Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2016

Ketika Memutuskan untuk Belajar Menyetir

Gambar
Seberapa penting sih keahlian menyetir untuk mamah-mamah?
Setidaknya pertanyaan ini yang harus kita jawab ketika memutuskan untuk belajar menyetir mobil. Apa pentingnya kita belajar menyetir dan untuk kebutuhan apa kita harus bisa menyetir.
Untuk saya pribadi, seluruh perempuan di keluarga saya bisa menyetir, kecuali saya. Ya, hanya saya yang nggak bisa nyetir. Haha, nasibb..
Saking jagoannya, semua kakak dan adik saya bisa menempuh perjalanan Jakarta-Bandung via tol Cipularang hanya dengan waktu 1,5 jam saja. Pake ngebut dan tetap aman. Kalau udah gini, hanya saya yang nggak pernah kebagian tugas nyetir. Tugasnya hanya nemenin ngobrol saudara yang kebagian jatah nyetir atau kebanyakan sih ketiduran (maklum pelor hihihi).

Bukan Bambu Biasa

Gambar
Sampurasun...
Perkenalkan, saya Dessy, mojang asli Bandung. Izinkan saya memperkenalkan alat musik tradisional kebanggaan kami, warga Jawa Barat.. Angklung..
Angklung: Asli Sunda Rasa Internasional
Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Alat musik ini dikenal sejak abad ke-12 atau saat Kerajaan Sunda sedang berjaya di bumi nusantara. Awalnya, angklung adalah bagian yang tak terpisahkan dari ritual yang dilakukan untuk mengawali masa panen padi. Dengan memainkan angklung, rakyat berharap agar Dewi Sri tturun ke bumi dan memberikan kesuburan pada tanaman padi.
Pada zaman pendudukan Belanda di Indonesia, angklung sempat dilarang untuk dimainkan karena dianggap sebagai bentuk propaganda yang bisa menyulut semangat pemuda dan pejuang untuk melakukan pemberontakan. Angklung juga menjadi hiburan bagi para gerilyawan dengan memainkan lagu-lagu perjuangan.

Bebas Bereksplorasi Tanpa Khawatir Sakit

Gambar
Tangan adalah indra yang paling sensitif dan memiliki peranan penting bagi tumbuh kembang si kecil, terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Oleh karena itu, salah satu metode pendidikan yang sekarang lagi ngehits, Metode Montessori, memberikan banyak sekali catatan bagi orang tua untuk dapat mengembangkan kemampuan sensori si kecil terutama pada tangan. Biarkan si kecil mengenal dunia ini melalui tangannya. Mengetahui panas, dingin, lembut, kasar, lunak, keras dan banyak hal lain menggunakan tangannya.
Hal ini menyebabkan anak-anak harus dibiarkan mengeksplorasi lingkungannya dengan bebas. Bebas di bawah perlindungan ibu dong ya tentunya :)
Namun, masalah muncul saat tangan memegang semua benda. Tak pandang bulu : bersih, kotor atau yang tampak bersih padahal kotor, semuaaa ingin dipegang oleh si kecil. Hal ini tentunya menimbulkan kekhawatiran kepada ibu. Apalagi anak-anak masih sering lupa cuci tangan saat akan mengambil makanan atau menyentuh mulut atau hidung.

GIZI Super Cream : Sahabat Kulit Cerah Wanita Indonesia

Gambar
Semua ibu pasti ingin yang terbaik bagi buah hatinya, bahkan sedini mungkin sejak dalam kandungan. Pun saya. Sejak tau saya hamil, saya mulai sangat selektif dalam hal produk-produk yang biasa saya konsumsi. Saya tidak ingin apa yang masuk ke tubuh saya bisa membawa pengaruh negatif terhadap sang janin. Sejak hamil sampai hari ini, Ahza berusia 1,5 tahun, saya hampir tidak pernah mengonsumsi kopi karena kafeinnya sangat berpengaruh terhadap Ahza. Hal itu saya lakukan walaupun sebelumnya saya tidak bisa hidup tanpa kopi. Hehehe.. Selain kopi, saya juga sangat menjaga konsumsi obat-obatan. Sebisa mungkin saya menghindari konsumsi obat yang tidak begotu penting. Pusing, demam, sakit gigi dan lain-lain saya lalui tanpa obat karena saya masih menyusui Ahza sampai hari ini. 
Nah, kalau masalah kosmetik, dulu ketika hamil saya memiliki masalah untuk memilih sabun pencuci muka dan perawatan wajah yang aman. Setelah baca ke beberapa sumber kesehatan, saya mendapatkan informasi bahwa zat seper…

