March 31, 2016

Coba 5 Cara Ini agar Tulisanmu Mendapatkan Banyak Pembaca



Postingan ini spesial *karetnya dua lho*. Mengapa spesial? Karena saya nggak pernah membahas masalah blogging di blog ini. Eh, pernah siih.. Duluuu dan cuma sekali. Hihi.. Terus kenapa sekarang nulis tentang blogging? Ya nggak apa-apa, pengen aja. Hihihi.. *pembukaan yang nggak penting*


Jadi, apa tujuan teman-teman ngeblog? Ajang tjurhat? Ngeluarin uneg-uneg yang nggak bisa dikeluarin secara verbal? Ngelomba? Ngeksis? Boleh.. Boleh.. Yuuuk.. Kalau saya, salah satu tujuan saya ngeblog adalah untuk memberikan sesuatu yang baru kepada pengunjung blog setelah membaca tulisan-tulisan di blog ini. At lesat, setelah berkunjung ke sini, teman-teman bisa bilang, "Oooh, gitu ya, baru tau saya" atau mungkin "Ih baru denger yang kayak gitu, penulisnya ngarang kali yah.." Hehehe.. Yah begitulah intinya.

Tapi, apapun tujuan teman-teman, pasti pengen dong dapet traffic blog yang bagus. Syukur-syukur bisa 1.000 kunjungan per hari (wow, saya masih seperberapanya yaahh..). Rumus saya sih kayak gini :
Traffic blog bagus = banyak yang baca tulisan kita = semakin bermanfaat blog kita *aamiin pake toa mesjid*

Mengutip kata-kata dari Bang Ahmad Fuadi, seorang penulis buku-buku best seller di Indonesia, yang penah memberikan kulwap pada komunitas #ODOPfor99days : "Apa yang ditulis dari hati akan sampai pula ke hati". Sepakat? Apa yang kita tulis sepenuh hati, entah itu pakai riset mendalam, bikin aneka ragam infografis, bikin vlog yang kece dan sebagainya, pasti akan mendapatkan apresiasi dari pembaca kita. Tapi, dalam dunia blogging, sepertinya percuma ya kalau kita membuat tulisan yang bagusnya kebangetan, tapi tanpa memberitahukan khalayak ramai kalau kita menulis tentang hal itu. Sayang banget ya, tulisannya nggak bisa bermanfaat untuk orang lain. Hiks..

Nah, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic ke blog kita. Salah satu yang saya yakin sudah dan selalu teman-teman lakukan adalah share ke media sosial. Toss dulu ya! :)

Kali ini, saya akan berbagi sedikiiiiiiiiiiiit sekali pengalaman saya dalam meningkatkan traffic ke blog ini. Walaupun belum bisa mendatangkan berpuluh ribu pengunjung, tapi senang rasanya jika ada yang membaca tulisan-tulisan kita (selain kita sendiri tentunya hehe). Oia, cara-cara ini diurutkan berdasarkan kontribusinya dalam mendatangkan pembaca ya..
Yuk disimak, semoga bermanfaat!

1. Memanfaatkan komunitas yang berkaitan dengan niche blog kita.

Apa niche blog teman-teman? Blog Ibu Jerapah ini sebenarnya gado-gado tapi nggak gado-gado banget. Tulisannya berkisar di dunia wanita, anak dan produktivitas perempuan. Dari ketiga tema besar tersebut, saya secara rutin menulis tentang dunia menyusui yang memang menjadi concern saya sejak memutuskan kembali ngeblog. Untuk itu, setiap hari Senin, saya berusaha untuk menulis sebuah artikel tentang menyusui (tapi bolong-bolong juga sih hehe).

Dari tema tersebut, kita bisa memanfaatkan komunitas yang ada di media sosial. Untuk saat ini, saya lebih senang menggunakan Facebook karena lebih terasa interaksinya. Komunitas menyusui di Facebook cukup banyak. Dari komunitas-komunitas tersebut kita bisa melihat komunitas mana yang membernya paling banyak dan yang terpenting : aktif. Dari situ saya memilih untuk lebih sering sharing tulisan saya ke grup Sharing ASI dan MPASI atau Komunitas Ibu Menyusui.

