May 11, 2016

Pameran Seni Faber-Castell : Kreatif Itu Tak Berbatas!


"I meant to tell you about some pencils made by Faber..
They are very soft, and of a superior quality..
A capital black,  in fact, and very agreeable for working on large studies"

- Vincent van Gogh dalam suratnya pada van Rappard

Siapa yang tak kenal dengan Van Gogh? Salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni di Eropa ini memiliki lukisan-lukisan yang termasuk karya seni terbaik, terkenal dan termahal di dunia. Dan ada fakta menarik tentang Van Gogh. Seperti kita, beliau adalah pengguna pensil Castell 9000 atau yang akrab disebut dengan pensil 2B. Itu lho, yang wajib dimiliki oleh setiap peserta ujian untuk mengisi lembar jawaban. Wah, keren ya, pensil kita dan Van Gogh samaan lho. Hehe..

Tepat tanggal 30 Maret 2016 yang lalu, tepat pada hari kelahiran Van Gogh, Faber-Castell juga memperingati hari pensil sedunia sekaligus hari ulang tahun Castell 9000 yang ke-111. Waw, sudah seabad lebih umur pensil ini menandakan betapa baik kualitas dan performanya. Nggak heran kalau dari dulu sampai sekarang, Faber-Castell selalu jadi pilihan untuk pensil terbaik.

Kalau Van Gogh pakai pensil dari Faber-Castell bisa jadi pelukis terhebat, apakah kita-kita juga bisa mengikuti jejaknya? Bukan hal yang nggak mungkin dong, apalagi, menurut Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia, Bapak Yandramin Halim, pikiran manusia memiliki dimensi tanpa batas. Kreativitas yang merupakan bagian dari proses berpikir ini juga tidak berbatas, tergantung sejauh mana manusia tersebut mampu dan mau untuk mengembangkan. Kreativitas tanpa batas, ya, hal tersebutlah yang menjadi dasar tema kegiatan Pameran Seni Faber-Castell, yang diadakan di beberapa kota besar di Indonesia pada tahun 2016 ini.

Pameran Seni Faber-Castell "Kreativitas Tanpa Batas"


Senin, 9 Mei 2016, saya berkesempatan untuk menghadiri pameran seni yang mengambil tempat di Festival Citylink Mall yang berada di Jalan Peta no. 241 Kota Bandung. Terletak di atrium mall, pameran seni ini menampilkan karya-karya pemenang lomba yang sebelumnya telah diadakan oleh Faber-Castell sejak tahun 2011. Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Ibu Fransiska Remila menjelaskan bahwa Faber-Castell secara konsisten mengadakan berbagai lomba untuk berbagai kalangan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada seniman muda untuk menampilkan karyanya di pentas nasional. 



Nggak cuma lomba menggambar atau mewarnai saja, Faber-Castell juga beberapa kali mengadakan lomba menulis cerpen dengan tulisan tangan. Unik ya! Selain lomba, Faber-Castell juga punya kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kreativitas bapak ibu guru, karena guru yang kreatif niscaya akan melahirkan murid-murid yang kreatif juga kan? :)


Nah, ada yang spesial di pameran seni kali ini. Banyak sekali karya-karya seni yang unik yang dibuat menggunakan produk Faber-Castell. Salah satu yang menjadi karya terhits di pameran ini adalah gaun yang terbuat dari pensil Castell 9000 alias pensil 2B karya seniman asal Jerman, Kerstin Schultz. Indonesia adalah negara ketiga di Asia yang mendatangkan karya ini selain Jepang dan Singapur. Wiiih, kok ya Om Schultz bisa-bisanya bikin gaun pakai pensil ya. Keren, Om! :)


Selain itu, ada satu karya lagi yang jadi favorit saya. Apa lagi kalau bukan kapal phinisi yang terbuat dari Connector Pen-nya Faber-Castell. Kapal phinisi ConnPen (singkatan Connector Pen) ini adalah hasil karya seniman Indonesia, Taufik Muhidin. Nggak heran kalau perwakilan Pemda Kota Bandung, Bapak Elih Sudiapermana mengatakan bahwa pada produk Faber-Castell terkandung karakteristik cinta lingkungan. Karena selain terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan, produk yang sudah tidak terpakai bisa didaur ulang menjadi karya seni mengagumkan seperti kapal phinisi ini.

Ajak Anak Berkreasi di Pameran Seni Faber-Castell

Kemarin, saya ditemani Ahza pergi ke pameran ini. Awalnya sempat was-was, takut Ahza minta pulang. Maklum, anaknya bosenan banget. Hehe.. Ternyata, selain menampilkan karya seni yang super keren, di pameran ini juga disediakan tempat untuk anak-anak agar bisa berkreasi dengan produk Faber-Castell.


