March 28, 2016

MyJNE, Solusi Tepat Jualan dan Belanja Online

Assalamualaikum..
Halohola..

Sebagai mamah-mamah tukang jualan online, ada satu support system yang nggak pernah lepas dari keseharian saya dan para pedagang online lainnya. Ada yang tau apakah itu? Yup, perusahaan jasa logistik. Tanpa mereka, dagangan kita nggak akan sampai ke pelanggan tersayang. Tanpa mereka pula, pasti bakal susah ya ngebayangin harus repot-repot mikirin gimana caranya biar barang pesanan pelanggan bisa sampai tepat tujuan dan tepat waktu.

Karena kemudahan inilah, banyak yang bilang jualan online itu enak. Tinggal duduk, main hape, dapet uang deh. Hiks.. Tapi kenyataannya nggak semudah itu. Ada macam-macam karakter konsumen yang harus dihadapi setiap harinya. Dan nggak jarang juga ketemu sama konsumen yang.. ehm, gitu deh.. Hehe.. Makanya, nggak salah kalau Mbak Cinta bilang kayak gini sama Rangga..

Rangga, ayo install myJNE biar bisa cek ongkir sendiri yes..



Hehehe.. Oke, ternyata Cinta buka online shop itu cuma meme aja. Meme ini beredar di grup emak-emak tukang jualan online dan berhasil membuat saya ngikik malem-malem. Mungkin yang ngerti kenapa meme ini lucu hanya yang pernah ngalamin aja ya alias teman-teman online shop. Sebagai konsumen mungkin kita nggak sadar kalau yang kita lakukan itu bikin stres si penjual. Hihi..

Sejak belajar jualan online selama 2 tahun belakangan ini, saya juga pernah beberapa kali punya pengalaman kayak Mbak Cinta. Nanya ongkir, minta dibales cepet, abis dibales, wuzzz, hilang tanpa jejak. Hiks.. Atau ada yang baru transfer kemarin, dua hari kemudian udah sibuk pang ping pang ping, "Pesenan saya kok nggak sampe-sampe sisssss?". Huhu.. Padahal saya udah jelasin sejak awal pemesanan, kalau barang akan dikirim maksimal 2 hari setelah transfer karena seringkali barang harus dibuat dulu, nggak selalu ready. Tapi tetep aja dikomplain. Hiks.. Ah, pokoknya 1001 keluhan konsumen alhamdulillah udah pernah ngerasain. Tapi tetep dibawa asyik aja, biar nggak stres. Hihiihi..

Pernah mengalami hal ini? Hihihi..

Nah, nah, tapiii.. Untung teman-teman penjual online, terutama untuk yang punya masalah kayak Mbak Cinta di atas, sekarang udah ada solusi dari JNE lho. Mau tau? Baca terus sampe selesai yah yah..

MyJNE, Inovasi JNE untuk Para Onlineshop-ers

Siapa yang belum pernah menggunakan jasa JNE? Adalah JNE, perusahaan jasa dan logistik nasional yang sudah 25 tahun melayani masyarakat Indonesia, waw seumuran saya yah.. *sok sok muda

Ternyata, 70 persen pengiriman barang yang dilakukan JNE berasal dari transaksi online shop? Iyaa.. Termasuk saya dan kamu. Horeee! Maka, untuk mendukung para pelaku online shop yang juga merupakan penggiat Usaha Kecil Menengah, pada akhir Februari 2016 yang lalu, JNE meluncurkan 7 program unggulan terbaru JNE untuk para konsumennya dan salah satunya adalah aplikasi MyJNE.

Pak Presdir JNE saat peluncuran 7 program unggulan JNE tahun 2016
Sumber : Okezone.com
Jadi, apa sih keistimewaan MyJNE ini? Apa bedanya dengan website JNE?

Jelas beda.. Dengan MyJNE, kita hanya harus melakukan satu kali download aplikasi di playstore dan untuk selanjutnya bisa langsung klak klik menu di MyJNE sekomplit di website. Di zaman serba instan ini, kadang males kan kalau harus buka PC hanya untuk cek resi atau ongkir? Nah, dengan MyJNE ini, kita bisa cek ongkir, cek resi, cek paket dan lain-lain hanya dengan ngandelin jempol (dan kuota data tentunya yah ehehe).

