lakukan dimanapun kapanpun adalah bershalawat kepada nabi. Selain itu, shalawat kepada nabi pun bisa menjadi momen untuk mengenalkan si kecil pada Nabi Muhammad SAW.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” - QS Al-Ahzab : 56

----

Waahh.. Sebenarnya masih buanyak buanget amalan-amalan yang bisa dilakukan perempuan haid saat bulan Ramadhan. Intinya tetap berbuat kebaikan walaupun dibatasi haid. Sekali lagi, bukan hal yang nggak mungkin kalau kita bisa mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa :)

Akhir kata, mohon maaf lahir batin dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan yaa buibu..

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

62 comments :

  1. TFS, bisa sy forward ke istri nih :)

    ReplyDelete
  2. Ahhh pas banget baca ini pas haid tepat di hari kedua puasa, huhuhu. Thanks mbaaa.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu ah mba lisna heuheu.. Sama2 mbae.. Semoga bermanfaat yaa :)

      Delete
  3. terimakasih sharingnya.. biasanya kalau haid amalan yg tak kalah penting bersihin rumah yg sdh seminggu tak terjamah hehe.. aku setuju majlis ilmu tak hrs bertempat khusus.. bahkan di media pun bisa jd majlis ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mba.. Bersih2 rumah yaa bener banget :)
      Yup mba.. Belajar bisa dari mana aja yaa :)

      Delete
  4. sdh 3 lebaran gak sholat ied...huuu betee :(
    btw thank sharingnya Ibu jerapah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bete bangettt mba.. Hiks.. Aku juga kayaknya tahun kemaren absen deh huhu..

      Delete
  5. Makasii Ibu jerapaaah
    Kadang ga kepikiran hal lain kalau lagi m bawaannya kan mager hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya teh. Mager males ngapa2in yak :p

      Delete
  6. makasih udah share mbak, selalu sedih kalo pas opening ramadhan malah dapet huhuhu

    ReplyDelete
  7. aku kok sering banget langganan haid pas awal puasa ya, jadi pas nih ada artikel ini, diawal puasa bisa banyak melakukan aktivitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langganan ya mba hihi..
      Semoga ga menghalangi ibadah kita ya mba.. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. Mantap, Ibu Jerapah.

    Haturnuhun sharingnya.

    ReplyDelete
  9. Pas banget sy lg nifas hbs melahirkan..makasih infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiaa mba abis lahiran yaa :)
      Sama2 mba.. Semoga manfaat yah :)

      Delete
  10. makasih mbak. berguna banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbaa.. Semoga manfaat yah :)

      Delete
  11. Terimakasih sharingnya mba. Suka merasa bersalah dan sedih klo haid di bulan ramadhan. Rugi gitu perasaan. Ternyata bisa juga ya kita mengumpulkan pahala ramadha ketika sdh haid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Berasa ada yg kurang yah.. Tapi gimana lagi, udah kodratnya ya :)
      Tetap semangat nabung pahala yo mba :)

      Delete
  12. Ternyata banyak amalan juga yang bisa dilakukan wanita haid. :) Makasih sharenya

    ReplyDelete
  13. Isyaa Allah semoga bisa mengamalkannya ya mak kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak. Saling mengingatkan yaa insya Allah :)

      Delete
  14. Ada lagi, Des. Poin ke 11: makan, makan, makan. Hehehehe. Kalo lagi menstruasi saya bawaannya pengen makan terus. Gak tau kenapah. Udah mah bawaan bete, kesel, salah satu obatnya selain ke 10 poin di atas adalah makanan :D heuheuheuheue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahah iya teh. Bener nih.. Makaaan!
      Tapi kalo lagi puasa gini malah lemesan yg haid ya. Udah mah ga ikut sahur, perut atit dan mau makan pun kagok. Buahaha

      Delete
  15. Sangat informatif mbak. Suka banget artikelnya. Saya sudah mulai pegel2, kelihatannya bentar lagi libur puasa. Aduh... saya sudah mulai was was dan bete bayangin 1 kepastian yg ini. Gairah ibadah saya sudah naik banget.... (eh curcol... hihihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaah mba susi mau nyusul yah hihi..
      Semoga gairah ibadahnya bisa tersalurkan ke kebaikan2 yg lain ya mba :)

      Delete
  16. Ini informasi yg semua wanita harus tahu.

