May 25, 2016

Delapan Jam Seru di Road Blog Bandung


Assalamualaikum..
Halohola..

Selama ini, saya mengenal teman-teman blogger hanya dari sosial media mereka: facebook, instagram atau twitter. Eh, ada juga sih yang sering ketemu, kayak teh Yasinta, teh Nchie, teh Efi atau teh Tian. Ada juga yang pernah ketemu sekali, tapi kebanyakan belum pernah ketemu dan hanya berteman via sosmed.

Nah, hari Minggu tanggal 14 Mei 2016 yang lalu, saya berkesempatan hadir di acara Road Blog Bandung yang rupanya adalah 'hajatannya' blogger yang disponsori oleh beberapa pihak, seperti Excite Indonesia, Lembaga Sensor Film, Traveloka, Pegadaian, Bank Sinar Mas dan Genflix. Di Bandung sendiri, acara ini terlaksana karena kerja sama super team dari Blogger Bandung. Nuhun akang teteh :)


Di Road Blog Bandung ini, selain bisa kopdar dengan para blogger, saya juga mendapatkan banyak ilmu baru. Nggak tanggung-tanggung, acara ini berlangsung dari jam 9 pagi sampai menjelang Maghrib. Mantap. Eh, tapi nggak ngebosenin kok, karena acara dibawakan oleh MC kondang, Kang Raja, yang seru dan acara juga diselingi oleh penampilan kece dari Duo Mulyana dan sulap dari Mas Aldy. Oia, jangan lupa, ada coffee break dan lunch yang nyummy.. Hehe.. Itu yang penting :D Apalagi acara ini mengambil tempat di salah satu meeting room Hotel Best Western Premiere yang nyamaaan banget.. Asik lah..

Lalu, ada apa aja sih di Road Blog Bandung?

Banyaakkss..

Acaranya sendiri dibagi menjadi 3 sesi. Dua sesi pertama diisi oleh para pendukung acara Road Blog ini dan sesi terakhir diisi oleh dua narasumber yang kompeten di bidang perbloggingan.


Sesi pertama diisi oleh perwakilan dari Lembaga Sensor Film, Traveloka dan Pegadaian. Oia, moderator di acara ini adalah Mbak Al yang selalu menyapa para blogger di Grup Blogger Perempuan. Kece banget kan? :)


Dari LSF, ada Bapak Dodi yang menjadi narasumber.  Presentasi dari Pak Dodi ini benar-benar membuka cakrawala berpikir saya tentang perfilman Indonesia dan sensor menyensor. Pak Dodi membawakan materi dengan lengkap kap kap. Mulai dari pengertian film sampai kegalauan yang sering dialami oleh LSF.

Pada beberapa film, LSF mengalami kegalauan antara aturan undang-undang dan fungsi film itu sendiri. Misalnya, pada film Jenderal Soedirman, sepanjang film dikisahkan bahwa Jenderal Soedirman tidak berhenti merokok, baik ketika sedang bergerilya maupun saat ditandu. Nah, kalau adegan merokok tersebut disensor, bisa-bisa film tersebut hanya berdurasi 5 menit. Hmm..

Ada beberapa kasus yang Pak Dodi ceritakan tentang sensor menyensor ini, namun pada intinya, diperlukan sensor mandiri dan kepedulian orang tua untuk melindungi anak dan keluarga dari pengaruh buruk film. Perlu diperhatikan juga klasifikasi umur penonton sebelum menonton. Yaa intinya, bijak-bijaklah saat menonton film dan mengambil apa yang baik dari film tersebut.


Narasumber kedua adalah Mas Barry dari Traveloka. Mas Barry mempresentasikan perjalanan Traveloka di Indonesia dan keunggulan-keunggulannya. Ternyata, hanya cukup 5 menit untuk bisa membooking dan issued tiket pesawat dari Traveloka. Cepet bangeet.. Selain itu, keunggulan lainnya adalah lebih banyak diskon dan promo serta nggak usah print tiket lagi. Cucok ya, buat emak rempong, hehe.. Pokoknya, Travelling With No Worries dengan Traveloka.