Karena judulnya SOSIAL media, jadi pergunakanlah untuk bersosialisasi. Jangan hanya titip link, "Buibu, titip artikel ya.." atau "Bunda, izin share ya". Hmm.. Saya pernah coba dan alhamdulillah dianggurin. Hehehe.. 
Sukses dianggurin, krik krik
Tipsnya adalah menciptakan pengantar yang memancing diskusi hangat. Keuntungannya apa? Pertama, kita jadi tau apa tanggapan orang-orang tentang topik tulisan kita. Kedua, bisa jadi ada komentar (kritik dan saran) tentang tulisan kita. Ketiga, dengan algoritma Facebook yang sedemikian rupa, semakin sering ada yang berkomentar, semakin tinggi pula postingan kita ada di laman grup tersebut. Kebayang dong, kalau membernya beribu-ribu dan semuanya suka curhat, pasti postingan kita bakal kelelap kalau nggak menarik. Jangan lupa juga untuk memberikan like dan membalas komen di postingan kita supaya makin ke-up lah postingannya. Wahaha.. Nggak deng, membalas komentar itu sebenarnya bentuk apresiasi untuk ibu-ibu yang sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan kita dan memberikan pendapatnya.
Setelah mempraktekkan cara pertama :D
Cara pertama ini sangat efektif untuk blog ini. Dalam beberapa kesempatan saya pernah mendapatkan share organik alias sukarela dari para pembaca dalam jumlah yang untuk saya banyak banget.. Sekitar 1.000 lebih.  Huhuhu.. Tapi itu dia, menulisnya harus dari hati, supaya sampai ke hati juga :)

Tips:
  • Buat judul yang eye catching untuk memancing minat membaca.
  • Tulislah pengantar yang memancing member komunitas untuk berdiskusi. Bisa dengan melontarkan pertanyaan atau meminta saran.
  • Cari tau issue apa yang sedang hangat dalam komunitas tersebut.
  • Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Selalu patuhi rules masing-masing komunitas, karena masing-masing komunitas pasti punya peraturan tersendiri. Jangan sampai komunitas yang sebenarnya potensial banget untuk dijadikan pengunjung tetap blog kita, eehh malah ngeblacklist kita. Hiks..

2Mengirimkan link tulisan ke social bookmark

Social bookmark adalah situs untuk mem-bookmark URL postingan di blog kita. Sebenarnya banyak sekali social bookmarking yang tersedia dan gratiiis. Fungsinya menyimpan URL kita adalah untuk meningkatkan traffic ke blog dan untuk menciptakan backlink yang pastinya penting untuk blog kita.
Menurut Mbak mastah Carolina Ratri dalam bukunya, ada beberapa social bookmark yang bisa dimanfaatkan untuk para blogger, seperti StumbleUpon dan delicious.com, tapi jujur saja, saya belum pernah mencoba keduanya. Udah sempet masuk sih, terus bingung, ini diapain ya.. (maaf saya gaptek huhu). Keuntungan dari kedua social bookmark tersebut adalah keduanya memiliki Pagerank yang tinggi (skor 8).

Buat yang gaptek bahasa Inggris kayak saya (hiks), ada juga kok social bookmark Indonesia. Aye aye. Ada Lintas.me (PR 4), bookmarkindonesia.com (PR 2). Keduanya sangat mudah untu digunakan dan tidak ada moderasi. Tapi, lagi-lagi, saya baru mengamati aja, belum mencoba.

Terus, apa dong yang udah dicobain? Lama-lama ditoyor nih yang nulis. Wahaha..

