March 16, 2016

Belajar dari Ashanty


Belajar dari Ashanty

Siapa tak kenal Ashanty?

Di balik pro kontra kedekatannya dengan anak-anak sambung dari Mas Anang, ada sebuah pertanyaan yang selalu membuat saya penasaran, "Kok bisa sih Aurel dan Azriel deket banget sama Bunda-nya dibandingkan dengan Mimi-nya?". Jujur saja, semua ibu tiri dan anak sambung yang saya kenal kok kayaknya nggak ada yang selengket dan setentram mereka ya?

Banyak spekulasi yang muncul saat ingin mencoba menjawab pertanyaan ini. Ah, mungkin Ashanty suka ngasih barang-barang kesukaan Aurel dan Azriel. Ehhm, mungkin Ashanty masuk ke dunia Aurel dan Azriel di situasi yang tepat, saat KD terlalu sibuk membesarkan balita-balitanya. Dan lain-lain sebagainya.

Spekulasi dan semua rasa penasaran saya terjawab saat menonton "Curahan Hati Perempuan" kemarin pagi di Trans Tv. Saya selalu suka dengan program yang dibawakan oleh Maudy Koesnaedi ini, karena banyak kisah inspiratif yang selalu saya dapat setelah mendengar curahan hati para perempuan yang menjadi misterious guess (misteri karena beberapa tamu mukanya ditutup dengan topeng). Kebanyakan, saya merasa bersyukur dan jauh lebih beruntung setelah tau kalau masalah-masalah yang saya hadapi hanya seujung kuku dari masalah yang dihadapi pada tamu tersebut.

Kemarin pagi, tema yang diangkat oleh program ini adalah "Di Balik Kisah Ashanty". Maka, sambil menyusui Ahza, saya pun memutuskan untuk menonton, walaupun ternyata hanya tinggal beberapa menit sebelum acara selesai. Namun ternyata saya tidak terlambat, tepat setelah saya memindahkan chanel ke Trans Tv, saat itu pula sang host memberikan pertanyaan kepada Ashanty, "Apa sih yang membuat Aurel dan Azriel dekat dengan Ashanty dan apakah Ashanty pernah cemburu dengan KD?"

Pas banget nih, seru saya dalam hati.

Jawabann Ashanty membuat saya tertohok. Jawabannya sangat sederhana namun efeknya seperti yang kita lihat hari ini, anak-anak sambungnya sangat sayang dengan Ashanty. Kira-kira inilah jawaban yang diberikan oleh Ashanty :

Ashanty tidak pernah memiliki metode khusus untuk mengambil hati anak-anak. Semua ia jalani apa adanya. Kuncinya hanya satu : tulus. Jangan pernah munafik dan jadilah diri sendiri.

Sebelum menikah, Mas Anang sudah mewanti-wanti jika ke depannya akan terjadi perselisihan tentang anak-anak, karena ditakutkan anak-anakk tidak bisa menerima keberadaan Ashanty sebagai pengganti Mimi mereka. Ajaibnya, sampai hari ini, Ashanty dan Mas Anang belum pernah sekalipun bertengkar karena masalah anak. Tidak pernah terucap dari mulut mereka, "Anak kamu tuh.. bla bla bla". Karena memang jika kita sudah menikah dengan seseorang yang memiliki anak, anak-anak mereka sudah menjadi anak kita, tidak lagi menjadi anak kamu atau anak saya.

Ashanty dan Aurel
Ashanty dan Aurel

Ashanty juga menyampaikan, bahwa setelah menikah, Mas Anang berpesan, bahwa jika anak-anak berbuat kesalahan, jangan pernah memarahi anak-anak, cukup laporkan kepada Mas Anang dan kemudian dialah yang akan memarahi anak-anak. Dan, apa yang Ashanty lakukan? Dia tidak pernah melakukan hal itu. Saat ia kesal karena Aurel pulang terlalu malam atau Azriel melakukan kesalahan, dia akan memarahi mereka berdua dengan panjang kali lebar. Lalu, apakah hal itu membuat kedua anak itu benci dengan Ashanty? Tidak, justru sepertinya mereka menikmati momen dimarahi oleh Ashanty dan membuat mereka semakin sayang dengan Ashanty? Lho, kok bisa sih?

