February 08, 2016

Benarkah Susu Tambahan dan MPASI Dini Membuat Tidur Bayi Nyenyak?


Dulu... Waktu Ahza masih full ASI, seriiiing banget dibilangin gini sama keluarga atau kenalan:
Coba, itu si Ahza dikasih susu formula. Supaya kenyang. Supaya tidurnya nyenyak, jadi nggak bangun-bangun kalau malam. Kamunya juga kan enak, nggak usah susah-susah nyusui Ahza.
Ahza belum makan? Masa bayi 3 bulan cuma minum ASI? Mana kenyang? Pantesan Ahza suka bangun-bangun tengah malam. Cobalah dikasih pisang atau bubur beras supaya tidurnya nyenyak..
Dan sejenisnya..

Karena saya nggak suka berdebat (as always), biasanya saya hanya menjawab iya atau akan saya pertimbangkan lagi. Hehehe.. Tapi, sebenarnya, ada empat alasan saya, mengapa saya tidak memberikan tambahan susu formula dan MPASI dini kepada Ahza (pada saat itu Ahza berumur kurang dari enam bulan).

Pertama, saya nggak merasa kerepotan kok menyusui Ahza. Toh gampang buanget. Tinggal buka terus lep! Nggak susah dan rempong, Alhamdulillah.

Kedua, memangnya jaminan ya, kalau dikasih susu formula bisa nyenyak tidurnya? Buanyak hal yang bisa menyebabkan bayi terbangun di tengah malam. Sederhananya aja, kalau pipis dan si bayi hanya pakai popok kain, pasti kebangun kan? Hehe..


Ketiga, MPASI dini? Huhuhu.. Sepertinya banyak negatifnya daripada positifnya. Kalau si ibu memberikan bayi MPASI dini hanya karena alasan 'supaya nggak bangun-bangun di tengah malam', kok kayaknya egois banget ya? Tentang bahaya pemberian MPASI dini dan menundanya dijelaskan dengan lengkap oleh Bu Monik di sini. Semoga mencerahkan ya.. 

Sumber: theurbanmama.com
Dari gambar di atas, terlihat bahwa bayi di sebelah kiri tumbuh dengan sehat dan gembira. karena hanya mengonsumsi ASI atau Pengganti ASI (PASI) di enam bulan pertamanya. Sedangkan bayi di sebelah kiri, tumbuh dengan -bisa dibilang- menyedihkan, karena dalam enam bulan pertama kehidupannya, bayi itu sudah mengonsumsi ASI atau PASI, air putih dan makanan padat. Huhu...

Intinya sih, bagaimana kita memberikan makanan yang terbaik untuk anak-anak kita sesuai dengan waktunya. Untuk bayi di bawah enam bulan, makanan terbaiknya adalah hanya ASI. Kecuali dengan indikasi medis, barulah boleh diberikan PASI, seperti susu formula.

Keempat, setelah membaca buku kece yang ditulis oleh Bu Monik, saya menemukan bahwa berdasarkan penelitian, ditemukan bukti-bukti di bawah ini:

  1. Tidak ada bukti bahwa pemberian susu formula atau MPASI dapat menolong bayi tidur lebih panjang pada malam hari. Bahkan, bayi bisa tidak tidur nyenyak karena reaksi dari susu formula atau MPASI tersebut, seperti nyeri perut dan kembung, terutama untuk bayi berusia enam bulan.
  2. Susu formula dan MPASI dini lebih sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi.
  3. Pemberian MPASI dini memiliki banyak efek negatif bagi kesehatan bayi, seperti sembelit, diare, tersedak, kekurangan nutrisi, atau sebaliknya, penyakit berat seperti invaginasi usus yang dapat membahayakan jiwa bayi. Selain itu, bila ibu tidak memerah di malam hari, produksi ASI dapat terganggu.

Semoga keempat alasan di atas bisa menjadi pertimbangan untuk ibu-ibu kece yang sedang berencana untuk memberikan susu tambahan atau MPASI dini kepada si kecil ya..
Yakinlah, bahwa Allah sudah memberikan rezeki yang berkecukupan kepada setiap manusia. Dan untuk si kecil yang berumur di bawah enam bulan, percayalah bahwa rezekinya dititipkan kepada ibu melalui ASI. *Mamah Dedeh mode on*

Tetap semangat ya buibu sayang..

Salam manis,
-Si Ibu Jerapah-

Referensi:
Buku Pintar ASI dan Menyusui, Fatimah Berliana Monika

5 comments :

  1. Dulu, aku juga sering dikomentari seperti di postingan ini saat kasih ASI full sama anak-anak, apalagi waktu itu aku masih kerja, ada saja komennya.
    Tapi karena memang sudah bertekad, Alhamdulillah ketiganya full ASI sampai 6 bulan :)

    ReplyDelete
  2. Padahal usus bayi kan sensitif ya, Des. Belum bia mencerna dengan sempurna makanan yang masuk. Lucunya orang lain itu suka sotoy sama kondisi kita. Udahlah, 'norek' aja. Jangan dianggap terlalu serius hehehe

    ReplyDelete
  3. Duh, saya pakai tambahan sufor lo buat si kecil, dan alhamdulillah sampai 8 bulan ini nggak ada gejala negatif yang tampak. Dan naudzubillah juga, ya. Bukannya tega, tapi ada alasan tersendiri ketika saya memutuskan hal tersebut. :)

    ReplyDelete
  4. Saya dulu pake sufor mbak, soalnya asi sedikit sampe anaknya nangis2 padahal emaknya udah makan sayur banyak2...anak yang kedua malah asi cuma 3 bulan...soale udah hamil lagi...hehehe

    ReplyDelete
  5. Saya paling kasian kalau ada anak usia sebulan disuapin pisang >.<

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...