January 27, 2016

Tips Memulai Bisnis Tanpa Pusing



Salah satu buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca oleh para mompreneur wannabe adalah buku karya Mbak Prita Hapsari Ghazie yang berjudul “Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya”. Dalam buku ini, Mbak Prita yang seorang perencana keuangan handal, memberikan kita wawasan mengenai cara mengelola keuangan dan mendapatkan kehidupan yang diinginkan setiap wanita –cantik dan gaya- tanpa harus mengorbankan kehidupan sosial dan keluarga.

Ada satu bab dalam buku ini yang bisa menyemangati kita yang baru ingin memulai suatu bisnis. Pasti ada beribu pertanyaan dan ketidakpercayadirian saat ingin memulai bisnis. 
“Mau bikin bisnis apa ya? Bisnis apa ya yang profitnya besar? Duh, ga pede nih buka bisnis ini. “ Dan kegalauan lainnya.
Sebelum memulai sebuah bisnis, pastikan terlebih dahulu apa yang ingin ibu capai. Ingin banyak uang? Ingin aktualisasi diri? Ingin mengisi waktu luang di rumah? Ingin membuka lapangan pekerjaan? Atau ingin agar bisnis ibu bermanfaat bagi orang lain?


Apapun jawabannya, pastikan jika bisnis yang ibu pilih sesuai dengan passion ibu. Mengapa? Karena jika kita melakukan apa yang kita sukai, kita pasti melakukannya dengan penuh semangat dan akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebaliknya, jika kita menghadapi hambatan di tengah usaha kita, kita pasti akan dengan semangat mencari solusi untuk masalah yang kita hadapi dan tidak akan mudah menyerah. 

“Find your passion. Follow your heart. Do what you love.”
Begitulah kira-kira, mengutip sebuah quotes yang ada di dalam buku cantik ini.

Dalam bab “Menghasilkan Lebih Banyak Uang” ini, Mbak Prita memberikan tips memulai bisnis dengan tiga pilihan yang bisa diambil oleh para wanita yang ingin memulai bisnis. Ternyata, ga usah pusing-pusing menentukan bisnis apa yang akan kita lakukan. Cukup memilih di antara tiga pilihan ini. Yuk cek pilihan manakah yang paling sesuai dengan ibu?

1. Mencari pekerjaan yang membuat ibu jatuh cinta

Ada resep cantik yang bener-bener cantik dari Mbak Prita:
“Apapun pilihan bisnis anda, saya minta anda untuk menanamkan resep berikut ini dalam membangun bisnis: 10% administrasi, 20% pendidikan, 30% uang, 40% CINTA.
Rapikan administrasi bisnis anda, pelajari terus keahlian yang dibutuhkan untuk bisnis anda, pikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan keuntungan dan memperluas pasar dan terakhir cintai bisnis anda.”
Saya sangat setuju dengan resep ini. Bayangkan saja, jika kita melakukan bisnis yang tidak sesuai dengan passion kita, duh, pasti serba kepaksa ya. Kepaksa ini kepaksa itu. Dan akhirnya bisnis malah menjadi beban, bukan lagi menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Apa yang ibu sukai?
“Oh, saya suka belanja. Bisa dijadiin uang ga?”
Menurut saya bisa bangeet. Kalau punya cukup modal, ibu bisa membeli barang-barang yang ibu sukai (misalnya tas branded, baju anak lucu-lucu, perabotan rumah tangga) namun tentunya sesuaikan dengan selera pasar ya. Setelah itu, ibu bisa menjualnya lagi kepada teman-teman atau berjualan online yang saat ini marak dilakukan oleh para mompreneur