Ashanty dan Azriel
Ashanty dan Azriel

Psikolog menjelaskan bahwa Auriel dan Azriel tumbuh dalam kondisi kedua orang tua sibuk di luar rumah dan kurang mendapatkan perhatian dari keduanya. Sehingga ketika mereka mendapatkan perhatian berupa kekhawatiran Ashanty yang berbentuk 'marah-marah', mereka justru senang. Senang karena akhirnya ada yang perhatian dengan mereka. Senang karena akhirnya ada yang khawatir saat mereka tiba di rumah terlalu malam. Subhanallah, saat mendengar ini, saya terharu... :(

Ternyata rahasia Ashanty dalam mengambil hati anak-anak Mas Anang sangat sederhana. Hanya dengan ketulusan yang diberikan Ashanty, anak-anak itu bisa menerima, menyayangi dan memiliki dan ingin selalu melindungi Bunda-nya tersebut. Bahkan Ashanty menyebut bahwa Aurel dan Azriel sepertinya nggak ingin membuat saya sedih dan kecewa. Huhu.. :(

oooOOooo

Lantas, mengapa ini jadi sangat penting untuk saya?
Apakah saya fans berat Ashanty? Oh, bukan. Hihihi..

Saya berpikir, jodoh di tangan Tuhan, tidak akan ada yang tau jodoh saya ke depannya. Siapa tau Allah mentakdirkan saya berjodoh dengan Lee Min Ho, Kim Hyun Jung atau Christ Martin seorang pria yang baik dan pastinya sayang sama Ahza. Tentunya kita tidak pernah tau, siapa tau saya berjodoh dengan seseorang yang sudah memiliki anak dari pasangan hidupnya sebelumnya. Jika itu memang terjadi, saya ingin memiliki hubungan yang baik dengan anak sambung, ya kalau bisa kompak dan bahagia seperti Ashanty dengan anak-anak Mas Anang.

Hikmah memang bisa diambil dari mana saja. Belajar pun bisa didapat dari siapa saja. Termasuk kemarin, saya mendapatkan pelajaran tentang kasih sayang yang tulus dari Ashanty.

Hayooo siapa yang jadi ngefans sama Ashanty? Hihi..

Salam sayang,
-Si Ibu Jerapah-

33 comments :

  1. Aku ( agak) ngefans sama ashanty sih teeh hihi...
    Dan ya dia emang keliatan banget baik hati gitu ya orangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya aku curiga gitu, kenapa anak2nya pada lengket sama dia. malah sebel.. haha..
      pas ada kasus aurel dan azriel di instagram itu, jadi kebuka semuanya.. ternyata oh ternyata..
      ternyata begitu ya.. :):)

      Delete
  2. Ternyata gitu to kuncinya.... hmm... layak ditiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. harus ditiru dalam semua aspek kehidupan.. tulus.. :D

      Delete
  3. Emang ajaib ya ashanty ini. Kalo liat ashanty dan anak-anak tirinya, rasanya dongeng tentang ibu tiri cinderella bener-bener ngga nyata ya Maaak. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahaha iya.. ini mematahkan teori bahwa ibu tiri itu kejammm.. :D

      Delete
  4. Semoga Ahza juga segera dapat ayah sambung ya mbak. amien

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin Allahumma aamiin..
      makasih mba doanya :D

      Delete
  5. Slalu suka deh liat ashanty ini.. :) keibuan banget cantiknya ITU.. Kliatan kok emg dasarnya orgnya baik Dan tulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba fanny.. semua orang di acara kemarin bilang ashanty itu cantik dan baik, sampe hostnya bilang, jangan bilang ashanty baik dan cantik lagi ya. wkwkwkw

