January 19, 2016

Cara Mudah Menambah Followers Onlineshop di Instagram



Alhamdulillah, postingan saya tentang 10 Cara Mudah Berjualan di Instagram ternyata banyak yang baca (atau mungkin hanya kepo) ya.. Semoga bermanfaat untuk para mommypreneur wannabe ya.. Semangat!

Nah, pada postingan kali ini, saya akan sedikit sharing tentang cara menambah follower instagram.

Akun instagram onlineshop tanpa follower bagaikan makan sayur tanpa garam. Jika mengandalkan hashtag saja mungkin tetap akan terjadi closing, tapi secara tidak langsung jumlah follower juga mempengaruhi psikologi pembeli saat memilih onlineshop. Sekarang bandingkan, jika ada dua onlineshop dengan jumlah follower berbeda, yang satu sebut saja 387 dan yang lainnya 5.096. Kira-kira mana yang akan lebih banyak dipilih? Kalau saya pribadi, saya akan memilih yang followernya lebih tinggi. Karena biasanya (biasanya lho) dengan jumlah follower sebanyak itu, onlineshop tersebut sudah lebih lama beroperasi dibandingkan dengan onlineshop berfollower 300an yang disebut di awal. Karena sudah lebih lama, berarti lebih banyak pengalaman, lebih terpercaya, dan lebih baik untuk dipilih. Sebegitu pentingnya jumlah follower di instagram, sampai-sampai banyak sekali jasa-jasa jual beli follower bermunculan bak jamur di musim hujan.

"Ah, saya mau pakai jasa jual beli follower aja ah! Gampang, cepet pula!"

Pernah berpikir seperti ini? Saran saya jangan pernah membeli follower. Mengapa? Karena:


  1. Follower yang diperjualbelikan tersebut adalah akun-akun robot. Memangnya robot ada yang butuh hijab bayi? Hiks hiks.. Ga ada kan? Jadi percuma aja sih kalau saya bilang.
  2. Instagram itu pintar dan bisa mendeteksi akun-akun robot. Bukan ga mungkin suatu saat nanti follower-follower robot yang kamu beli akan hilang blas dibasmi oleh instagram. Ini pernah terjadi di tahun 2015 yang lalu. Tiba-tiba saja follower beberapa onlineshop berkurang secara drastis dan akhirnya ketauan deh kalau dulunya dia pernah membeli follower. Apa efeknya?
  3. Di komunitas onlineshop, terdapar sanksi blacklist untuk akun-akun yang sudah terbukti memiliki banyak follower robot. Efeknya adalah kita tidak bisa lagi bergabung dengan komunitas onlineshop manapun karena biasanya blacklist akan disebarkan kepada semua komunitas bahkan ada beberapa akun instagram yang khusus memposting akun-akun onlineshop yang diblacklist. Kalau udah gitu, bhay aja deh bubar jalan jualannya :(
Banyak ruginya kan daripada untungnya? Kalau saya bilang sih rugi banget. Keluar uang banyak untuk hasil yang nol. Jadi, lebih baik kumpulkan follower dengan cara halal. Walaupun harus sabar, insya Allah hasilnya optimal. Eits, bentar-bentar. Harus sabar? Emangnya ga ada apa cara cepat untuk menambah follower di instagram?

Ehem, ada sih. Kalau kamu artis terkenal, anaknya artis, sodaranya artis, selegram atau orang terkenal lainnya, follower kamu pasti cepat naiknya. Kalau bukan? Yaa... Selamat menikmati prosesnya ya.
Masing-masing onlineshop beda-beda kok. Ada yang dalam beberapa bulan saja bisa tembus angka puluhan ribu follower. Ada juga yang sudah bertahun-tahun tapi segitu-gitu aja. Contohnya saya. Hihi.. Semua sesuai kok dengan effort yang kita lakukan. Dan percayalah, rezeki ga akan kemana. Follower banyak dan sedikit, rezekinya sama, semua sudah ada yang ngatur.

Nah, supaya ga penasaran, secara garis besar ada dua jenis cara menambah follower instagram (khusus onlineshop yahhh). Yaitu cara gratisan dan berbayar. So, ini dia cara menambah follower instagram ala ala sayah:

