May 29, 2016

Pesan Mama, "Lakukan Sepuluh Hal Ini agar #BahagiaDiRumah"


Sebelum menikah dulu, jika ditanya arti rumah untuk saya, pasti saya akan menjawab, "Rumah bisa di mana saja. Rumah adalah di mana mama berada. Di mana ada mama, di sana saya merasa pulang". Lantas, kalau sudah berumah tangga apakah mama masih menjadi tempat bernaung? Tentu tidak. Malah, kini saatnya kita menciptakan bahagia di rumah agar anak-anak nyaman berada di dalamnya.

Sebagai ratu rumah tangga, kita -para istri-, memiliki kewajiban untuk mengatur segala hal di dalam rumah. Mulai dari bersih-bersih, masak memasak sampai segala hal administratif. Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana ibu bisa menciptakan kondisi rumah yang kondusif agar semua orang bahagia tinggal di rumah.

Menciptakan bahagia di rumah itu ternyata ada rahasianya lho. Rahasia ini saya dapatkan dari mama yang selalu berhasil membuat saya kangen rumah. Sampai-sampai, saya rela pulang pergi Jakarta-Bandung saat benar-benar kangen dengan rumah, hehe..

Pesan Mama untuk #BahagiaDiRumah

Bahagia itu sebenarnya sederhana, apalagi untuk anak-anak. Mereka tidak membutuhkan gadget tercanggih seharga jutaan rupiah atau kendaraan tercepat untuk bahagia. Sebenarnya, mereka hanya membutuhkan kehadiran dan perhatian penuh orang tua untuk mereka.

Puluhan tahun menjadi ibu, mama memberikan saya  'ilmu' tentang bagaimana membangun rasa bahagia di dalam rumah. Dari cerita-cerita yang saya dapatkan dan teladan yang mama contohkan, setidaknya ada 10 pesan dari mama untuk bahagia di rumah. 

1. Mulai hari dengan menikmati pagi

Sumber: herpaperweight.tumblr.com

Semua pasti setuju jika saya mengatakan bahwa hari yang baik selalu dimulai dengan pagi yang baik. Sebaliknya, pagi yang buruk akan mempengaruhi buruknya mood sepanjang hari. Untuk menciptakan hari yang bahagia, mulailah hari dengan menikmati pagi.

Anak saya, Ahza, selalu kami ajak jalan-jalan di pagi hari. Selain udara pagi yang masih bersih sangat baik untuk kesehatan, berjalan di pagi hari juga dapat membuat mood hari itu menjadi baik. Beberapa kali Ahza tidak saya ajak jalan-jalan, dapat dipastikan hari itu akan menjadi hari yang sangat melelahkan karena Ahza akan cenderung lebih rewel dibandingkan biasanya.

2. Beribadah bersama

Sumber: islamicartdb.com

Tidak dapat dipungkiri kalau rasa bahagia adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mencoba 'memancing' kebahagiaan itu dengan rajin beribadah kepadaNya.

Alangkah baiknya jika beribadah dilakukan dengan bersama-sama seluruh keluarga. Selain bisa meningkatkan pahala, beribadah bersama juga adalah salah satu bentuk quality time yang sangat baik. Untuk umat Muslim bisa melalukan shalat berjamaah dan untuk umat Nasrani bisa bersama-sama pergi ke gereja.

3. Seimbang antara Kerja dan Rumah

Sumber: pinterest

Sederhananya, bekerjalah di waktu bekerja dan nikmatilah waktu di rumah bersama keluarga tercinta. 

Hal ini terutama berlaku untuk para orang tua yang pergi dan pulang saat anak-anak tertidur. Hargailah waktu di rumah dengan mencurahkan perhatian sepenuh-penuhnya pada anak dan pasangan. Pun untuk ibu yang bekerja di rumah, walaupun tempat kerja ibu fleksibel, tetaplah disiplin pada waktu kerja dan membagi dengan adil untuk mengurus rumah dan keluarga.

4. Ciptakan Komunikasi yang Baik

Sumber: pinterest

Komunikasi seperti halnya koin, memiliki dua sisi yang berbeda. Komunikasi yang baik dapat menciptakan hubungan yang baik dan rasa bahagia di rumah, sedangkan komunikasi yang buruk dapat mengacaukan segalanya. Ya, itulah fitrah manusia sebagai makhluk sosial.