Selama ini saya masih ngandelin VivaLog (log.viva.co.id) untuk mem-bookmark postingan saya. Keuntungannya, caranya mudah banget dan hasilnya memuaskan. Artikel yang dimunculkan di sana biasanya akan menyumbang traffic yang bagus dan biasanya juga akan banyak dishare oleh banyak orang. Suka deh pokoknya. Masalahnya (duh, ada aja ya masalah), postingan yang masuk ke VivaLog ini dimoderasi terlebih dahulu. Dan moderasinya (kata saya mah) cukup ketat. Nggak semua postingan yang saya kirimkan ke sana bisa lolos dan dimunculkan di situs. Malah kayaknya banyakan yang ditolaknya daripada yang dilolosin. Heu..
Salah satu artikel yang tembus ke VivaLog dan muncul di halaman satu
[Update] Postingan ini juga berhasil tayang di VivaLog, hore :D

Tips :
  • Pastikan artikel yang kita buat belum pernah ditayangkan di VivaLog. Kalau sudah ada, peluangnya akan menjadi sangat kecil untuk diloloskan. Solusinya? Banyak jalan menuju Roma. Bookmark di tempat lain aja. Atau share di sosial media. Boleh juga lakukan poin 1-3 di atas. Hehehe..
  • Buat judul yang menarik untuk dibaca.
  • Buat artikel yang bisa dibaca oleh banyak orang. Kalau hanya orang-orang tertentu saja yang paham, hmm, kayaknya mending dishare seperti poin 1 di atas ya. Lebih nampol hasilnya :)
  • Persedikit curhatan nggak penting pada 100 kata pertama. Ini asumsi saya aja sih. Berdasarkan pengalaman, artikel saya yang pembukanya pakai curhat nggak pernah dilolosin soalnya. Haghaghag.
  • Buat artikel yang padat dan jelas. Panjang kayaknya boleh. Postingan saya yang ini puanjang bener tapi tetep lolos.
  • Fakta bukan hoax. Ini kan menyangkut kredibilitas Viva juga kaan. Masa ngelolosin artikel hoax. Hiks.

3. Memanfaatkan fanbase artis atau komunitas

Poin 3 ini saya alami secara nggak sengaja. Dan ternyata lumayan mendatangkan traffic yang bagus ke blog.

Beberapa waktu yang lalu, saya membuat tulisan tentang Ashanty. Saya membuat tulisan tersebut sebagai pengingat diri dan untuk berbagi hikmah dengan orang-orang. Di Twitter, link saya di-share oleh seseorang (kayaknya fans Ashanty atau sejenisnya) dan di-mention  ke Ashanty. Wkwk.. Mudah-mudahan orangnya nggak baca yah. Heu..

Nah, beberapa hari kemudian, akun instagram saya @ibujerapah di-tag oleh akun @genk_ijo di salah satu foto mereka yang merupakan screen shoot postingan saya. Karena penasaran, "Siapa nih @genk_ijo? Kok namanya agak alay?", akhirnya saya cek akunnya dan ternyata followernya lumayan, 100K lebih dan ternyataaa itu adalah akun fanbasenya Anang-Ashanty. Setelah diposting oleh adminnya, banyak ibu-ibu, mbak-mbak dan teteh-teteh yang membaca postingan itu dan meninggalkan komen di foto si @genk_ijo. Oia, lumayan juga, akun instagram saya jadi tiba-tiba banyak yang follow padahal biasanya nggak laku. Hehehe..

Adakah pembaca blog ini yang Geng Ijo? Hihi
Fans artis di Indonesia rata-rata didominasi remaja sampai dewasa muda yang bener-bener mengidolakan idolanya tersebut. Bahkan rela mati lah kalo bisa. Bahkan kalau ada haters, si artisnya mah keep calm aja, sedangkan fansnya yang kebakaran jenggot, ngebully abis-abisan si haters. Nah, kenapa fenomena ini nggak kita jadikan peluang untuk mendapatkan pembaca potensial? Nggak melulu harus seputar gosip atau kabar terbaru dari orang tersebut kok. Postingan yang saya buat itu, saya melihat Ashanty dari sudut pandang saya dan ternyata saya baru ngeh, "Oooh, ternyata orangnya gini toh". Malah saya bilang blak-blakan kalau saya nggak ngefans sama dia.. Duh, untuk nggak dibully yah. Hihihi..

Hal ini juga berlaku untuk fanbase klub olahraga, film, dan lain-lainnya. Misalnya, ketika menulis sesuatu tentang Persib, bisa juga tuh dicolek ke Twitternya mamang @persib atau @infobdg dan sejenisnya.

Cobain yukkk.. Biar ngehits.. Heheheh..