Hobi belanja jadi uaaang. Sumber: jawabanpasti.com
“Nah, kalau ga punya modal gimana?”
Gimana kalau buka usaha titip beli? Itu lho, customer nanti memesan barang kepada ibu, lalu setelah pembayaran lunas, ibu bisa membelikan barang yang sesuai dengan pesanan customer. Barang apa saja yang bisa dijadikan usaha titip beli ini? Tentunya barang-barang yang sulit didapatkan namun banyak peminatnya. Contohnya saja, sekarang ada beberapa online shop yang menawarkan jasa titip beli untuk barang-barang IKEA, baju-baju anak branded atau mungkin makanan khas daerah. Bisa dijadikan ide kan, bu? Zaman sekarang kan orang-orang makin malas untuk keluar rumah ditambah lagi jalanan yang macet. Hehehe..
“Terus gimana dong kalau saya mau buka usaha tapi sudah banyak saingannya?”
Menurut Mbak Prita, ada tiga pilihan dalam memulai suatu usaha. Pertama, ibu bisa menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. Kedua, ibu bisa membuat sesuatu yang sudah ada menjadi lebih baik dan unik. Ketiga, ibu bisa tetap melakukan apa yang menurut ibu baik dan usaha berjalan tanpa ekspansi.

Kalau saya pribadi lebih memilih pilihan kedua. Alasannya, saya ga kreatif. Hehe.. Mungkin belum terbayang ya untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. Jadi mengapa tidak menjadikan bisnis kita “lebih” dari bisnis orang lain? Iya, lebih menguntungkan, lebih ramah dan cepat pelayanannya, lebih unik dalam mengemas barang, memberikan suvenir khas toko kita atau banyak kelebihan lainnya yang bisa menjadi nilai tambah kita dibandingkan pesaing.

2. Membuat waktu luang menjadi uang

Siapa yang tidak punya waktu luang? Atau 24 jam waktu ibu dihabiskan untuk bekerja? Wow.. Jangan lupa jaga kesehatan yaa kalau benar begitu.
Ibu rumah tangga yang bekerja full time pun biasanya memiliki waktu luang di kala si kecil sudah tidur atau sedang sekolah.
Nah, bagaimana jika waktu luang ini ibu manfaatkan menjadi uang?

Hobi masak jadi uang. Sumber: ibudanmama.com
Caranya? Tidak usah berpikir kejauhan. Jadikan saja aktivitas favorit ibu menjadi sesuatu yang menghasilkan pundi-pundi uang. Adakah dari aktivitas di bawah ini yang menjadi hobi ibu?
- Memasak
- Jalan-jalan
- Menari
- Mendesain baju
- Yoga
- Belanja
- Membaca
- Menulis 
- Menggambar
- Menjahit
- Fotografi
- Merangkai bunga
- Berdandan
- Wisata kuliner
- Menonton film
- Bermain alat musik

Nah, itu semua bisa dijadikan uang lho bun. Tips dari Mba Prita, coba ibu urutkan mana di antara aktivitas-aktivitas di atas yang menjadi hobi ibu. Lalu buatlah potensi usaha apa yang bisa dihasilkan dari aktivitas-aktivitas tersebut dan tuliskan langkah selanjutnya yang bisa ibu lakukan.

Contohnya saja, ibu suka menulis dan suka jalan-jalan. Potensi usaha yang bisa ibu hasilkan dari kegiatan ini adalah menulis di blog, membuat buku dari pengalaman ibu, membuat artikel untuk media cetak dan masih banyak lagi. Kemudian, langkah selanjutnya yang bisa ibu lakukan adalah membuat blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan tentang tempat-tempat yang pernah dikunjungi. Jangan lupa bergabung dengan komunitas yang relevan agar tulisan ibu banyak diketahui dan bermanfaat untuk orang lain. Kalau “belajar menulis”nya sudah lancar, boleh deh coba-coba mengirimkan artikel ke media cetak. Blog dan artikel ini bisa menghasilkan uang lho. Silahkan cek di Mbah Google untuk keterangan lebih lengkapnya ya :D

Yuk kita coba tips dari Mbak Prita! :)

3. Cintai pekerjaan ibu sekarang

Jika ibu tidak mampu –karena satu dan banyak alasan- untuk melakukan dua pilihan di atas, ibu dapat melakukan ini: mensyukuri dan mencintai pekerjaan yang sedang ibu jalankan. Apapun, jika dijalani dengan sepenuh hati pasti akan menghasilkan suatu yang baik kan?
Lakukan apa yang terbaik untuk pekerjaan ibu sekarang, teruslah berinovasi untuk mencapai karier yang ibu cita-citakan.