    ReplyDelete
  17. Daku juga puasa pertama langsung dapet mbaaaa... huhuhu :(. Padahal udah 5 tahun terakhir selalu kebagian puasa pertama dan sholat Ied. Tapi bener juga ini amalan2 yang bisa diperbanyak di bulan suci ini. Semoga menambah tabungan pahala... Aamiin :)

    ReplyDelete
  18. Terima kasih sharingnya Mbak Dessy. Pengennya sih ibadah full ya, apa daya sbg perempuan kodratnya gk bisa full. Semoga sukses ya, Ramadhan kita aamiin :D

    ReplyDelete
  19. iya niy, aku yang haid nya suka lama, kesel banget kalo pas puasa.
    baiklah ..baiklah akan kuikuti hal2 diatas :D

    makasih dc sharingnya

    ReplyDelete
  20. betul banget, makasih sudah diingatkan

    ReplyDelete
  21. Betul Mba, suka sedih kalau gak puasa tapi mau gimana lagi udah jatahnya. Yang penting ibadah lain masih bisa dilakukan.
    Makasih idenya Mba. Siap menerapkan.

    ReplyDelete
  22. Sebenernya gini ya, masih banyak amalan ketika kita-kita sedang haid. Gak ada alasan untuk tidak beribadah, karena banyak ibadah yg ringan juga seperti berdzikir dan bershalawat, hanya kita saja yg kadang2 malas. Eh kita? Saya maksudnya, Mbak :D

    ReplyDelete
  23. insya allah bisa ngelaksanain semua walau disela sibuk kerja amin...sedih harus bocor dari hari pertama puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba hiks. Tetap semangat yaa :)

      Delete
  24. Maaf lahir batin ya Des, selamat menunaikan ibadah puasa

    ReplyDelete
  25. Duh, makasih sudah diingatkan melalui postingan ini yah...
    Aku tahun kemaren gak bisa sholat Ied hiks..
    Mudah2an tahun ini mah bisa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama teh. Semoga tahun ini bisa shalat ied yaa aamiin :)

      Delete
  26. Saya nyesss baca tulisan ini ^^ secara senasib sama mbak Desy, hari pertama di pagi hari si tamu tak diundang dateng :( padahal saya semangat banget mau berpuasa huhuhuh..

    Berbagi ilmu, lucky us ya mbak as a blogger ^^ dan saya mendapat ilmu baru baca tulisan ini.

    Me likey likey much deh post ini! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah terharu baca komen mba..
      Semoga manfaat ya mbaa..
      Makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  27. Maaf lahir batin, selamat berpuasa :)

    ReplyDelete
  28. Saya baru selesai 40 hari tapi lanjut halangan lagi :( udah bnyk utang puasa di awal2..
    Jadi terlupakan ini karena balik lagi ke perbayian.. Makasih yah posting ini mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dulu saya pas ahza baru 3 bulan juga ga berani puasa mbaa.. Takut asinya ga cukup hihi
      Sama2 mba :)

      Delete
  29. Sia-siap nih kalau datang bulan hehe

    ReplyDelete
  30. Nggak ada istilah nggak dapat berkah ramadan ya, sekalipun sedang dapat haid

    ReplyDelete
  31. Jd ga ada alasan lagi ya mba klo lagi dapet ��

    ReplyDelete
  32. Haidnya baru aja kelar mbak. Besok udah mulai puasa :) Heuheuheuheu. Bookmark dulu deh, buat tahun depan aja hihihi~

    ReplyDelete
  33. Setuju bgt mbak. Banyak amalan yg bs dilakukan ketika sdg haid. Jadi tdk ada alsan utk tdk berbuat kebaikan bg sesama.

    ReplyDelete
  34. Kebetulan sekali, sekarang saya lagi gak puasa. Ternyata banyak amalan yang bisa kita lakukan meski lagi haid ya...

    ReplyDelete
  35. Sayang sekali kalau saat awal ramadhan itu awal haid juga :'(

    ReplyDelete
  36. TFS Mbak. Keren banget tulisannya. Penting banget ini. Palagi buat yg kayak aku, Haidnya selalu seminggu lebih dikit. Jadi ngerasa rugi gitu kalau g ada alternatif ibadah lainnya.

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...