February 03, 2016

Bulan Vitamin A untuk Si Kecil



Bulan Februari dan Agustus adalah bulan yang istimewa untuk anak balita Indonesia. Setiap bulan Februari dan Agustus adalah saatnya para batita untuk mendapatkan vitamin A. Yeay, saatnya bulan vitamin A


Manfaat Vitamin A bagi Batita

Vitamin A atau retinol biasa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti xeroftalmia (kelainan mata yang diakibatkan kekurangan vitamin A terutama pada balita dan sering ditemukan pada penderita gizi buruk), campak dan diare. Selain itu, vitamin A juga memiliki banyak manfaat seperti :

  1. Mengurangi kematian akibat infeksi campak hingga 50%.
  2. Mengurangi kematian akibat diare hingga 40%.
  3. Mengurangi seluruh angkat kematian anak hingga 25%
  4. Mengurangi angka kesakitan.
  5. Mengurangi jumlah kunjungan dokter dan angka rawat jalan karena anak menjadi lebih jarang sakit.
  6. Mengurangi angka rawat inap di rumah sakit.
  7. Mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan.
  8. Mencegah kanker epithelial dan kanker lain.
Wow, manfaat vitamin A banyak banget yaa :)

Dari pelajaran IPA saat sekolah dulu, pasti kita familiar akan manfaat dari vitamin A ini yang sangat baik bagi mata kita. Bahkan mungkin kita pernah mendengar bercandaan seperti ini:
"Hayo, mengapa kelinci nggak ada yang pake kacamata?"
"Karena dia rajin mengonsumsi wortel" *lol
Sumber: http://www.homeremedyfind.com/
Yap, selain wortel, makanan lain yang juga mengandung vitamin A adalah cabe merah, bayam, tomat, buah naga, apel, pisang, serealia, umbi-umbian, hati, beberapa olahan susu dan banyak lagi. 


Kekurangan Vitamin A? Ini Akibatnya...

Namun, ternyata masih banyak balita yang belum mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A secara mencukupi. Dan ternyata, defisiensi atau kekurangan vitamin A pada balita dapat berdampak buruk bagi kesehatan padahal tumbuh kembang yang optimal memerlukan kondisi tubuh yang prima. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, sebanyak 14,6% balita di Indonesia menderita kekurangan vitamin A. Sedangkan menurut WHO, diperkirakan 250 juta anak prasekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun, terdapat sekitar 250.000-500.000 anak mengalami kebutaan dan kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A. Serem? Iyaa.. :(



Kekurangan vitamin A ini juga dapat menyebabkan :
  1. Masalah pada penglihatan.
  2. Penyakit kulit.
  3. Penyakit pencernaan.
  4. Menghambat pertumbuhan.

Vitamin A untuk Tumbuh Kembang Optimal

Setiap orang tua pasti berharap agar anak-anaknya dapat bertumbuh kembang secara optimal. Apalagi di usia-usia rawan di bawah lima tahun ini, anak harus dijaga kesehatannya supaya dapat tetap tumbuh secara optimal. Belum lagi golden ages yang katanya sangat penting untuk kehidupan sang anak sampai dewasa kelak. Hal ini dapat kita peroleh salah satunya dengan memberikan vitamin A kepada anak dengan dosis yang cukup.

Lantas, bagaimana dong supaya anak-anak kita terhindar dari kekurangan vitamin A?

Tentunya dengan menerapkan pola makan sehat dengan memberikan menu makanan yang variatif kepada anak ya, terutama buah-buahan dan sayuran berbagai warna agar anak mendapatkan asupan vitamin untuk tumbuh kembangnya. 

Selain dari makanan, pemberian suplementasi vitamin A juga sangat penting dilakukan kepada anak. Terdapat dua jenis kapsul vitamin A yang diperuntukkan untuk anak. Kapsul biru (dosis 100.000 IU) diberikan kepada bayi yang berusia 6-11 bulan sebanyak sekali setahun, sedangkan kapsul merah (dosis 200.000) diberikan kepada anak berusia 12-59 bulan sebanyak dua kali setahun (atau enam bulan sekali).

kapsul-vitamin-a
Sumber: drdayuagung.blogspot.com

Yuk, Kita ke Posyandu!

