May 13, 2016

Selamat Ulang Tahun, Pak Daeng!


Assalamu'alaikum
Hola Halo..

Dear Pak Daeng Soetigna,
Selamat ulang tahun, Pak!
Selamat ulang tahun ke-108.
Satu abad satu windu.


---

Jujur, boro-boro saya inget ulang tahun Pak Daeng, tanggalnya pun saya nggak tau. Punten ya, Pak *salim*

Tapi, berhubung saya lagi online di perpus dan buka Google, barulah saya tau kalau hari ini hari ulang tahun Pak Daeng dari doodle Google super lucu. Awalnya saya nggak ngeh lho itu Pak Daeng. Buahaha.. Tapi pas ditelisik, ih, kok mereka pada bawa angklung yah? Jadi saya klik doodlenya dan ternyata hari ini hari ulang tahun Pak Daeng ke-108. Yippiii!

Foto Pak Daeng yang ada di ruang ekskul semasa SMA
Sumber: http://www.kabarindonesia.com/

Saya nggak kenal Pak Daeng, tapi saya pengagum berat beliau dan sangat sangat bersyukur beliau diberi anugrah untuk bisa menciptakan angklung diatonis. Apa itu angklung diatonis? Sederhananya, dengan jenis angklung ini, berbagai jenis lagu bisa kita mainkan dengan angklung. Sebelum ada jenis angklung ini, angklung hanya bisa memainkan tangga nada Sunda (da-mi-na-ti-la-da). Dan angklung diatonis bisa memainkan solmisasi yang sudah menjadi standar internasional.

Bung Karno bermain angklung
Sumber: http://tomita.web.id/

Tentunya saat itu, hal ini menjadi sebuah gebrakan di Indonesia, bagaimana alat musik tradisional bisa memainkan lagu-lagu internasional. Pada Konferensi Asia Afrika tahun 1955 silam, angklung telah menjadi saksi bahwa Indonesia pun mampu menunjukkan kepiawaiannya dalam musikalitas dan tidak kalah dari alat musik lainnya.

Lebih dari itu, kini angklung telah diakui Unesco sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia yang berasal dari Indonesia. Kurang bangga apanya coba saya dengan angklung dan tentunya Pak Daeng.

Untuk saya pribadi, angklung telah memberikan banyak, banyak sekali, hal-hal indah yang tidak pernah saya lupakan. Angklung telah memberikan saya tahun-tahun terhebat dalam hidup saya. Tahun-tahun yang penuh persahabatan, penuh perjuangan dan penuh pengalaman.Tahun-tahun itu telah mengubah cara pandang saya tentang kehidupan, bahwasanya jangan pernah menyerah untuk apa yang memang pantas diperjuangkan.

Cerita saya dan angklung bisa dibaca di sini:

Pengen pamer foto, tapi fotonya masih nggak berhijab. Malu kan akyu..

Intinya, terima kasih Pak Daeng untuk kontribusinya terhadap dunia musik Indonesia serta dunia. Karyamu akan selalu menjadi kekayaan budaya dunia dan akan kami lanjutkan perjuanganmu sampai ke anak cucu kami.

Saya memang sudah lama nggak aktif di dunia perangklungan, tapi insya Allah akan selalu mendukung gerakan budaya Indonesia. Semoga nanti Ahza bisa jadi pemain angklung juga ya.. :)

Jaya terus kebudayaan Indonesia!
-Si Ibu Jerapah-

11 comments :

  1. Aku malah taunya dari twit Makpun Indah Jui. Terus akhirnya gugling siapa itu Daeng Soetigna. Sugguh terlalu aku ini X_X. Maafkan, Pak Daeng, dan selamat ulang tahun !

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ter.. la.. lu.. ala bang haji..
      selamat ulang tahun pak :D

      Delete
  2. Keren ya pak Daeng inii maaak. Google aja sampe ngebuat peringatan ulangtahunnya lewat google doodle yaaa :') makasi infonya ya Maaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak.. nggak nyangka deh.. doodle google itu internasional kan ya? jangan2 di indonesia doang. wkwkwk

      Delete
  3. Huaaaa, aku malah nggak ngeh klo itu doodle versi Indonesia *malu akyuuu

    ReplyDelete
  4. Kayaknya Indonesia mulai sering mewarnai kancah google doodle ya.. bangga deh..


    Aku juga hak ngeh kalau itu buat indonesia.. coba kostum bapaknya pake pakaian sunda gitu.. tapi ntar disangka ridwan kamil ya, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nanti jadi kang emil ya. Wkwkwk..

      Delete
  5. seni angklung memang sangat luar biasa. selamat ulang tahun pak daeng

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...