Cara Gratisan

Yah, namanya juga gratisan. No pain, no gain katanya. Cukup mudah untuk dilakukan, tapi membutuhkan konsistensi dan kesabaran tingkat tinggi. Saya pernah mempraktekkan ini pada awal-awal berjualan. Sampai sekarang pun kadang-kadang masih saya lakukan, tapi jarang sekali karena cukup menyita waktu dan perasaan. Beberapa cara gratisan untuk menambah follower instagram adalah:
  1. Menebar cinta. Meminjam istilahnya founder Sekolah Bisnis Online, cara yang satu ini lumayan efektif untuk dilakukan. Dengan catatan, cara-cara ini sudah dilakukan sebelumnya yaa.. Caranya seperti ini: cari foto yang berhubungan dengan barang jualan kamu. Misalnya, saya dulu jualan pelancar ASI, jadi saya harus cari foto-foto yang berhubungan dengan itu. Caranya bisa cari via hashtag. Misal: #asi #pejuangasi #asiperah dll. Biasanya yang muncul adalah foto-foto bayi nan lucu atau hasil perahan ASI ibu-ibu menyusui. Kalau sudah ketemu, berikan like kita pada foto-foto tersebut. Untuk hasil optimal, bisa tambahkan komen yang berbobot. Plis, jangan komen kaya gini ya: "Cek ig kita ya bun, ada pelancar asi top bgt banget deh. Ih, spamming sekali." Coba komennya seperti ini: "Hai bun, waah ASInya banyak ya, tetap semangat yaa kasih ASI eksklusif untuk bayinya." Biasanya si ibu langsung kepoin akun kita dan kalau tertarik akan follow bahkan order. Asik yah..
  2. Follow to follow. Ah, saya juga pernah mempraktekkan ini. Hasilnya lumayan sih. Tapi berhubung nama akun saya umum banget (@denalishop) jadi ga optimal hasilnya. Caranya seperti ini: Cari akun-akun yang sesuai dengan target produk kita. Bisa dengan cari foto yang sesuai seperti pada poin 1. Setelah itu follow deh. Biasanya kalau kita difollow pasti pengen tau dong, siapa nih yang follow kita? Otomatis dia akan cek akun kita dan mudah-mudahan follow yahhh.. Oia, kalau beberapa hari ga juga difollback, unfollow akun si ibu itu juga boleh kok (sarannya sadis yah)
  3. Shout for shout (sfs). Bergabunglah dengan komunitas onlineshop di aplikasi Line. Supaya optimal, bergabunglah hanya dengan komunitas yang sesuai dengan produk kamu. Jangan yang campur-campur. Paling sebel kalau udah ketemu sama yang jual obat peluruh bulu ketek. HUHUHUHU.. (maaf yaa yang jualannya itu, peace!). Di sana kamu bisa saling promo sesama onlineshop. Hasilnya cihuy lho. Kalau kamu rajin, follower kamu akan bertambah drastis hanya dalam waktu beberapa saat saja. Uhuy! Kelemahannya hanya satu: kamu akan membutuhkan banyak effort untuk melakukan sfs, baik dalam bentuk waktu, uang (data), dan tenaga. Makanya semenjak Ahza semakin aktif, saya sudah jarang beraktivitas di komunitas ini, paling-paling hanya di 1-2 komunitas saja.
  4. Konten menarik. Malas melakukan poin 1 sampai 3? Kalau gitu, optimalkan kreativitasmu sebagai alat penarik follower. Caranya: buat nama akun yang 'beda', buat foto produk yang cantik, selipkan quotes-quotes atau gambar-gambar menarik yang bisa memancing perhatian calon follower dan yang paling penting: hashtag! Karena itu semua percuma kalau kamu ga kasih hashtag apa-apa di postingan kamu. Selamat mencoba!
Cara berbayar

