May 09, 2016

Berkunjung ke NuArt Sculpture Park

Bandung rasa Bali. Kalimat yang paling pas untuk menggambarkan NuArt Sulpture Park.


Sore itu, ada satu fakta menarik yang baru saya tau: patung-patung super megah di Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang ada di Bali ternyata dibuat di Bandung. Iyaa.. Di sini, di Bandung. Tepatnya di NuArt Sculpture Park.


Adakah yang baru tau juga? Ada dong, biar saya ada temennya. Heheh :)

NuArt Sculpute Park ini dibangun secara mandiri oleh Pak Nyoman Nuarta. Mandiri di sini berarti dengan kocek sendiri alias tidak dibiayai oleh pemerintah. Mengingat luas NuArt yang mencapai angka 3 hektar ini, nggak heran kalau semua orang langsung kepikiran, "Waaa keren banget ya Pak Nuarta ini.". Sebagai pembayar pajak terbesar ke-10 di Jawa Barat ini, Pak Nuarta dengan bangga menyebutkan bahwa semua ini ia dapatkan dengan pekerjaannya sebagai pematung. Luar biasa.

Selain patung yang ada di GWK sana, banyak sekali karya-karya Pak Nuarta yang bisa kita nikmati di sini. Ruang pajangnya pun nggak main-main. Selain memajang hasil karya seni di galeri, Pak Nuarta juga memajang patung-patungnya di seantero NuArt ini. Yup, NuArt memang mengusung 3 unsur utama di dalamnya: Art, Culture dan Nature. Seni dan budaya menyatu dalam lahan yang sangat luas yang ditanami ribuan pohon. Seperti berpetualang ke Taman Hutan Raya Djuanda di Dago, namun dengan bonus beragam karya seni spektakuler di dalamnya. Superb! Oia, pengunjung dapat masuk dan menikmati semua karya seni di NuArt dengan gratis. Iyaa, gratis :)





Karya seni yang dipamerkan di NuArt Sculpture Park

Lalu, mengapa saya, sebagai orang Bandung, baru tau tentang NuArt? Ternyata, selain saya kudet, NuArt juga memang belum mempublikasikan keberadaannya pada khalayak umum. Biasanya, setiap ada event atau pertunjukkan, hanya orang-orang tertentu saja yang diundang oleh Pak Nuarta. Namun, undangannya saja ternyata bisa mencapai ribuan orang lho.

         Baca juga : Berkunjung ke Louvre: Museum Terbesar di Dunia

Lokasi dan Cara Menuju ke NuArt Sculpture Park

Menuju NuArt
Sumber: kaskus

NuArt berlokasi di Jalan Setraduta Raya L-6, Sarijadi, Bandung. Kalau teman-teman tau Setrasari Mall, nah NuArt ini lokasinya lumayan dekat dari sana. Sebaiknya menggunakan transportasi pribadi untuk menuju ke sini karena tidak ada angkutan umum yang lewat atau masuk sampai ke kompleks ini. Saya sendiri kemarin diantar sampai Surya Sumantri (dekat Maranatha) dan melanjutkan perjalanan menggunakan GoJek dengan ongkos Rp. 15.000 saja. Tenang, abang Gojek pasti tau lokasinya karena ternyata masyarakat sekitar sudah banyak yang tau dengan NuArt. 

Area parkirnya luaaas..

Ada Apa Aja di NuArt Sculpture Park?

Di sini fasilitasnya luengkaaappp! Guide-nya bilang, kalau mau mengeksplorasi galerinya saja, pengunjung biasanya menghabiskan waktu selama 3 jam. Lalu, apa aja yang ada di NuArt?

1. Museum

Museum di malam hari

2. Gallery
3. Park
4. Audio-visual Room

Ruang audio visual

5. Craft Boutique
6. Coffee Shop

Makanannya enaaak!

Lengkap kan? Oia, ada program khusus untuk anak dan dewasa yang mau mencoba membuat karya seni. Untuk lebih jelasnya, sebelum berkunjung teman-teman bisa menghubungi NuArt terlebih dahulu di 022-2017812. Kemarin, saya dan teman-teman membuat duplikat ikan paus karya Pak Nuarta dengan material tanah liat. Ini keseruannya...

Saya dan paus buatan saya haha

Paus buatan Mas Salman yang jadi pemenang

Bapak pengrajin tanah liat dan Mas Adi Ndut

Teruntuk Penikmat Seni dan Seniman Muda

Sang maestro, Pak Nyoman Nuarta

NuArt Sculpture Park ini memang dibangun oleh Pak Nuarta untuk mewadahi para penikmat seni untuk dapat berdiskusi untuk menciptakan pemahaman baru mengenai keanekaragaman berbudaya. Selain itu, Pak Nuarta juga memberikan ruang bagi seniman muda untuk berkarya. Di lantai 2 galeri, kita bisa melihat karya-karya seni seniman muda yang nggak kalah kerennya dengan milik Pak Nuarta. Ini favorit saya, hehe...

Karya seniman muda

Makasih yaa GoVakansi, ZenRooms, Foody.id dan teman blogger Mbak Noe yang sudah ngajakin ke sini :) Rencananya, kapan-kapan saya akan mengajak Ahza jalan-jalan ke NuArt. Pasti akan seru melihat Ahza berlarian di taman dan menemani saya menikmati karya seni Pak Nuarta yang indah dan mengagumkan.

Yuk, jalan-jalan!

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

5 comments :

  1. Aku liat postnya di instagram, kirain mbak desy lg di luar negeri lho,, ternyata di Bandung.. keren euy karyanya.. makin pengen ke Bandung, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaha iya mbak, di bandung mbak.. keren banget emang.. saya juga baru tau tempat ini..
      ayo ke bandung.. kalau ke bandung kabar2i ya mbak mer :D:D

      Delete
  2. Aku seneng bgt bisa ke Nuart ini, klo tanpa GoVakansi kayaknya ke Bandung cuma diisi agenda kulineran aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha bener banget mbak.. ke nuart lagi yuuuk :)

      Delete
  3. huwahhh patung-patungnya bagus itu mbak..
    kerenn hheee

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...