Lho, ngapain ke Posyandu? Apa hubungannya dengan vitamin A?

Sejak tahun 1970-an, pemerintah Indonesia aktif mengkampanyekan program suplementasi vitamin A kepada anak-anak Indonesia. Dalam program ini, suplementasi vitamin A diberikan secara gratis. Ya, GRATIS. Asik kan? :)


Di mana kita bisa mendapatkan fasilitas suplementasi vitamin A ini? Yuk, bisa dipilih di salah satu tempat ini yaa..
  1. Posyandu
  2. Sarana fasilitas kesehatan umum (seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Balai Kesehatan, Bidan)
  3. Sekolah taman kanak-kanak, PAUD, tempat penitipan anak.

Bagaimana Cara Pemberian Vitamin A pada Anak?

Berikut adalah cara pemberian kapsul pada bayi dan balita yang dilansir dari situs duniasehat.net:
  1. Potong ujung kapsul dengan menggunakan gunting yang bersih.
  2. Pencet kapsul dan pastikan anak menelan semua isi kapsul (dan tidak membuang sedikipun isi kapsul).
  3. Untuk anak yang sudah bisa menelan, dapat diberikan langsung satu kapsul untuk diminum (bungkus kapsul lunak dan insya Allah aman jika tertelan. Namun, pastikan anak sudah bisa menelan kapsul. Jika takut tersedak, sebaiknya kapsul digunting dan diberikan isinya saja)
pemberian-vitamin-a
Sumber: duniasehat.net
Rasanya gimana? Manit, pahit, asam, asin? Saya sendiri belum pernah mencoba. Tapi, tahun kemarin saat Ahza masih bayi, dengan mudahnya ibu-ibu Posyandu memberikan vitamin A kepada Ahza dan tanpa bersisa. Jadi mari asumsikan rasanya enak ya.. Hehehe..


Ibu Cerdas, Anak Sehat

Nah, sekarang ibu sudah tau serba-serbi vitamin A dan program bulan vitamin A. Jadi tunggu apalagi? Besok pagi kita rame-rama ajak si kecil ke Posyandu untuk mendapatkan suplementasi vitamin A, yuk! :D

Salam sehat selalu,
-Si Ibu Jerapah-

Referensi:
http://aimi-asi.org/sudahkan-anak-anda-mendapatkan-vitamin-a/
http://drdayuagung.blogspot.co.id/2015/02/program-pemberian-vitamin-pemberian-dan.html
http://duniasehat.net/2014/02/27/bulan-vitamin-a/
http://milissehat.web.id/?p=1185
http://www.infodokterku.com/index.php/en/96-daftar-isi-content/info-kesehatan/helath-programs/198-pentingnya-suplementasi-vitamin-a-bagi-anak-balita-dan-ibu-nifas

-----
#odopfor99days #day24 

6 comments :

  1. O iya udah Februari yah.. bulannya vitamin A.

    ReplyDelete
  2. Bulan vitamin A ya.... asyik asyik... saatnya ngumpul dengan ibu2 RT dan anak2nya..

    ReplyDelete
  3. Terima kasih bagi infonya mbak, sennag ada yang mengingatkan kewajiban yang ini. Ayo... saatnya ke posyandu terdekat

    ReplyDelete
  4. kemaren ke posyandu ga dapet vitamin A soalnya Umar masih lima bulan hehe..maksih informasinya ya..

    ReplyDelete
  5. Teeeh bagaimana dengan nasib io yang ga pernah ke posyandu ? Sediih
    Bisakah vit a ini didapat di tempat lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa teh.. bisa ke rumah sakit terdekat lho.. yuk vitamin a lagi :)

      Delete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...