Nah, kalau punya anggaran promosi, bisa banget menggunakan cara berbayar ini. Hasilnya mantap juga lho. Berbanding lah dengan apa yang kita keluarkan. Berikut ada beberapa cara menambah follower yang saya tau (dan sebagian sudah pernah coba):
  1. Endorse! Beuh, siapa sih yang ga mau pake baju kembaran sama Raisa? Yah, minimal sama lah mereknya atau tempat belinya. Inilah keuntungan dari endorse artis atau selebgram. Walaupun produk kamu biasa-biasa aja, tapi akan jadi wah! kalau sudah dipakai artis-artis atau selebgram ini. Tapi ya, modalnya gede gitu deh. Berkisar dari Rp. 100.000 - Rp. 5.000.000 bahkan lebih. Saya pernah coba, tapi cukup ke selebgram hijabbers dan satu lagi ke model brand baju anak kecil. Hasilnya ga begitu ngaruh sih. Haha.. Tapi lumayan, buat dijadikan testimonial. Pilih artis dan selebgram yang hasil fotonya kece ya supaya memuaskan.
Salah satu artis yang sering banget diendorse
  1. Jasa promosi onlineshop. Caranya: daftar jadi anggota dengan membayar sejumlah uang untuk jangka waktu tertentu (biasanya minimal 1 bulan), nanti mereka akan merepost foto di instagram kamu dan menambahkan caption yang 'menjual' disertai dengan hashtag yang lengkap. Fungsinya apa? Ini bermanfaat untuk kamu yang ga sempat update foto setiap hari di instagram. Dengan adanya jasa ini, produk kamu akan selalu ada di halaman teratas pencarian berdasarkan hashtag. Ya intinya mereka bantu kita jualan dengan mempromosikan foto dan hashtag kita. Beribet ya saya jelasinnya -____-
  2. Paid Keroyokan Tertarget (PKT). Jadi seperti ini sistemnya: biasanya dilakukan secara one by one atau per grup. Sistemnya sama. Kita akan membayar sejumlah uang sesuai paket yang kita ambil kepada salah satu onlineshop yang memiliki follower kelas berat, sebut saja onlineshop A (biasanya 100.000 follower ke atas). Paket itu artinya berapa banyak follower yang akan dijadikan target kita. Misalnya, saya mau PKT 1.000 follower, nanti kita harus membayar harga paket 1.000 follower. Setelah itu, onlineshop A akan melakukan SFS untuk onlineshop milik kita sampai follower kita mencapai target. Keuntungan: tinggal leyeh-leyeh nunggu follower request. Kekurangan: Harga lumayan mihil (Rp. 100.000 ke atas) dan biasanya lamaaa dikerjainnya, apalagi kalau ikut yang grup. Bisa lho sampai 1 tahun ga beres-beres alias masih ngantri saking pesertanya banyakan.
  3. Paid Keroyokan Non Tertarget (PK). Nah, menurut saya, ini cara yang paling efektif dan efisien. Masalah biaya juga bisa disesuaikan dengan anggaran kita. Biaya mulai dari Rp. 15.000 saja. Hasilnya? Top, dengan catatan: foto dan caption meyakinkan. Caranya gimana ya? Caranya, kita harus mantengin soundingan di komunitas onlineshop tentang PK ini. Biasanya di pertengahan bulan kayak gini atau di akhir bulan, onlineshop yang membuka layanan PK akan membuat soundingan penawaran jasa PK. Misalnya, onlineshop C dengan follower 20.000 membuka PK untuk 1 bulan yang artinya ada 30 slot. Nanti kita bisa memilih hari apa kita akan dipromosikan dan langsung melakukan pembayaran sebagai tanda jadi. Selanjutnya adalah tinggal menunggu onlineshop kita dipromosikan dan mendapatkan banjir follower request. Tapi, saya males ah ikutan komunitas. Gimana dong? Bisa juga kamu menghubungi salah satu onlineshop yang followernya sesuai dengan anggaran kamu (biasanya harga PK adalah sama dengan jumlah follower + 5.000. Misal, follower 10.000, harga PKnya berkisar antara Rp. 15.000-20.000). Contohnya saya, walaupun follower saya masih segitu-segitu ajah, lumayan banyak lho teman-teman onlineshop yang bahkan saya ga pernah kenal meminta saya untuk mem-PK-kan onlineshop mereka. Tapi sampai ini saya masih pilih-pilih. Biasanya yang saya terima hanya yang berhubungan dengan ibu dan bayi. *bukan iklan*
  4. Sewa admin sfs. Ini cukup membantu lho. Apalagi untuk para working mom atau stay at home momma rempong kayak saya yang jarang bisa pegang handphone atau yang cuma bisa online di tengah malam but (eh jadi curhat haha). Admin sfs ini sangat membantu kita untuk melakukan sfs. Biayanya pun beragam. Ada yang murah ada pula yang mihil. Bahkan selidik punya selidik, admin sfs itu pendapatan bulanannya bisa melebihi UMR tertinggi di negara kita. Ini peluang usaha banget lho sebenarnya. Kalau saya masih single, pasti saya udah jadi admin sfs. Kerjanya kan cuma gitu-gitu aja tapi pendapatannya guedeee... (ih ini salah fokus). Admin sfs ini tugasnya membantu kita sfs, mulai dari mencari soundingan, mendaftarkan sfs, sampai posting di instagram kita. Ada rupa ada harga ya. Kualitas admin juga ditentukan oleh harganya. Tapi alhamdulillah banget yaa, admin saya ini harganya paling murah tapi kualitasnya keren banget, ngalahin suami siaga. Haha.. Kelebihan: ibu bisa santai main sama anak. Kekurangan: harus bisa cari admin yang amanah. Sering deh ada kasus admin ngehack akun instagram onlineshop yang berfollower menakjubkan. Nama akun diubah, password diganti, lalu akun dijual. Bhay deh. Mau laporan kemana coba kalau udah gitu? Maka, waspadalah! Waspadalah!
Apa lagi ya? Oia, ada tips cara menambah follower dari Mbak Chitra @babyklik lho. Beliau ini asli keren banget. Hanya dalam beberapa bulan, followernya melejit. Selain karena produknya beragam dan foto produknya bagus, Mbak Chitra juga menerapkan hal-hal ini. Siapa tau cocok, boleh dicoba:
  1. Akun instagram lebih baik digembok supaya orang jadi penasaran. Beliau baru membuka akun instagram setelah mencapai 10.000 follower.
  2. Pada awalnya beliau sfs 5-7 kali dalam sehari. Setelah mencapai 5.000 follower frekuensi sfs turun jd 3-5 kali dalam sehari dan setelah mencapai 10.000 follower sampai sekarang, frekuensi dikurangi menjadi 2 kali dalam sehari.
  3. Jangan asal-asalan dalam memilih slotsfs. Percuma kerokan 7 kali dalam sehari tapi target marketnya ga cocok. Untuk kerokan khusus MOMBABY lebih nampol dibanding MIX.
  4. Usahakan cari slot sfs dengan follower yang sama dengan jumlah follower kita, jadi  otomatis kita akan sfs dengan onlineshop yang followernya lebih tinggi dari follower kita.
  5. Buat foto dan caption menarik. Usahakan kata-kata baris pertama bikin orang pengen ngklik akun kita.
  6. Usahakan selalu upload produk tiap harinya. Beliau selalu upload dagangan jam 6-8 pagi karena biasanya banyak yang buka instagram. Kalau barang kita terbatas jenisnya, bisa juga upload testimonial, pokoknya harus update tiap hari, jangan cuma sfs aja yang nampang di akun kita. Bisa2 yg unfollow banyak deh.