Isi Ransel Ibu Jerapah

Gambar
Setelah sekian lama nggak ngeblog, akhirnya malam ini ada kesempatan untuk buka blogspot. Alhamdulillah :)
Deuh, sok sibuk bingit deh.. Hehehe.. Akhir-akhir ini susah banget bisa buka laptop tersayang. Gegaranya : 1.Engking (kakeknya Ahza) dirawat di rumah sakit, jadi seharian harus ngider ke sana ke sini plus gendang gendong Ahza. Sampe rumah selalu malam dan langsung tepar. Mau nulis pun susyah. Hehehe.. 2.Setelah engking pulang, giliran Ahza kena Virus Roseola lagiii.. Dulu Ahza pernah kena virus ini waktu masih sebulan. Nah pas kemarena kena lagi berasa de javu jadinya. Nanti kapan-kapan saya tulis tentang virus merah-merah ini yah.. 3.Dikejar tesis ahahaha.. Nggak oke banget ya.. Karena keasyikan jualan plus ngeblog, si tesis jadi terlupakan. Padahal “tinggal” bab 4 aja sodara-sodara, gemeeess.. Pengennya besok langsung beres, bisa nggak? Hehe.. Urusan tesis ini baru bisa saya kerjakan di perpus. Entah itu di perpus deket rumah, perpus kampus atau perpus tetangga. Kenapa gitu ng…

Ketika Anak Dilanda Virus Malas Sekolah

Gambar
Ibu mana yang nggak panik kalau si kecil malas sekolah?
Ahza memang belum sekolah, tapi semua keponakan dan sepupu saya yang masih kecil-kecil pasti sering curhat tentang hal ini.
"Tante, sebenernya tuh El males sekolah.. Nggak seru sekolah.. Bosen.. Nggak suka sama temen-temennya.. Pengen main X-Box aja di rumah.." Begitulah kira-kira curhatan anak kelas 1 SD zaman sekarang. Hehehe.. Padahal sekolahnya El itu seru. Pakai bahasa Inggris dan bagus pula sekolahnya.

Eh, jangankan anak SD, anak playgroup pun bisa bosen sekolah. Contohnya Alvin, sepupu saya yang masih balita. Sering dia bolos sekolah karena malas. Beribu alasan, mulai dari capek jalan sampe bosen. Hehehe..

Apa sih penyebab malas sekolah ini?

Sahabat Penolong di Gunung Rinjani

Gambar
Di balik keindahan gunung api tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani menyimpan banyak kenangan bagi para pendaki. Untuk saya, salah satu kenangan itu adalah bertemu pria-pria hebat di Gunung Rinjani.

-----
Para pria hebat yang saya temui di Gunung Rinjani adalah para porter. Porter di Gunung Rinjani adalah penduduk desa setempat yang mendayagunakan tenaga dan keterampilan bertahan di gunung sebagai mata pencaharian mereka. Siapakah pengguna jasa para porter ini? Mereka adalah para pendaki lokal maupun mancanegara. Ya, keindahan Rinjani memang sudah terkenal ke seluruh dunia sehingga tak heran jika kita akan sering berpapasan dengan pendaki asing saat melakukan pendakian di Rinjani.

Lantas, mengapa saya menyebut mereka pria-pria hebat? Bayangkan saja, seorang porter bisa membawa beban hingga 50 kg sambil melalui tanjakan panjang Gunung Rinjani yang terkenal dengan nama Bukit Penyesalan, bukit yang seakan tak berujung dan membuat para pendaki menyesal dengan keputusan mereka untu…

Ibu, Jangan Lupa Bahagia!