      Delete
  6. Ternyata kuncinya sederhana tapi sulit dijalani pastinya ya teh :)

    Saya bukan fansnya tapi suka lihat hubungan mereka yg sudah seperti anak kandung gitu

    ReplyDelete
  7. Saya gak ngefans, tapi kagum hihihi.
    Semoga Bundanya Ahza dan Ahza diberi Allah yang terbaik ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  8. saya gak ngefans ashanty ngefansnya curahan hati perempuan, tapi tetep penasaran soal kedekatan ini, karena itulah mampir kemari :D
    dan semoga lee min hoo baca ini ya Teh *eh*. Pokoknya yang terbaik untuk ibu jerapah :)

    ReplyDelete
  9. Ga nge fans ashanty siy, tp ketika aurel menyebut ashanty sbg ibu sambung, terasa kok tulusnya si ibu anak itu ...

    ReplyDelete
  10. Tulus....duh saya aja kadang ga yakin sudah tuluskah saya selama ini. Tapi, itu ya, setiap spekulasi orang2 kadang memang harus dipatahkan dengan penjelasan yang to the point. Salut buat Ashanty, meski saya ga ngefans

    ReplyDelete
  11. Bersyukurnya, ketulusan Ashanty diterima dengan indah oleh anak mas Anaang.Karena tekadang, ketulusanpun diterima dengan prasangka

    ReplyDelete
  12. Ketulusan itu bisa dirasakan dan semoga selalu mendapatkan kebaikan sebagai timbal baliknya.

    ReplyDelete
  13. apapun itu... harus dijalankan dengan tulus..dan bukan sekedar basa basi atau pemanis kata..

    ReplyDelete
  14. setuju mba :) ... segala sesuatu kalo tulus itu pasti kok kita dapat kebaikannya dalam hal apa pun. Dan gak semua orang bisa 'tulus' :)

    ReplyDelete
  15. mendidik dan menyayangi anak memang harus dengan tulus hati...

    ReplyDelete
  16. Selalu suka liat hubungan Ashanty dan anak-anak Anang.
    Tulus, satu hal sederhana tapi dampaknya luar biasa ya :)

    ReplyDelete
  17. Banyak yang bilang Ashanty seperti angel ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk aku... :D
      emang kelihatan banget aura ketulusannya...
      pun bijak ketika berkomentar di sosmed

      Delete
  18. Kalau aku melihat (((melihat))) Ashanty itu memperlakukan anak-anaknya anang kayak sahaba.Sama sahabat kita bisanya ga segen ngomel atau protes, kan? Sementara kita juga akan merasa bersalah kalau menggores hati atau diem-dieman. Ah ga asik pokoknya huhehehe.... Nah liat Aurel sejak punya mama baru malah kelihatan lebih cantik.

    ReplyDelete
  19. aku enggak ngefans banget sih mbak sama Ashanty, tetapi memang dia pinter mendekati anak-anak sambungnya.

    ReplyDelete
  20. saya juga salut Mb, makanya saya pikir anak2 mau tinggal ama ibu tiri ya daripada ikut emaknya

    ReplyDelete
  21. bukan fans-nya juga sih,, ini cuma liat2 aja, hikmahnya satu kata: tulus, ah sepertinya kita hrs tulus kepada semua orang, hikmah bisa diambil dr mn saja,, sangat setuju :)
    TFS

    ReplyDelete
  22. Setuju. Itu aja udah ga perlu pake macem2 program. Baru tau istilah anak sambung.

    ReplyDelete
  23. saya ngga ngefans tapi untuk cara nya yang satu ini salut

    ReplyDelete
  24. The power of "tulus" ya Mak. Dan mungkin Ashanty ini termasukn emak² yg gaul ya ..jadi lebih mudah bergaul dgn anak²nya yg baru remaja.

    ReplyDelete
  25. anang beruntung mendapatkan penganti hatinya setulus ini,,,sukses trs y mbk asanti

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...