Selanjutnya ada Bapak Nurhasan dari Pegadaian. Nah, ini nih yang seru. Dari presentasi ini, saya jadi tau kalau ternyata Pegadaian itu nggak melulu tentang gadai menggadai lho. Pada programnya yang terbaru, Pegadaian memungkinkan kita bisa membeli emas batangan dengan cara cash atau arisan alias cicilan. Seperti yang kita tau, kalau investasi logam mulia ini oke banget dan sudah dicontohkan dari zaman Nabi dulu. Cus yuk ke Pegadaian terdekat.. :)

Sesi pertama ditutup dengan sesi tanya jawab dan akhirnyaaa.. markilunch.. Mari kita lunch. Hehehe.. Setelah shalat dzuhur di mushala Best Western yang nyaman, kami pun makan siang di resto. Hari ini saya sebangku (berasa jaman SD) dengan Mbak Lendy dan Teh Dian. Mbak Lendy saya kenal dari program One Day One Post (ODOP) dan ternyata fasilitator Institut Ibu Profesional Bandung juga lho. Wow, keren.. Dan Teh Dian ini baru saya kenal saat acara, beliau adalah ibu dari teman anaknya Mbak Lendy. Seru ya, nambah banyak teman deh pokoknya hari itu.


Selesai lunch jadi ngantuk? Itu saya banget. Hehe.. Untung ngantuknya nggak lama-lama karena ada musikalisasi puisi yang membawa semangat 45 dari Duo Mulyana dan sulap dari Mas Aldy Terren. Hehehe..



So, yuk lanjut ke sesi kedua.


Di sesi kedua, ada narasumber yang nggak kalah yahud dari sesi pertama. Ada narsum dari Bank Sinarmas dan Genflix. Bapak dari Sinarmas mempresentasikan tentang produk unggulan dari Sinarmas. Apalagi kalau bukan Tabungan Online. Yup, di zaman serba online gini, rupanya Sinarmas nggak mau ketinggalan zaman dengan menghadirkan tabungan online. Namanya aja online, registrasinya bisa di mana aja asal ada akses internet dan nggak usah antri-antri ke bank. Mantap!


Narasumber terakhir di sesi kedua ini dibawakan oleh mbak-mbak Genflix. Genflix? Apa tuh? Buat yang suka nonton, Genflix ini memungkinkan kita bisa menonton film di manapun kapanpun bermodal smartphone dan internet. Nggak cuma film, laga sepak bola internasional yang live juga bisa disaksikan di sini. Asik banget. Langsung aja saya instal aplikasinya di HP dan masukin kode promonya. Gratis 30 hari nonton, hasekk...


Hypnosis Writing dan SEO


Nah, ini dia sesi yang ditunggu-tunggu. Ada sharing dari blogger yang udah mastah di bidangnya. Ada Bang Aswi dan Kang Argun yang akan membawakan materi Hypnosis Writing dan SEO.


Giliran pertama adalah Bang Aswi yang mempresentasikan tentang Hypnosis Writing. Gimana sih cara agar tulisan kita bisa menghipnotis pembaca? Nah, pada sesi ini, Bang Aswi, yang sebelum menjadi blogger ternyata adalah penulis cerita dan artikel di media massa ini, memaparkan 6 tips ngeblog ala Yui. Yui adalah seorang gadis manis yang merupakan musisi dari Jepang. Ini penampakan Yui.


Lalu, apa aja tips ngeblog ala Yui?
1. Banyak membaca.
2. Pakai template yang ringan.
3. Be yourself. Buatlah tema yang sederhana karena sesungguhnya tulisan keren itu nggak usah ngejelimet, tapi tulisan yang sampai ke hati pembaca.
4. Jangan lupa mencatat. Live tweet bisa jadi catatan ya g oke lho. Selain jadi produktif ngetweet, tweet yang dihasilkan juga bisa jadi panduan saat menulis di blog.
5. Renungkan dan evaluasi hasilnya.
6. Narsis. Cara narsis blogger adalah dengan mempublish tulisan ke sosmed atau media lain supaya orang-orang ngeh dan berkunjung ke blog kita.

Untuk baca tips ngeblog ala Yui selengkapnya, bisa dilihat di artikel aslinya di sini yaa :)


Setelah Bang Aswi menyuntik peserta dengan tips ngeblog asik, materi selanjutnya adalah tentang SEO yang suka bikin cenat cenut macam lagu Smash. Haghag.. Adalah Kang Argun yang lebih terkenal dengan julukan Dewa SEO. Ish, dewanya SEO lho inii... Hihi..