Untuk anak-anak yang suka menggambar atau mewarnai, dijamin akan betah di lautan ConnPen ini, seperti Ahza. Dengan ConnPen yang beraneka ragam warna, anak-anak bisa berkreasi mewarnai gambar-gambar yang sudah disediakan panitia. Nggak cuma bisa digunakan untuk mewarnai, anak-anak juga bisa berkreasi membuat berbagai benda dengan menggunakan ConnPen. Seperti om di sebelah Ahza ini. Om ini membuat burung dengan menggunakan ConnPen warna-warni. Wah, kreatif banget ya!

Selain itu, anak-anak yang sudah agak besar bisa berkreasi dengan menggunakan berbagai peralatan dari lini produk Faber-Castell yang lain: Creativity for Kids. Ada pita warna-warni, manik-manik, benang rajut, balon, keramik, kalung dan banyak lagi, yang bisa dikreasikan untuk membuat berbagai kerajinan tangan seperti yang dilakukan tante ini. Seru, kan?


Catat Tanggal dan Acaranya Ya! :)

Pameran seni Faber-Castell "Kreativitas Tanpa Batas" di Bandung ini diadakan mulai tanggal 9 sampai 15 Mei 2016. Akan ada apa aja sih di pameran seni ini? Yuk catat tanggal dan acaranya yaa..

Senin, 5 Mei 2016
- Pembukaan acara & jumpa pers
- Menggambar doodling bersama Kak Try

Senin-Minggu, 9-15 Mei 2016
- Pameran Instalasi Seni menggunakan "Pencil Sculpture" oleh Kerstin Schultz dan Connectorpen Land : Kapal Phinisi

Selasa-Jumat dan Minggu, 10-13 Mwi 2016
- Mewarnai dan craft bersama Faber-Castell
- Mewarnai buku "Colouring for Relaxation"
- Bermain seru di Connectorpen Pool

Sabtu, 14 Mei 2016
- Create Your Own Character bersama Sweta Kartika
- Workshop Creative Marker bersama Marta Putri

Minggu, 15 Mei 2016
- Lomba gambar dewasa, mewarnai buku "Colouring for Relaxation"
- Berfoto bersama Satria Conpen
- Bermain seru di Connectorpen Pool
- Menggambar doodling bersama Kak Try

Oia, selain karya-karya seni di atas, ConnPen juga bisa dijadikan fashio seperti yang dipakai Satria Conpen di bawah ini lho.. Jangan lupa berfoto bersama ya!


Penasaran ingin liat langsung dan menjadi bagian dari keseruan pameran seni Faber-Castell ini? Yuk sekeluarga jalan-jalan ke Festival Citylink! Saya juga jadi pengen ke sana lagi nih. Belum puas mengeksplor karya seni lainnya hihi..

Salam kreatif tanpa batas!
-Si Ibu Jerapah-

11 comments :

  1. Wah harus dateng nih, saya suka sekali nge-doodle hehehe
    anak-anak juga pasti suka ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hayuk teh.. seru banget..
      jagoan ngedoodle ya :D

      Delete
  2. Ahh di bandung si yaa, huhu. Tapi karena ngga bisa gambar or melukir, jadi biasanya pakai faber castell untuk mewarnai aja sama corat coret anak, hihihi. Ternyata kreasi dari varian product faber castell banyak banget yaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak lisna di jakarta? di jakarta mah udah mbak kemarin, huhu..
      iya, buanyak banget mba.. produk craftingnya juga ada.. bikin ngiler semua pokonya :D

      Delete
  3. Wii keren banget.. di tangam kreatif pensil pun bisa jadi apa aja ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. sampe bisa bikin gaun gitu ya, ckck hebat.. :D

      Delete
  4. Saya juga ga bisa apa-apa bahkan hasil mewarnai saya pun masih biasa-biasa saja saat mencoba colouring for relaxation tapi gak perlu khawatir kok setiap beli produk faber-castell ada banyak tips untuk crafting and I know more after that... Hari sabtunya ada workshop loh. hihi yuk kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jadi pengen beli buku mewarnainya itu teh.. seseruan aja ya, walau jiwa seninya gimanaaa gitu. wkwk
      iya, pengen ke sana lagi kalau ada yang nganter.
      teteh mah jalan kaki sampe pan ya? hihi

      Delete
  5. wah asyikya ikutan , aku mah kalau dekat pasti ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiiik banget mbak.. mupeng liat produk2nya..
      mbak tira di mana domisilinya? :)

      Delete
  6. Aku pengen dateng lagi teh, kemarin kurang lama disana. Dan membekali anak dengan kreatifitas menurut aku lebih penting, karena kreativitas itu tak terbatas. Salam hangat buat Ahza

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...