Duluuu, waktu awal-awal jualan dan belum mengenal medan perang (jualan apa perang sih?), buka website JNE itu udah ngalahin frekuensi minum obat. Seriiiing banget. Cek ongkir, buka web. Cek nomor resi, buka web. Dikit-dikit buka web. Hehehe.. Teruus, setelah tau JNE ada aplikasi cek ongkir dari JNE, akhirnya saya install aplikasinya. Tapi, masih tetep sering cek web juga untuk tau progress paket. Apalagi kalau ketemu konsumen ibu-ibu yang *maaf* agak ceriwis, bisa lebih sering lagi cek-cek JNE. Hihihi..

Nah, pas tau JNE meluncurkan aplikasi MyJNE ini, langsung cuss install, registrasi dan .. magic.. semua pengiriman saya ada semua di aplikasi ini. Asli, beneran tinggal klak klik aja, nggak usah repot-repot cek nomor resi, sepertinya sistem MyJNE ini sudah bisa merecord by nomor telepon kita deh. Pokoknya keren.


Jadi makin penasaran sama aplikasi ini? Yuk saya ajak kenalan lebih dekat dengan MyJNE. Siapa tau jodoh #eh

Berkenalan Lebih Dekat dengan Aplikasi MyJNE

Sudah siap berkenalakn dengan aplikasi MyJNE? Oke, let's go!



Pertama-tama, buka playstore di smartphone Android kamu dan ketik 'MyJNE' di bagian pencarian. Kemudian, langsung install aplikasi yang ber-icon abang-abang JNE nan ganteng ini. Sudah? Oke, lanjuutt..



Selanjutnya, jika sudah punya akun JNE, bisa langsung Sign In. Berhubung saya belum punya akun, jadi saya Sign Up dengan mengisi isian yang disediakan. Nggak panjang-panjang kok isiannya. Hanya seperti ini aja dan tadaa.. akun saya langsung jadi dan aktif, yeay!



Kalau sudah Sign In, yuk kita mulai mengeksplorasi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan aplikasi kece ini yuk!

My Tariff


Sebagai owner sekaligus admin toko online, adalah sebuah kewajiban saya untuk bisa menjawab pertanyaan seputar ongkos kirim atau ongkir dengan cepat dan tepat. Nah, dengan adanya MyJNE ini, saya pikir konsumen juga bisa dengan mudah lho ngecek ongkir sebelum memesan barang. Tinggal klak klik, ketauan deh ongkirnya. Contohnya, karena di instagram, fanpage atau blog saya sudah dicantumkan bahwa pengiriman barang dilakukan dari Bandung, maka kita bisa langsung ngecek berapa sih ongkir yang dibutuhkan untuk mengirim barang dari Bandung ke kota tujuan. Misalnya, dari Bandung ke Lhokseumawe ya..



Nah, dari sini kita bisa tau, bahwa dari Bandung ke Lhokseumawe ada dua jenis layanan antarpaket yang bisa dipilih, yaitu OKE dan REG. Untuk OKE yang estimasi waktunya 3-6 hari, ongkirnya adalah Rp. 43.000 dan untuk REG dengan estimasi 2-3 hari, ongkirnya Rp. 50.000. Nah, kalau udah gini, tinggal pilih deh, mau pakai OKE atau REG. Aku sih apa aja iyes, asalkan pelanggan senang, saya juga senang.. :D

Lanjut ke kemudahan selanjutnya yaaa..

My Shipment


Nah, ini nih yang tadi bikin saya kaget. Begitu selesai sign up, saya iseng-iseng klik menu ‘MY SHIPMENT’ dan tadaaa.. Berjejer rapi list pengiriman paket-paket saya ke ibu-ibu langganan. Wah, jadi gampang banget ini mah kalau ngecek-ngecek paket ya J



Lebih cucoknya lagi, setelah tau ada MyJNE, saya langsung merubah ketentuan order saya jadi seperti ini, hehehe :



Jadi lebih praktis dan menghindari drama, “Kok paketnya belum sampai sissss????”. Hihihi.. Iya, dengan adanya aplikasi ini, konsumen dan online shop bisa rajin-rajin memantau barangnya dengan mudah. Tinggal klak klik MyJNE, ketauan deh lokasi barangnya sudah sampai mana.



