March 10, 2016

Review Buku Anak : Suara Apa Itu? (Rabbit Hole, 2016)



Assalamu'alaikum..
Hola Halo.. 
Saya adalah seorang kutu buku dan punya impian untuk ngeracunin Ahza supaya suka baca buku juga. Alhasil, saya hobi banget jajan buku untuk Ahza. Paling sukaaa kalau di Gramedia lagi ada book fair. Biasanya buku anak yang lucu-lucu dan bahannya oke didiskon jadi murah banget. Under Rp. 50.000 kita udah bisa mendapatkan beberapa buku dengan kualitas oke, tinggal pinter pilih-pilihnya aja.

Dan okenya lagi, sekarang ada pembuat buku anak asli Indonesia yang memproduksi buku-buku anak berkualitas oke, baik dari isinya dan juga bahannya. Kenapa bahan buku itu penting? Penting dong, kan biar nggak gampang robek dan awet. Hehehe.. Salah satu pembuat buku anak yang jadi favorit saya adalah Rabbit Hole. Bukunya lucu-lucu dan kreatif. Salah satu buku baru dari Rabbit Hole yang baru aja terbit akhir Januari 2016 kemarin adalah buku Suara Apa Itu?

Yuk simak reviewnya ala Ibu Jerapah :D


Suara Apa Itu, Rabbit Hole, cover
Cover depan

Suara Apa Itu, Rabbit Hole, cover dalam
Cover dalam

Buku ini ditulis oleh seorang psikolog anak sekaligus pemilik Rabbit Hole, Devi Raissa. Mbak Devi dibantu dengan sang ilustrator Guntur G. berhasil membuat buku anak khas Indonesia. Dibilang khas Indonesia karena buku ini menampilkan lokasi di pusat Kota Jakarta dan mengenalkan alat-alat transportasi yang memang ada di Indonesia, khususnya di Jakarta.

Cerita diawali saat Ayah mengajak semua anggota keluarga untuk lari pagi di Senayan. Di sepanjang perjalanan ke Senayan, mereka mendengarkan suara-suara yang ternyata berasal dari aneka jenis alat transportasi yang ada di sekitar mereka.

Seperti pada gambar di bawah ini. Mereka mendengar suara "Wuuuuzzz..". Dan setelah halaman dibuka, ternyata asal dari suara tersebut adalah pesawat terbang. Ya, tujuan dari buku ini memang memperkenalkan anak-anak dengan suara-suara yang dihasilkan alat transportasi yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari.

Suara Apa Itu, Rabbit Hole, hal2
Ada suara "Wuuzzz" di udara. Suara apa itu?

Suara Apa Itu, Rabbit Hole, hal3
Setelah halaman dibalik, ternyata itu adalah suara PESAWAT :)

Menurut saya, buku ini bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan untuk mengenalkan anak tentang suara alat transportasi. Ditambah lagi Ahza memang sedang excited untuk nunjuk-nunjuk aneka kendaraan kalau sedang di mobil. 

Hanya saja, ada sedikit keganjilan yang ada di buku ini, perihal rute yang diambil tokoh-tokoh dalam buku saat lari pagi. Kalau memang ke Senayan, kok bisa ke Stasiun Sudirman ya? Hehehe.. Tapi itu nggak mengganggu jalan cerita dan tujuan dari buku ini kok. Hehehe.. Saya aja iseng kepikiran :D

Adalah Rabbit Hole, sebuah perusahaan yang berkomitmen untuk membuat buku anak berkualitas. Tujuan dari Rabbit Hole ini adalah mengenalkan anak pada dunia membaca yang menyenangkan, serta berbagai sarana orang tua dan anak untuk mendekatkan hubungan. Setau saya, Rabbit Hole ini juga memiliki perpustakaan dan sering mengadakan seminar parenting di Jakarta.

Suara Apa Itu, Rabbit Hole, tentang Rabbit Hole
Sekilas tentang Rabbit Hole

Suara Apa Itu, Rabbit Hole, buku samping
Buku tampak samping

Suara Apa Itu, Rabbit Hole, tebal halaman
Buku tampak bawah

Buku-buku Rabbit Hole ini bisa didapatkan di instagram Rabbit Hole atau ada juga twitter dan facebooknya. Yuk ah belanja buku lagi. Hihihi..

Salam sayang selalu,
-Si Ibu Jerapah-

1 comment :

  1. Bukunya bagus Mbak, nanti kukepoin deh IGnya trims ya infonya :)

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...