December 05, 2015

Tips Menjaga Kebutuhan Tidur Ibu Menyusui

Yang suka bangun-bangun di tengah malam untuk menyusui, ayo ngacung.. hehe..

i feel you, mama..

bangun-bangun di tengah malam, ah sudah biasa..

tapi untuk ibu baru, mungkin agak menyiksa ya. apalagi masih capek pasca melahirkan.

nah, saya akan coba berbagi beberapa tips supaya mama bisa menjaga kebutuhan tidur atau istirahatnya, supaya tetap fit dan ASI lancar jaya. yuk disimak :


sumber: denalishop



1. tidur bersama bayi dalam satu ruangan. hal ini bisa mengurangi energi dan waktu mama berjalan ke kamar bayi untuk menyusui atau ganti popok dan lain-lain. tidur bareng bayi juga bisa memudahkan bayi memberikan tanda-tanda awal menyusu sebelum menangis dan sulit ditenangkan. tapi perlu diperhatikan keamanan bayi saat tidur bersama ya mam..

2. minta bantuan suami atau saudara yang tinggal serumah untuk membantu mengurus keperluan mama dan bayi, seperti mengganti popok dan menyediakan makanan minuman untuk mama. hayo para papa, harus bisa ganti popok bayinya ya..

3. pilih posisi berbaring miring saat menyusui. awalnya saya merasa kesulitan pada posisi ini. tapi lama-lama jadi enjoy. malah bisa bobo bareng sama bayinya juga lho. hehe..

4. saat bayi tidur siang, gunakan waktu tersebut untuk ikut tidur atau berbaring santai. banyak kerjaan? tetap sempatkan untuk istirahat ya mam. pokoknya saat bayi tidur, usahakan mama juga tidur atau minimal rebahan beberapa saat. keluarga dan orang-orang sekitar pasti maklum kok kalau mama ikut tidur juga, jangan khawatir dibilang pemalas ya ma. hehe..

5. bila mama masih merasa lelah dan kurang tidur, tetaplah berpikiran positif bahwa menyusui di malam hari memberi manfaat bagi bayi dan mama. next time kita bahas mendalam tentang ini ya mam. kalau mama benar-benar tau manfaatnya, waaah jadi semangat deh menyusui di malam hari atau di waktu-waktu lainnya..

tetap semangat ya ma..

TETAP SEMANGAT

Sukses ASI eksklusif

salam ASI ^^

No comments :

Post a Comment

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...