January 17, 2016

Ruam Popok? Obati dengan Ramuan Alami Ini



Ibu mana yang bayinya belum pernah mengalami ruam popok? *Salim satu-satu*

Kayaknya semua ibu pasti pernah mengalami ruam popok pada bayinya ya? Entah karena popoknya ga cocok, diare yang menyebabkan bayi terus-terusan pup atau kelupaan ganti popok. Kalau saya pernah mengalami ruam popok gara-gara ketiga alasan itu.. Huhu.

Masalah ga cocok sama popok ini sudah beberapa kali dialami Ahza. Biasanya terjadi kalau lagi nginep di rumah Opa atau di Jakarta/Bekasi. Sok-sok'an pakai merek popok yang berbeda dengan yang biasanya dipakai dan hasilnya.. Ruam popok :,(

Gara-gara diare juga pernah. Waktu itu Ahza diare selama 2 minggu nonstop. Iyaa 2 minggu. Lama banget ya.. Akhirnya karena ruam terus, Ahza ga dipakein popok dan hanya pakai celana aja. Kalau ruamnya sudah mendingan baru pakai popok lagi. Kasian deh, sampai merah-merah banget itu-nya >.<

Nah, yang paling bikin bubunya merasa bersalah adalah kalau Ahza ruam popok gegara saya lupa ganti popoknya atau Ahza ga ketauan pupup. Biasanya ini kejadian kalau kita seharian di luar rumah. Baru sadar Ahza pupup kalau udah ada bau-bau sedap sampai ke hidung. Aduuh.. Maaf ya, Nak.

Obat Alami Ruam Popok

Ruam popok adalah ruam kemerahan pada kulit bayi yang tertutupi dengan popok. Sebenarnya ruam sendiri banyak jenisnya ya, termasuk ruam susu di pipi bayi yang disebabkan karena menempelnya sisa susu dalam waktu yang cukup lama.

Sebagian ruam popok terjadi di bagian pantat dan pinggang bayi. Salah satu penyebab utama munculnya ruam popok ini adalah kontak berkepanjangan dengan air pipis dan pupup bayi. Kondisi ini bisa semakin parah jika terjadi gesekan antara kulit bayi dengan popok. Auch!

Saat ini banyak sekali yaa obat ruam popok yang beredar di pasaran. Banyak banget mereknya, mungkin sudah punya juga yaa di rumah masing-masing. Namun, ternyata ada lho obat alami untuk mengobati ruam popok yang bisa kita coba.
Ini dia obat alami ruam popok pada bayi:

1. Bubuk oatmeal



Punya oatmeal untuk sarapan di rumah? Ternyata bisa dipakai untuk obat ruam popok lho.
Caranya: tambahkan beberapa sendok teh oatmeal bubuk dalam air mandi bayi. Kemudian taruh bayi di dalam air tersebut selama beberapa menit. Pastikan bagian yang terkena ruam terendam dengan sempurna ya..

Saya pernah mencoba pakai oatmeal ini dan lumayan ampuh. Ruam popok Ahza yang kemerahan itu bisa lebih cepat menjadi kering.

2. Baking soda


Baking soda juga ternyata bisa digunakan untuk mengobati ruam popok. Cara penggunaannya sama dengan bubuk oatmeal di atas.

3. Lidah buaya



Caranya: oleskan gel lidah buaya pada daerah yang terkena ruam popok setiap sehabis mandi. Gel lidah buaya memiliki efek menenangkan pada lecet dan luka, serta bisa mengurangi iritasi.

Waktu kecil banyak sekali lidah buaya di rumah Oma. Dan biasanya jika saya terluka, mama akan mengoleskan gel lidah buaya di luka saya. Lumayan sih, jadi adem-adem giru. Hehehe..

4. Campuran antara minyak esensial peppermint, cendana dan lavender. Tambahkan juga minyak almond manis. Konon katanya, campuran dari minyak-minyak ini sangat efektif lho dalam menyembuhkan lecet yang disebabkan oleh ruam.


5. Minyak ikan cod atau campuran minyak jarak dan air bisa juga digunakan untuk mengobati ruam popok.


6. Cuka


Wow cuka bisa juga digunakan untuk menyembukan ruam popok lho. Tapi cek dulu ya caranya: Cuka digunakan untuk merendam popok kain dengan dicampurkan dengan air sebelum dicuci. Kemudian, cuci popok dengan air bersih dan keringkan. Hindari penggunaan detergen karena sisa bahan kimia detergen dapat menyebabkan ruam popok.

Gimana? Semoga bisa dijadikan alternatif dalam mengobati ruam popok ya..

Lalu, bagaimana supaya ruam popok ini tidak terjadi lagi.
Kalau sih meminimalisir penggunaan popok yang ga cocok untuk Ahza, karena seringnya gara-gara masalah popok ini yang sering menimbulkan ruam popok pada Ahza.
Masalah popok ini udah kayak jodoh ya. Beda bayi beda juga popoknya. Popok yang mihil itu ternyata ga cocok buat Ahza. Malah popok yang biru ada Winnie The Poohnya itu yang cocok buat Ahza. Ga selalu harus mahal kan, yang penting cocok untuk Ahza.

Asyiknya Belanja Popok Online

Ibu-ibu suka panik ga sih kalau si popok habis ga ketauan? Biasanya ini terjadi kalau ibu lagi banyak kerjaan atau pikiran. Haha.. Pas ganti popok, eh, kok popoknya si dedek tinggal dikit banget ya.

Duh, gaswat banget deh dan saya sering kecolongan gitu. Haha..
Udah gitu di rumah lagi ga ada siapa-siapa dan supermarket dekat rumah ga jualan merek popoknya Ahza.
Huaaa.. Panik deh x_x

Nah, sekarang saya ga pernah panik lagi deh. Gara-garanya, sekarang kita bisa belanja popok online via Prosehat yang bisa diinstall di smartphone masing-masing. Prosehat menyediakan berbagai jenis popok dengan harga yang 11-12 dengan supermarket favorit saya. Ditambah lagi free ongkir (untuk pembelian minimum Rp 100.000 dan maksimal ongkir Rp. 25.000 di luar wilayah Jakarta). Jadi ya cocok lah.. :)

Psst, lagi diskon juga lho.. Asyik asyik..


Selain popok, kita juga bisa memenuhi kebutuhan si kecil yang lain, seperti susu untuk usia 1 tahun ke atas, suplemen anak, dan paket vaksin atau imunisasi. Wow, lengkap ya.. Alhamdulillah.. Jadi semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan anak sehat :D

Semoga anak-anak kita selalu diberi kesehatan dan dilindungi Allah ya.. Aamiin..


Sumber gambar:
http://acnecura.org/wp-content/uploads/2014/11/blackheads-oatmeal.jpg
http://www.newhealthadvisor.com/images/1HT00910/Baking-soda.jpeg
http://www.natural-homeremedies-for-life.com/images/Aloe-Vera-gel.jpg
http://thesource.com/wp-content/uploads/2015/07/8-most-benefitial-essential-oils.png
http://www.thesleuthjournal.com/wp-content/uploads/2012/12/cod-liver-oil.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-f39VtdgQguo/UXX2P2UlWrI/AAAAAAAAAHc/QsOug5TUswk/s1600/cuka.jpg

2 comments :

  1. Ruam popok ini pernah banget dan kita suka ikut perih - perih sendiri.
    makasih ya tips - tips nya layak dicoba, belanja di prosehat nya juga pasti takan dilewatkan..
    Salam buat Ahzaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhu teh, yuk belanja di prosehat :)

      Delete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...