4. Buatlah tulisan tentang public figure dan mention "tokohnya"

Poin ini terinspirasi dari status Teh Shanty di Facebooknya. Ternyata, twit beliau di-retweet oleh Pak Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung. Ya, kalau memang beritanya berkualitas, bukan nggak mungkin dong akan "dibantu" disebarkan oleh yang bersangkutan. Apalagi ini kan termasuk pencapaian beliau sebagai Walikota Bandung :)

Kerennya Teh Shanty :)
Berkat di-RT Kang Emil (panggilan akrab Pak Ridwan Kamil), blognya Teh Shanty jadi kebanjiran pengunjung. Asyiiik..

Saya pun pernah sih nyoba. Duluuu.. Pernah ngereview salah satu bab di bukunya Mbak Prita Ghozie yang saya sampaikan dalam bentuk artikel mompreneur ala ala saya. Setelah itu, saya share di Facebook dan Twitter (seperti biasa). Lalu tiba-tiba kepikiran, "Eh, Mbak Prita punya akun Twitter nggak yah? Kalo ada, coba di-mention ke orangnya ah!". Eh, ternyata ada dong Twitternya. Hehehe.. Karena super iseng, akhirnya saya mention Mbak Prita dan akhirnya di-retweet beliau. Alhamdulillah, ada juga yang nyangkut ke blog, walaupun nggak sebanjir Teh Shanty, karena mungkin follower Twitternya nggak sebanyak Kang Emil kali yah. Hehehehe..

Tuh ada yang nge-RT kan. Itu di-RT mbak Prita. Wkwk.. Nggak valid ya buktinya, ya maaf :(
Nah, ini juga bisa dicoba untuk teman-teman yang punya idola dan ingin selangkah lebih dekat dengan idolanya. Ciieee.. Hihihi.. Mau mencoba? Siapa tau di-RT Lee Min Ho. Eaa..

Tips:
  • Pakailah kata-kata yang sopan (no alay) ketika me-mention public figure tersebut.
  • Pastikan tulisan yang kita share memang sesuai dengan ranah keahlian beliau.
  • Jangan pakai embel-embel, "Please, di-RT dong pak..". Bukannya di-RT, nanti malah bapaknya ilfil. Hehehehe..
  • Pastikan akun tersebut bukan akun fake. Eaaa...
  • Tetap utamakan rules dan tata krama pada media sosial tersebut.

5. Menang Kontes

Oke, poin 5 ini sebenernya agak ngarang. Da aku mah apa atuh. Soalnya kalau cuman 4 rasanya gimana gitu. Wahaha..

Tapi, boleh dong berasumsi. Asumsinya gini, kalau kita ikutan kontes, terus keluarlah nama-nama pemenangnya. Dan, nama kita nggak ada di daftar itu. Apa yang akan kita lakukan? Pertama, segera tutup browser dan nyanyi "Sakitnya tuh di sini" lalu menangis semalaman. Haha, lebay pol. Kedua, dan saya yakin sering kita lakukan, langsung berkunjung ke blog pemenang dan mencari tulisan yang menjadi juara tersebut. Hal itu kita lakukan untuk mengukur, seberapa jauh sih jarak "kemampuan dan kualitas" penulisan kita dibandingkan si pemenang. Dan bisa jadi untuk mencatat poin-poin apa yang menonjol di tulisan itu yang kira-kira menjadikannya pemenang. Siapa tau, tahun depan penyelenggara bikin kontes lagi dan kita sudah tau kisi-kisi jawabannya (dikira ulangan ada kisi-kisi). Ya kan? Hayo siapa yang suka kepo kayak saya gitu? Hihi..

Keuntungan untung pemenang? Ya tentu saja dapet hadiah dan dapet traffic bagus ke blog terutama ke postingan kontes tersebut. Hehehe..