Nah, gimana-gimana? Sudah sedikit kebayang kan? 
Yuk praktek bareng-bareng..
Oia, yang punya pengalaman lain tentang menambah follower di instagram boleh dong share di kolom komentar. Nanti saya tambahkan ke list saya.

Semoga bermanfaat yaa...
Semangat menebar kebaikan dengan menjadi mompreneur. Semangaaattt..! :D

ps: postingan ini dikhususkan hanya untuk akun onlineshop saja ya.. saya belum pernah mencoba mengoptimasi akun pribadi saya soalnya. malu. hihihihi..

-----
#odopfor99days #day12

21 comments :

  1. Mbak kita kudu harus struggle banget ya kalau punya ol shop

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba,
      saya mah udah tumbang nih..
      udah mulai mengendur.. :D

      Delete
  2. wah asyik ya, sayang kalau akun pribadi akau cuma main hastag aja sich habis bingung. Lumayan fol dan 950an

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah keren sekali mba.. mba ignya apa? mau nyontoh ddong hihi

      Delete
  3. pernah denger sfs, tp masih gak ngehhh ahaha

    ReplyDelete
  4. Mantep banget mbak tipsnya! tapi masih bingunga istilah keroyokan, slot haduuh...nggak sampe otakku! ��

    ReplyDelete
  5. Wahh, lengkap banget ulasannya Mbak, sangat berguna bagi yang punya onlineshop di instagram :)

    ReplyDelete
  6. rinci banget uraiannya..pantes aku gak nambah2 he.... makasih tipsnya mak...
    blm penah nyobain yang berbayar...

    ReplyDelete
  7. Perlu perjuangan ya ternyata, enak juga tuh kayaknya jadi admin sfs :)

    ReplyDelete
  8. Aku banyak di follow ol shop, tapi gak aku folback. Abisan suka spam

    ReplyDelete
  9. wiih mantabb, nambah ilmu baru ni buat branding

    ReplyDelete
  10. Baru pernah nyoba endorse yg gratis waktu itu ke ghaida :D perlu nyoba yg lainnya, makasih sharingnya mba ^^

    ReplyDelete
  11. Wah, saya nih yang masuk kategori mompreneur wannabe tapi nggak jadi-jadi. Hehehe. Semoga segera terwujud.. dan mau nyontoh tips ini buat dipraktekin, ah..

    Kalau buat nambah follower Blogger, berarti harus endorse Blogger atau F2F sesama Blogger juga, yaaa.. :D

    ReplyDelete
  12. Saya jrg main IG, jd gak mau pusing nambah follower

    ReplyDelete
  13. Mbak cari komunitas sfs di Line.nya gimana??

    ReplyDelete
  14. informasinya sangat bermanfaat nih, kebetulan baru mau buat online shop

    ReplyDelete
  15. Promo AKSESORIS 7 HARI untuk dan Promo REFERRAl 50% untuk pendaftar PERTAMA!
    Untuk pendaftar yang mengisi Kolom VOUCHER AKSESORIS di Kolom pendaftaran.
    Info lebih lanjut bisa hubungi team LIVECHAT kami di www.indomonopoly.com.

    ReplyDelete
  16. Bagus bgt ulasanya mba... tapi masih bingung banget dg istilay sfs itu.. keroyokan.. ora mudeng inih .. bahasa awamnya apa t mba..

    ReplyDelete
  17. Sfs kayaknya recommended banget.
    Seketika pusing (dalam arti baik) baca postingan ini. Mesti mulai dari mana.

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...