Gambar
Semua orang berhak bahagia. Termasuk saya dan kamu, para ibu. Walaupun setiap hari mengurus anak dan rumah -yang merupakan suatu kebahagiaan bagi setiap wanita-, tentunya ada definisi lain dari bahagia kan? Ya, ibu berhak bahagia. Namun kadang lupa untuk berbahagia.
Padahal, anak-anak yang tumbuh dengan sehat dan pintar pasti berasal dari ibu yang berbahagia. Iya dong, kalau ibunya stres, gimana bisa membesarkan anak dengan baik. Iya, kan? 
Nah ibu, jangan lupa bahagia ya.. Bahagia itu sederhana. Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan supaya bahagia:

Putih Abu dalam Ingatan

Gambar
Tiada masa paling indah.. Masa-masa di sekolah.. Tiada kisah paling indah.. Kisah kasih di sekolah.. Eaa.. Siapa yang setuju dengan lirik lagu Alm. Chrisye ini? Aku sih iyes :D
Di kantor, teman-teman banyak yang berpendapat kalau masa-masa yang paling seru itu waktu kuliah. Bebas bisa ngapain aja dan berekspresi. Seru bisa main ke sana-ke sini dengan teman-teman. Dan berbagai alasan lainnya.
Buat saya, masa-masa paling seru dan tak terlupakan di hidup saya justru ada di masa-masa putih abu, alias masa SMA dulu. Bahkan, masa-masa di SMA ini membawa dampak yang cukup besar untuk hidup saya sampai saat ini.

Benarkah Susu Tambahan dan MPASI Dini Membuat Tidur Bayi Nyenyak?

Gambar
Dulu... Waktu Ahza masih full ASI, seriiiing banget dibilangin gini sama keluarga atau kenalan: Coba, itu si Ahza dikasih susu formula. Supaya kenyang. Supaya tidurnya nyenyak, jadi nggak bangun-bangun kalau malam. Kamunya juga kan enak, nggak usah susah-susah nyusui Ahza. Ahza belum makan? Masa bayi 3 bulan cuma minum ASI? Mana kenyang? Pantesan Ahza suka bangun-bangun tengah malam. Cobalah dikasih pisang atau bubur beras supaya tidurnya nyenyak..

Info Lomba di Bulan Februari 2016

Gambar
Lomba blog BNI baru saja berlalu. Dan ternyata, masih buanyak lombadi bulan Februari ini. Asyiiik..
Saya bukan orang yang kompetitif. Kalau menang alhamdulillah, kalau ga menang juga ya sudah, mungkin tulisannya berjodoh dengan tempat dan hati yang lain. Eaa! Tapi seru juga ikutan lomba-lomba ini. Jadi motivasi menulis yang menyenangkan dan bikin deg-degan wahaha..
Per hari ini, 7 Februari 2016, sudah ada beberapa bulatan kecil di kalender KEB saya, pertanda deadline lomba. Walaupun sudah dibulati, tetap saja biasanya saya melewatkan beberapa lomba, biasanya karena malas atau jiper duluan dengan mastah-mastah di dunia perlombaan ini. Hehehe.. Sebenarnya, postingan ini untuk melengkapi Daftar Lomba Blog Februari-nya Bu Ira yang udah lengkappps.. Cek di sini deh..

Nah, untuk menambah info lomba, yuk disimak beberapa lomba di bulan Februari di bawah ini. Siapa tau ada yang cocok di hati..

Mau Bertanya, Sukses Kemudian!