Nah, itulah lima langkah yang belum banyak blogger lakukan untuk meningkatkan traffic blognya. Atau saya gagal ya. Ternyata langkah-langkah di atas sudah umum dilakukan? Ya maaf ya kalau gitu mah.. -_-"

Untuk yang merasa belum pernah melakukan poin 1-5 di atas, hayuk dicoba. Kalau sudah, sharing hasilnya di kolom komentar ya. Saya tunggu kritik dan saran dari teman-teman semua. :)


----

PS: Postingan ini saya persembahkan untuk ibu-ibu hebat di #ODOPfor99Days.
Saya tau teman-teman adalah ibu-ibu super rempong yang harus ngurusin rumah 24 jam tanpa bantuan siapapun dan masih sempat meluangkan waktu untuk menulis setiap harinya. Tulisan teman-teman terlalu bagus untuk hanya disimpan di blog atau memo atau notes dan hanya menjadi konsumsi pribadi. Bukankah menyebarkan manfaat walau sekecil apapun adalah baik? Ayo tunjukkan kepada dunia bahwa teman-teman punya banyak tabungan manfaat di blognya masing-masing. Ada yang punya cerpen-cerpen yang bagus banget, ada yang suka mengabadikan kegiatan bersama si kecil, ada yang sering sharing tentang keahliannya, ada yang menulis tentang kesehariannya sebagai ibu, ada pula yang senang berbagi tentang ilmu yang ia dapatkan dari seminar atau kegiatan lainnya. Saatnya tulisan teman-teman menemukan pembacanya. Percayalah, berbagi itu menyenangkan. Dan bila tulisan kita bermanfaat bagi orang lain, itu berkali lipat membahagiakan. Terima kasih sudah menjadi semangat saya dalam menulis. Semangat ODOP-ers :D

Salam sayang,
Si Ibu Jerapah

80 comments :

  1. ibuuu.. kalau aku penulis pemula, aneh, berharap ga ada yang datang ke blog aku terus si aku teh maksudnya apa yaaa, huwaa.. gaje.. pasti kebanyakan curhatnya daripada manfaatnya yaa.. baiklah, padahal berbagi manfaat kan bisa jadi amal jariyah ya buu.. *semangat nulis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Aku pernah pas foto ku di repost sama trans studio bandung, traffic hari itu lumayan buat ukuran blogku yang masih sedikit postingannya hehehehe.
    Penegn nyoba yg bookmark ah kapan2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. @teh bubu : aku pun pemula teh.. :D iih, ayo sebarkan cara-cara bikin permainan seru ke khalayak ramai.. pasti bermanfaat banget.. apalagi buat akuuu.. heyu :D
    makasih udah mampir ya teh :)

    @teh astri : iyaa aku udah baca tuh postingannya :) bikin pengen ke sana tapi nanti aja deh nunggu ahza ngerti hihihi..
    iyaa hayu dicoba :)

    ReplyDelete
  4. Postingannya benar-benar menarik dan bermanfaat sekali buat pemula macam aku ini. Insya Alloh mencoba tips-tips di artikel ini deh. Alhamdulillah bertambah ilmu. Makasih banget ya mbak :)
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mba kita cobain yuk.. :)
      Salam kenal :)

      Delete
  5. postingannya keren, tipsnya juga bermanfaat. bikin saya semakin semangat buat tulisan di artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kita sama2 brlajar nulis. Makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  6. Terima kasih telah berbagi. Artikelnya menarik sekali.

    ReplyDelete
  7. Untung main ke sini.
    Banyak ole-olenya :D
    Mau coba mention brand ahhh
    Siapa tahu dapat share organik
    Terima kasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbaa :)
      Iya yuk bolrh juga dicoba.. Siapa tau dapet sample produk juga :) hihi

      Delete
  8. Suka bgt sm tips2nya... Saya teh msh suka males bikin kalimat pengantar klo share di sosmed heuheu...
    Blum pernah jg nyoba masukin ke vivalog dll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai teh liaaaa..
      Beuh teh lia mah udah bagus bangrt tulisannya
      Saya jadi maluuu..
      Hayuk teh dishare. Apalagi yg resensi tuh. Keren2 :)

      Delete
  9. Makasih share nya Mba. Perlu dipraktekkan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba des.. Makasih yaa sudah jalan2 ke sini :)

      Delete
  10. Makasih share nya Teh..
    Beberapa kali muncul di vivalog..alhamdulillah. kebanyakan artikel traveling kalau dari aku yg lolos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waiyaaa nay kan artikel travellingnya bikin kabita. aaa..
      Makasih udah baca ya nay :*