Kang Argun menjelaskan definisi SEO menurut pendapat pribadinya yaitu sebuah teknik agar terluhat menarik di mata Google. Targetnya adalah DITEMUKAN dan DIKUNJUNGI.

Yang dimaksud TERLIHAT adalah tampil di halaman 1 (top ten) Google dengan kata kunci tertarget. Sedangkan MENARIK adalah membuat judul dan deskripsi yang mengundang orang untuk berkunjung.

Ada beberapa tips SEO dari Kang Argun, cekidot:
1. Buat judul dan deskripsi blogpost yang menarik.
2. Lakukan riset market kemudian buatlah web yang SEO friendly.
3. Perbanyak backlink berkualitas.
4. Rajin blogwalking.
5. Sering-sering share postingan ke sosmed supaya social signalnya oke.
6. SEO-kan juga foto di blogpost kita. Bisa dengan memberi nama yang sesuai dengan keyword.

Eh, ada juga tips SEO yang simple dari Bang Aswi lho:
1. Rutin menulis di blog.
2. Rajin blogwalking dan taruh link.
3. Buat judul yang menarik.

Untuk yang masih penasaran dengan materi SEO dari Kang Argun bisa langsung cus ke sini yaa..

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang berlangsung sangat panas. Panas karena pertanyaan-pertanyaan berbobot dari peserta. Mulai dari mengatasi moody saat ngeblog, cara menang lomba blog sampai ada yang masih penasaran dengan SEO ini. Hihi..

Ternyata benar kata orang bijak, semua yang ada di dunia ini relatif. Kalau kagi bosen bin galau, 8 jam itu pasti lama banget kan? Nah buat kita para peserta Road Blog Bandung, 8 jam itu nggak kerasa lho. Aseli. Haha.. Tiba-tiba waktu sudah menjelang Maghrib dan acara pun ditutup dengan foto bersama.


Terima kasih banyak untuk Excite Indo dan Blogger Bandung untuk acara kecenya ini. Semoga ke depannya semakin banyak acara berkualitas kayak gini di Bandung yaa.. aamiin aamiin..

Nah, kalau teman-teman pada ikutan acara Road Blog di kotanya juga nggak? :)

24 comments :

  1. Benar acaranya banyak bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyaak banget mba dan bergizi. Eaa.. Hehehe

      Delete
  2. Langsung bookmark, banyak bgt tipsnya nih, makasihhh yaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah berkunjung ya mbaaa :*:*

      Delete
  3. Wahh iri bngt mbakk, aku pengen bngt belajar hihihi tapi memang benar banyak nulis makin terasah kemampuan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, yang penting rutin menulis yaa.. :)

      Delete
  4. Acaranya ramai banget, dan makasih udah share2 tips menariknya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbaaa.. Yuk dipraktekin yuuukk..

      Delete
    2. Sama2 mbaaa.. Yuk dipraktekin yuuukk..

      Delete
  5. Replies
    1. Ask banget Mba.. di sana ada road blog juga mba?

      Delete
  6. Banyak banget ilmunyaaa, sayang kemarin yang di Jakarta ngga bisa ikutan, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah sayang banget mba lisna.. Seru dan bertabur lomba hehehe

      Delete
  7. Seneng bangeeeet ya teh, semoga ada lagi yaaah trus aku mau sebangkuuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk kita sebangku. Nanti kita jangan lupa selfie ya.. Teteep haha

      Delete
  8. Replies
    1. Iya teh.. Mudah2an ada acara keten gini lagi yah hehehe

      Delete
  9. Wah pengen hadir, cuma aku telat tahu mbak. Thanks sharingnya ya. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  10. mantep bgt ya acaranya, padeeettt :D

    ReplyDelete
  11. oh ya banyak ilmu yang bisa diserap dan banyak bertemu dengan teman, asyiknya

    ReplyDelete
  12. Emang dengan ikut meet up para blogger seperti yg mbak ceritakan dapat menambah pengalaman, teman serta ilmu. Hmm so far saya belum pernah ikut acara yg demikian. :')

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...