Untuk menciptakan komunikasi yang baik, ibu dapat membangunnya dengan berbicara menggunakan nada positif dan menyenangkan, memaksimalkan sentuhan saat berkomunikasi serta bersimpati pada apa yang disampaikan oleh anak atau pasangan. Ibu juga sebaiknya menjadi pendengar yang baik agar anak dan pasangan bisa merasa nyaman ketika curhat dengan ibu. Jika ibu bisa menjadi tempat curhat yang baik, anak dan pasangan tidak akan mencari kebahagiaan di luar rumah karena semua yang mereka butuhkan ada di depan mata.

5. Bangun Quality Time bersama Keluarga

Sumber: laisabtimble.com

Pastikan keluarga memiliki quality time bersama-sama minimal 30 menit setiap harinya. Quality time ini bisa berbentuk kegiatan apa saja.

Sebagai contohnya, ketika saya masih kecil, kami wajib makan malam bersama setiap jam 7 di meja makan. Tidak ada ceritanya makan sambil menonton atau makan di kamar, semua bergabung di meja yang sama. Manfaatnya, anggota keluarga bisa makan sambil berbincang tentang segala hal. Berdasarkan artikel yang saya baca, makan malam bersama keluarga ini juga ternyata dapat menurunkan tingkat kejahatan seksual dan penggunaan obat-obatan terlarang pada anak.

6. Ajak Anak Membuat Rencana

Sumber: pinterest

Anak, sekecil apapun, adalah anggota keluarga yang berpengaruh terhadap semua kebijakan dalam keluarga. Jadi, tak ada salahnya untuk mengajak anak untuk membuat rencana keluarga. Rencana liburan atau rencana pesta ulang tahun.

Dengan ini, anak akan merasa dihargai dan dapat melatih kemampuan anak untuk menyatakan pendapatnya di depan orang lain. Selain mendapatkan keputusan yang membahagiakan semua orang di rumah, hal ini juga bisa bermanfaat bagi anak untuk membangun kepercayaandirinya.

7. Saling mendukung

Atjphoto.com

Alangkah bahagianya jika seluruh anggota keluarga saling mendukung anggota keluarga yang lainnya. Misalnya saja, kakak yang suka membaca buku dan adik yang senang berolahraga mendapatkan dukungan yang sama dari orang tua.

Dukunglah apa yang dikerjakan oleh anak selama hal itu positif. Kita tidak pernah tau, siapa tau hal yang disenanginya itu akan membawanya menjadi ahli pada bidang tersebut dan akan membanggakan seluruh keluarga.

8. Ciptakan Tradisi Unik

Sumber: pinterest

Tradisi unik yang berbeda dari yang lain akan membuat semua anggota keluarga selalu rindu pulang ke rumah. Ibu, yuk ciptakan tradisi unik sedini mungkin untuk membangun bonding yang kuat pada keluarga.

Tradisi ini bisa apa saja, misalnya, setiap seminggu sekali anak-anak tidur di kamar yang sama dengan orang tuanya atau tradisi memasak bersama di halaman belakang rumah setiap awal bulan. Seru dan pastinya membahagiakan!

9. Bahagiakan Semua Panca Indera

Sumber: pinterest

Panca indera manusia terdiri dari indera penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap dan peraba. Ibu bisa menghadirkan rasa bahagia di rumah dengan memanjakan kelima indera tersebut.

Manjakanlah penglihatan keluarga dengan menghadirkan kondisi rumah yang rapi dan nyaman untuk dilihat. Mendekorasi rumah rasanya boleh saja asal masih dalam kewajaran. Manjakan pendengaran dengan menggunakan nada-nada positif di rumah. Orang tua bisa membuat peraturan tentang hal ini agar semua anggota keluarga dapat melakukannya.

Masakan yang sehat dan lezat dapat memanjakan indera pengecap dan penciuman keluarga. Yang terakhir, manjakanlah indera peraba keluarga dengan memberikan sentuhan kasih sayang dan pelukan selama beberapa waktu setiap harinya. Pelukan terbukti dapat memberikan kebahagiaan sepanjang hari bagi yang melakukannya.

10. Me Time


Ibu bahagia akan menciptakan keluarga yang sangat bahagia. Jadi, sebelum menciptakan kebahagiaan di rumah, pastikan  bahwa ibu juga sudah merasa bahagia.

Hal yang penting dan seringkali disepelekan ibu adalah pentingnya memiliki waktu minimal 10 menit setiap harinya untuk melakukan aktivitas yang ibu sukai.