      Delete
  11. wah terima kasih tipsnya, saya baru nyoba ke vivalog aja nih. alhamdulillah beberapa kali berhasil masuk dan traffic nya langsung naik. kapan2 mau nyoba situs bookmark yang lain

    ReplyDelete
  12. Poin 3,4 saya pernah coba. Dan emang traffic pengunjungnya langsung banyak dan banyak jg yg followm hehehe.
    Poin 2 awal-awal rajin pake vivalog. Lama-lama jadi malas. *khyaaa, penyakit malas yg susah diobati*.
    Nah poin pertama, yg bikin kata pengantar menarik masih susah buat saya. Menurut saya menarik, tapi tetap sepi. Hehehehehe. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mbaaa.. Ayo kita coba coba coba lagiii.. Semangaaat :)

      Delete
  13. Teh DC kereen banget deeh...

    *ikutan nyobain aah...tips-tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren apanya mba lendy. Da aku mah apa atuuuuh..
      Mbaaa.. Hayuk kopdar lagih

      Delete
    2. Aq ngikut atuh amun kopdar,basa eta teu datang si aq,padahal mah deukeut😡

      Delete
  14. thankyuuu mbak decee... langsung cuss ke bookmarkindonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba.. Cobain vivalog juga yah. Mantep :)

      Delete
  15. aku bookmark tulisannya smean mbak. :D
    perlu ku terapkan inih hehee
    TFS ya mba Dessy ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik dibukmak :*
      Yuk sama2 belajar mba..
      Sama2 mbaa :)

      Delete
  16. Noted mba. Saya masih harus kerja keras membuat tulisan yang dibaca banyak orang.TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah mba ety mah udah mastah atuh. Tulisannya bagus2 :)

      Delete
  17. tulisanmu memang kece2 Ibu jerapah jd bisa banget buat ngehits hehe..
    yang penting 5 cara ini dilakukan konsisten kali yaa
    aku baru 2 kali apa 3 kali dimuat di Vivalog...dan itu memang ngaruh banget tp susah euy masuknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah dibilang kece sama mba ophi itu bikin geer maksimal. Hihihi.
      Iya mba.. Emang susah lolosnya.
      Tapi kalo lolos rasanya puaas dan ngeboosting banget :)

      Delete
  18. Makasih mbak tips nya... Hoho msh bnyk bgr pe er saya... Semangatttt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa peer saya juga masih banyak mba. Kita sama2 belajar yaa :)

      Delete
  19. Tips nya ok mba, yang viva aku blm nyobain emang katanya mendatangnkan bnyak pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Ngeboost bgt.. Yuk cobain yuk :)

      Delete
  20. Waah, terima kasih mba. Beberapa tips-nya belum pernah aku lakuin. Bookmark dulu blogpost ini, deh, biar selalu inget. Hehe :D

    ReplyDelete
  21. Berbagi informasi sih mbak dan bisa bertemu dengan berbagai teman dari segala penjuru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak yg baca makin bermanfaat ya mba :)

      Delete
  22. Kece tipsnya, saya kalau abis nulis suka males ngeshare haha, jadi ya keep writting aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebar teeeh. Tulisan teteh kan bagus2, jadi kalau dishare pasti bakal bermanfaat untuk lebih banyak orang *eaa sok bijak haha

      Delete
  23. Tak simpan dulu tipsnya, lagi mau satu persatu dipraktekinnya. Masih harus belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik mba ipeh makasih ya.. Yuk sama2 belajar :)

      Delete
  24. Lintas.me sudah berubah jadi beritagar gt, dulu aku jg sering share ke lintas. me tp semenjak berubah bingung pakenya ga pernah share kesitu lagi hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba selain viva mba. Jadi pengen coba beritagar ah.. :)

      Delete
  25. kece banget tipsnya, mba. Kagum deh kalau bisa langsung di lihat sampai 1000 orang. Aku belum pernah euy. Hiks. Makaish tipsnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba.. Hihi iyaa itu kebetulan bgt.. Ayo mba alida kan tulisannya keceh2. Pasti bisa banyak yg baca juga :*

      Delete
  26. huwaaa tipsnya keren, lagi cari2 saya ngefans siapa ya biar fansnya ngeshare post gitu hahahah #konyol
    makasih mba sharing bermanfaatnya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bauahhaa.. Iya mba.. Mungkin bisa leeminho? Haha

      Delete
  27. Tipsnya keren banget, nih, Mba Dessy. Kudu dicoba. Thanks for share, Ibu Jerapah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuuh malunya dibaca mba al. Sama2 mba al :*

      Delete
  28. Mksh infonya ya.. Tips yg bagus buat blogging..