Selain menu ‘MY SHIPMENT’, kita juga bisa memilih alternatif pengecekan lain dengan menu ‘Search Air Waybill’. Tinggal memasukkan nomor resi atau memindai barcode di resi pengiriman dan voila! kita bisa melacak di manakah barang kita berada. Mudah, bukan?

Eh, tenang, masih ada kemudahan-kemudahan lainnya lho. Lanjuuuut J

My Location


Sejak pertama kali jualan sampai hari ini, saya tetap setia menggunakan JNE. Alasannya? Pertama, kebanyakan konsumen memilih JNE untuk mengantarkan barang pesanannya. Kedua, saya pun lebih memercayakan pengiriman barang ke JNE dibandingkan dengan perusahaan sejenis. Ketiga, selama ini belum pernah punya pengalaman nggak mengenakkan dengan JNE, so far so good. Keempat dan paling penting, ada agen JNE di dekat rumah. Saking seringnya ke sana, om dan tante di JNE udah pada hafal sama Ahza. Dari Ahza belum bisa ngapa-ngapain sampe sekarang udah ceriwis banget hihi..




Oke, jadi, gimana kalau kita lagi nggak di rumah tapi tetep harus kirim paket dan nggak tau agen JNE terdekat? Jangan khawatir, di MyJNE ada menu ‘JNE Nearby’ untuk melacak agen JNE terdekat dengan kita. Coba, coba, penasaran :p

My COD



Nah, ini nih fitur terinovatif di MyJNE. My COD (Cash on Digital) ini adalah sejenis rekening bersama yang bisa digunakan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran tiap transaksi langsung melalui MyJNE. Fitur ini juga dilengkapi dengan My COD Wallet yang berfungsi untuk menyimpan uang yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Ih, kece yahh.. Tapi sayangnya saya belum sempat mengeksplor menu inovatif ini.. Nanti pasti akan saya coba :)

Selain berbagai kemudahan yang ditawarkan MyJNE tersebut, tampilan aplikasi ini juga ramah di mata. Simple and clean kalau menurut saya. Nggak banyak gangguan dan didominasi dengan warna yang ‘JNE banget’, merah, putih dan icon abang-abang JNE nan ganteng hehehehe..

Apa Kata Mereka tentang MyJNE?

Kebetulan, saya tergabung di komunitas emak-emak penjual online yang jualan di instagram (tapi bukan yang suka nge-spam di akun artis itu ya hehehe). Nah, karena penasaran tentang gimana sih tanggapan mereka dengan adanya aplikasi MyJNE ini, akhirnya saya mengadakan survey kecil-kecilan tentang MyJNE ke beberapa owner online shop yang sudah menggunakan aplikasi ini. Lalu apa kata mereka?

“Lebih mudah digunakan untuk cek status pengiriman dan cek ongkir dibandingkan dengan membuka webnya” - Mbak Azizah, owner @lemaribintang 



“MyJNE ini lebih enak dibandingkan aplikasi sebelumnya.. Kita juga bisa tau paket-paket yang sudah dikirim atas nama kita atau nomor telepon kita.. Terus paket-paket yang sudah kita terima juga ada track recordnya..” - Mak Yana, owner @maryanaqunut



“Lebih cepat, menunya nggak terlalu monoton seperti aplikasi sebelumnya. Pesannya, semoga nggak sering eror dan kalau bisa ada daftar alamat dan nomor telepon JNE seluruh Indonesia supaya lebih enak.” - Mbak Novia, owner @tokonodi




Wah, ternyata teman-teman yang lain juga sama seperti saya, merasa lebih terbantu dan lebih nyaman dengan aplikasi MyJNE ini. Jadi, tunggu apalagi, install juga dong yuk.. Hihihi..