Saya masih ingat betul, sejak dulu mama selalu rutin berlangganan koran dan tabloid Nova. Di waktu luangnya, mama dan oma selalu mengisi waktunya dengan membaca Nova. Dalam tabloid Nova, kita bisa menikmati berbagai rubrik, seperti rubrik keluarga, kecantikan, kuliner, kesehatan, karir, griya, busana dan banyak lagi. Lengkap pokoknya! Hal inilah yang menjadi alasan mengapa mama tetap setia membaca Nova sampai saat ini.


NOVAVERSARY

Ada yang istimewa antara saya dan Nova, yaitu kami sama-sama akan berulang tahun ke-28 pada tahun ini. Tak salah rasanya memilih Nova sebagai bahan bacaan karena terbukti telah mengabdikan diri untuk perempuan Indonesia selama 28 tahun. Semoga dengan #Novaversary yang ke-28 ini akan membawa tabloid Nova menjadi tabloid terbaik dan lebih baik lagi bagi seluruh perempuan Indonesia.



Selamat ulang tahun, Nova! Semoga selalu menginspirasi bagi perempuan Indonesia dan membawa rasa #BahagiaDiRumah :)

Sudah siap untuk membangun rasa bahagia di rumah? Yuk praktekkan pesan-pesan mama saya di atas. Semoga suatu saat saya bisa jadi ibu dan istri yang baik dan menebarkan kebahagiaan di rumah.. :)

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

29 comments :

  1. Iya bener...salah satunya ciptakan kebiasaan unik yak. Sama quality time and me time.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuull..
      Makasih sudah berkunjung yaa mbak le sayang kiss

      Delete
  2. Yg 'Menciptakan kebiasaan unik' itu ide keren mbak.. mulai mikir ah, mau bikin acara apa tiap bulan heheee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mbak. Bikin kangen tuh pasti :)

      Delete
  3. Makan bareng itu loh, kebersamaan yang tak bisa tergantikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba. Sayang yaa anak2 zamn sekarang kayaknya makin jarang makan sama ortunya :(

      Delete
  4. menciptakan suasana baru di rumah. dan ide yang unik2 pasti seru. jadi betah dirumah mungkin.hemb,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mas.. Enak bgt kalau rumah nyaman. Ga perlu pergi kemana2 hehe

      Delete
  5. Replies
    1. Makasih sudah berkunjung ya kak :)

      Delete
  6. Dessy selalu kerren kalo bikin tulisan. Pun dalam memilih gambar.

    *kapan aku bisa kereen begini, de...?
    😅😅

    Jadi curcol.

    Bdw,
    Aku ijin nyantumin link tulisanmu yang ini yaa, de..untuk tulisanku tentang Makan Bersama dari Smart Parenting.


    Kerren.
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba lendy suka gitu kaaaann.. >.<
      Malu ahhh

      Delete
  7. sama kayak tips dari ibuku nih mbak Desy.. tinggal sekarang aku yang mau mempraktekannya juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam untuk ibu ya mba :)
      Yuk kita praktekin sama2 :)

      Delete
  8. dengan 10 poin diatas..dijalankan dengan damai...
    betapa bahagianya..terutama hubungan baik dengan pasangan dan anggota keluarga lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah.. Iya mba.. Semoga kita termasuk keluarga2 yg bahagia yaa :)

      Delete
  9. aah pesan mama utk bahagia bener2 keren mba..
    kalau bisa dilaksanakan..insyaAllah yaa...mau bahagia gak harus ekaman2 cukup di rumah bareng seluruh keluarga...
    good luci utk lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Sepakat.
      Makasih mba.. Doakan ya hehe :)

      Delete
  10. btw I just follow yor blog, if you don't mind please folback :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah folbak ya mba.. Makasih :):):)

      Delete
  11. Iya, yg terpenting emaknya bahagia, kalau gak bisa berantakan semua :D
    TFS tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mba. Happy mommy happy family ya. Penting bgt untuk menjadi ibu yg bahagia..

      Delete
  12. Setuju pake banget sama pesan mamanya

    ReplyDelete
  13. Tips dan pesan mama kereen teeh
    Yang paling PR bagi aku adalah beribadah bareng teh hehe
    Kalau hal diatas emang bisa konsisten dilakukan bahagia pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi teh.. Aku juga nih jamaahannya masih acakadul.. :(

      Delete
  14. boleh juga nih mbk pesan mamanya, praktekin ah, tengkiu yak

    ReplyDelete
  15. hmmm apa ya tradisi unik di rumah saya... bikin ah...

    ReplyDelete
  16. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan di rumah ya mak, bahagia :)

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...