    ReplyDelete
  29. Yang menulis tentang public figur dan artis, aku belum berani :(
    Terus kalau kirim artikel ke viva, yang nyaplok terus tentang wisata dan kuliner. Yang lain masih belajar agar diterima :)

    ReplyDelete
  30. Wahh... kece tuh tulisan sampai di share 1000 lebih. kalau punyaku palingan sampai ratusan aja sharenya. Umumnya tulisan ttg food combining yang laris. Wkwkwk Laris... emang jualan?1 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi rezeki aja mba.. Hihi..
      Iyaa mba wid kan pakarnya FC, pasti tulisannya dinanti yaa :)

      Delete
  31. Wah terapin aaaahhh.... thanks sharingnya ,😁😁😁

    ReplyDelete
  32. Mantaaab! Langsung bookmark nih, dan belajar buat praktekin. Makasih Ibu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbaa.. Semoga bermanfaat ya mba arin :#

      Delete
  33. Waaah tips-nya oke banget!! Belum pernah coba tuh nulis tentang artis. Aku juga bingung sih fans-fans sampe segitunya yaaaa kalo belain artis yang dikasih komen jelek. Tapi kalo manfaatin fambase ini sebisanya artikel bernada positif ya supaya di-share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mba.. Fans berani mati yaa hihi..
      Yup, yg penting ada hikmah yg bisa diambil yaa dari tulisan kita

      Delete
  34. Terima kasih tipsnya Mabk Dessy. Eh yg terakhir yg menang kontes aku pengen tu, tapi blm pernah menang hihihi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aku pernah sekali doang mba.. Tapi beneran ngeboost sih hihi..

      Delete
  35. Hmmm.. menulis ttg artis dan tokoh ya mba. Iya sih logis... tapi hmmm.. langsung mikir artis dan tokoh siapa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mba.. Yg lagi ngehits osd mba haha

      Delete
  36. Tipsnya keren mbak. Aku belum pernah nyoba. Ok deh kucoba. Tfs ya

    ReplyDelete
  37. Noted mba, berguna banget ilmunya. Selama ini cuma praktekin share di medsos sama ke vivalog. Kalau mention public figure biasanya aku lakuin kalo lagi review buku atau film, itu pun jarang banget reviewnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Memang harus sering mencoba yaa
      Semangaat :)

      Delete
  38. hihii, lucu dn bikin senyum penyampaianya,
    makasih sharing nya mba, keep blogging, yeay :))


    buleipotan.com

    ReplyDelete
  39. Buat masukin tulisan kita ke vivalog gimana caranya ya? *ninggalin jejak disini dulu sebelum liat tkp nya vivalog..hehehe...

    ReplyDelete
  40. Tipsnya sangat bermanfaat bagi blogger newbie seperti saya. Makasi mba and salam kenal

    ReplyDelete
  41. Tips nya mantep semua gini teh, aku mau coba ahhh
    Yang Vivalog belum pernah aku tayang disana hehhe
    Makasih teh Share nya

    ReplyDelete
  42. Telat banget baru baca sekarang. Thanks ilmu kerennya DC.

    ReplyDelete
  43. Teh Desy, TFS sangaaaat!

    Asli, baru kali ini baca tips ngeblog yg langsung bisa dimengerti hihihi.

    Masih ganjelnya sih, kalo isi blognya tulisan2 fiksi gitu, ada saran gabung ke komunitas apa? Atau gimana populerinnya?

    Dulu aku pernah ikut writing projects gitu, zaman Twitter booming. Tapi sekarang udah nggak cuat cuit di sana hehehe.

    Mohon petunjuknyaaaa #sungkem #sambilnyodorincireng ������

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...