“Lantas, kalau saya ibu rumah tangga gimana dong?” 
Cintai peran ibu sebagai ibu rumah tangga. Karena sesungguhnya, pekerjaan paling mulia itu adalah menjadi ibu rumah tangga. Buat saya, ibu rumah tangga adalah superwomen. Sosok luar biasa yang serba bisa dan dapat diandalkan. Jadilah ibu yang selalu bisa menjadi tempat bernaung dan “rumah” bagi anak-anak. Jadilah ibu yang selalu bikin kangen dan jadilah ibu yang sekaligus menjadi sahabat untuk anak-anak.
Ah, kalau ini saya juga pengen banget bisa kayak gini *menunduk malu*

sumber: pinterest.com

Pembahasan ini adalah secuil ilmu yang bisa ibu dapatkan dari buku Mbak Prita ini. Yang belum baca bukunya, yuk kita baca bareng-bareng. So recommended for youuu.

sumber: amazon.com
Nah, bagaimana bu?
Sudah tau mau memulai bisnis apa? Atau masih bingung memilih di antara banyak pilihan? Yuk bagikan ceritamu di kolom komentar ya.. :)

Salam sayang sepenuh hati,
-si ibu jerapah-

-----
#odopfor99days #day17

13 comments :

  1. ayok praktekin ayoookkk...
    tengkiu sdh bbagi tips sekece ini

    ReplyDelete
  2. Saya Mrs mary pemberi pinjaman pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman pada tingkat 2%
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar utang Anda?
    Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
    pinjaman untuk membayar tagihan,
    Kami di sini untuk memberikan pinjaman dari jumlah apapun, hubungi kami melalui alamat perusahaan:
    queendanielloanfirm@gmail.com. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Thanks tipsnya, kebetulan saya lagi mau bisis, tapi masih bingung mau bisnis apa,,

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Kami bersertifikat Lender Pinjaman swasta yang berbasis di negara bersatu, kami menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, perusahaan dan bodies.We perusahaan juga menawarkan semua jenis pinjaman.
    Hubungi kami hari ini melalui e-mail
    dianawhiteloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  8. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  9. Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat hack mesin ATM dengan kartu ATM kosong, jadi mengapa pergi untuk pinjaman bahwa Anda masih akan membayar kembali dengan bunga !!! Kami telah khusus diprogram kartu ATM yang dapat hack Mesin ATM di dunia meskipun adalah ilegal Kartu ATM diprogram sedemikian rupa sehingga Anda tidak dapat dideteksi atau telah dilacak ketika menggunakannya. kartu ATM dapat digunakan untuk menarik uang tunai di setiap mesin ATM Kami menjual kartu ini untuk semua pelanggan kami dan pembeli tertarik di seluruh dunia, kartu memiliki batas penarikan harian $ 5000 pada ATM jika Anda membutuhkan setiap layanan maya hack lain, kita di sini untuk Anda kapan saja setiap hari. Berikut ini adalah daftar harga kami untuk ATM KARTU dan kami akan mengirimkan pin dan memberitahu Anda bagaimana untuk menggunakannya baik-baik saja:
    BALANCE ............ HARGA
    $ 10.000 ----- $ 400
    $ 20.000 ----- $ 800
    $ 35.000 ----- $ 1.200
    $ 50.000 ----- $ 2.000
    $ 100.000 ---- $ 4.000
    harga ini sudah termasuk biaya pengiriman dan biaya, pesan sekarang: hubungi kami melalui alamat email atmmachinecard@gmail.com Orde untuk Anda ATM dan hal itu akan dikirimkan kepada Anda di mana pun Anda berada dalam waktu 24 jam saja.

    ReplyDelete
  10. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...