MyJNE, Solusi Tepat Jualan dan Belanja Online


Klik gambar ini untuk install myJNE di smartphone-mu

Nah, setelah mengeksplorasi berbagai kemudahan yang ditawarkan MyJNE dan testimoni dari user, udah tau kan kenapa saya bilang MyJNE adalah solusi tepat jualan dan belanja online? 

Yup, untuk para penjual online, MyJNE memudahkan pengguna untuk cek ongkir dan cek status pengiriman yang mana menjadi layanan utama untuk memuaskan pelanggan. Nah untuk konsumen, MyJNE ini penting banget untuk dimiliki supaya kita bisa cek ongkir sebelum memesan barang dan memantau keberadaan barang kita. 

Mudah dan cepat. Menurut saya, dua kata itu yang mewakiliki MyJNE. Semoga JNE bisa selalu menjadi partner yang selalu mendukung UKM dan para konsumen toko online ya.. Semoga JNE tidak bosan untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan untuk para penggunanya. Terima kasih JNE.

Ini cerita aku dan MyJNE, mana ceritamu?
Share di kolom komentar ya :D

13 comments :

  1. Yang Nulisnya gak kalah keren ama MyJNE

    ReplyDelete
  2. Baru tau kalo ibu jerapah punya online shop. Sukses terus ya bu. :)

    Aku jg selalu pake JNE utk kirim novelku ke para pembeli, Mba. JNE emang ok pake banget.

    ReplyDelete
  3. @mbak milda : waaak aku maluuuu... XD

    @mbak al : hihi iya mbak. suka jualan tapi ya gitu deh.. :p
    mantep nih mbak al produktif banget. ngeblog iya, nulis buku juga iyaa :D
    iya mba, selama ini memang JNE tumpuan harapanku heuheu

    ReplyDelete
  4. Jne selalu jadi pilihan no satu...

    ReplyDelete
  5. keren, komplit yah :) aplikasi MYJNE memang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Ulasannya udah kayak dapur dengan bumbu komplit, Mbak.. Hehehe..

    ReplyDelete
  7. lol.. Tenang mak,Rangga sudah aku bisikin install myJNE. Gak bakal jahat2 lagi dia ama Cinta

    ReplyDelete
  8. @mbak witri : sepakat mbak. aku pun kalau kirim barang selalu ke jne. paling deket rumah juga hihihi..

    @mbak rodame : komplit banget mbak :)

    @mbak elisa : jiaaahh. aku maluuu :v bisa ajaa mbak elisa mahh...

    @mba vita : eaaa tetep yahh.. nggak di fesbuk nggak di sini.. wkwk.. siaaapp.. salamin dari akuh buat kakang rangga ya mbak... :D

    ReplyDelete
  9. Yeay... review myjnenya diulas ��
    Mudah2an pelayanan jnenya juga tambah memuaskan pelanggan ya budes, ga cuma aplikasinya aja yg oke.
    Bener kata budes.. buat yg suka belanja onlen disarankan banget tuh punya myjne biar bisa tracking paketannya..
    Sukses ya budes, maaf baru sempet komen ✌

    ReplyDelete
  10. Wah ... ulasan / paparannya keren ... apalagi bagian "Apa Kata Mereka tentang MyJNE?" ... thumbs up.

    ReplyDelete
  11. hoooo ternyata oh ternyata... sempet kelimpungan gegara d web skrg jelimet banget pake tebak2 gambar.. trus aplikasi yg lama dcek2 ga berhasil2, taunya ada aplikasi baru ini tooooh.. makasi infonya teh dessy.. *ngacir nyari wifi wkwk..

    ReplyDelete
  12. @mak yan: Wuaa dibaca euy.. Jadi maluu..

    @mbak/mas yan: Hehehe.. Maklum temennya mak2 onlineshop semuaa hehe

    @teh shona: Iya teh hayu install myjne :)

    ReplyDelete
  13. Halo,

    Makasih yaa udah ikutan giveaway ini. Semoga beruntung! Aheu :D

    Salam,
    @pungkyprayitno

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...