Gambar
Untuk saya, menyusui bukan hanya sebuah kewajiban ibu kepada anaknya. Tidak. Lebih dari itu, bagi saya menyusui lebih penting dari sebuah kewajiban. Menyusui adalah tentang hidup dan mati. Menyusui adalah tentang mencintai. Menyusui adalah tentang pengorbanan. Dan menyusui itu adalah tentang ikatan ibu dan anak.
Bayangkan saja. Makanan terbaik untuk bayi di enam bulan pertama kehidupannya hanya ASI. Ya, hanya ASI. Tanpa air putih, tanpa kerokan pisang atau tanpa bubur beras. Artinya, bayi menggantungkan hidupnya kepada ASI si ibu. Dan kecintaan ibu pada anaknyalah yang menyebabkan dia akan melakukan segala sesuatu demi memenuhi kebutuhan ASI sang bayi.
Saya adalah ibu rumah tangga yang notabene tinggal di rumah. Oleh karena itu, bayi saya bisa minum susu sepuasnya karena saya selalu ada untuknya. Banyak yang berkata, "Wah, enak ya kalau di rumah terus. ASI pasti lancar dan bisa dengan mudahnya memberikan ASI eksklusif untuk bayi."

Bulan Vitamin A untuk Si Kecil

Gambar
Bulan Februari dan Agustus adalah bulan yang istimewa untuk anak balita Indonesia. Setiap bulan Februari dan Agustus adalah saatnya para batita untuk mendapatkan vitamin A. Yeay, saatnya bulan vitamin A

Manfaat Vitamin A bagi Batita
Vitamin A atau retinol biasa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti xeroftalmia (kelainan mata yang diakibatkan kekurangan vitamin A terutama pada balita dan sering ditemukan pada penderita gizi buruk), campak dan diare. Selain itu, vitamin A juga memiliki banyak manfaat seperti :

Kunjungan Ahza ke Ahli Patah Tulang

Gambar
Saat kami -saya dan Ahza- sampai ke tempat praktek ahli patah tulang, di ruangan Pak Haji sedang berbaring seorang pria yang didampingi dengan teman-temannya. Ada salah seorang teman yang membawa hasil rontgen sehingga saya duga bahwa si pria mengalami patah tulang *sok tau*. Teman wanita yang lain lalu keluar ruangan sambil menutup kuping dan meringis sambil berkata, "Duh, gue ga bisa deh yang kayak gini-gini".

Inspirasi Mompreneur: Menebarkan Kebaikan Lewat Usaha

Gambar
Awal mula saya mengenal Mbak Uti adalah ketika saya menjadi admin kegiatan saling promote di sebuah komunitas onlineshop. Saat itu Mbak Uti belum menjadi anggota komunitas saya, tapi karena biasanya setelah kegiatan selalu saja ada anggota baru, hari itu kami kedatangan beberapa anggota baru dan Mbak Uti adalah salah satunya. Salah satu keisengan saya di saat luang adalah "ngepoin" akun-akun instagram milik anggota komunitas untuk memantau bagaimana perkembangan jualan atau jumlah followernya atau sekedar ingin tau barang apa saja yang dijual oleh para anggota (yaa siapa tau ada yang nyantol haha). Setelah beberapa bulan menjadi anggota komunitas, saya melihat bahwa onlineshop Mbak Uti ini majunya pesat sekali. Ini saya lihat dari jumlah reseller yang dimiliki Mbak Uti. Dalam beberapa bulan ia bisa memiliki reseller dengan jumlah yang cukup banyak dan ternyata dia membuat sendiri produk-produk yang dijualnya. Dari situlah saya memutuskan untuk mengundang Mbak Uti untuk berb…

Mengenal Virus Zika Lebih Dekat

Gambar
Minggu lalu, saya pertama kali membaca artikel tentang Virus Zika ini dari timeline Facebook yang dishare oleh seorang teman. Tampaknya kabar tentang virus ini menyebabkan kekhawatiran bagi teman saya yang sedang hamil tersebut. Pun dengan ibu-ibu di beberapa grup yang saya ikuti, ada beberapa di antara mereka yang bertanya-tanya tentang virus ini. Karena penasaran dengan si virus ini, akhirnya saya mencari beberapa referensi dari beberapa sumber terpercaya semacam WHO dan CDC serta beberapa media online nasional dan internasional tentang virus yang menghebohkan ini. Jadi, apa sih Virus Zika ini? 
Lima Fakta Penting tentang Virus Zika
Ada lima fakta penting yang harus diketahui tentang virus ini: