December 10, 2015

Tips Mencegah Payudara Bengkak Saat Menyusui

Aloha Mama..

Tips kali ini adalah tips mencegah payudara bengkak saat menyusui...

lah kok bisa bengkak? hehe..

informasi ini saya kutip dari buku kecenya bu monik ya.. cekidot..

Aww Sakitnya Payudara yang Bengkak -_- (sumber dari sini)



payudara bengkak adalah pembengkakan PD yang disertai nyeri karena PD terlalu penuh (asi menumpuk di saluran asi) akibat kegagalan mengeluarkan asi dengan cukup atau sering. beda lho mam, PD yang bengkak dan PD yang membesar dengan normal.

pembengkakan ini terjadi biasanya saat bayi tidak efektif menyusu dan mama membiarkan PD penuh dalam jangka waktu yang lama. PD bisa bengkak dan rasanya.. aduhai.. nyeri ya mam..

pembengkakan ini dapat terjadi pada satu atau dua PD sekaligus, tergantung penyebabnya. bahkan mama bisa sampai demam ringan lho.. haduh..

nah, coba simak beberapa tips mencegah payudara bengkak dari bu monik ya ma:

  1. pastikan posisi dan pelekatan bayi dalam keadaan baik. nah, ini mah nomor 1 dalam dunia susu menyusui. kalau posisinya udah salah, mama akan merasa sakit dan asi pun ga keluar mam. biasanya, ujung-ujungnya mama merasa asi kurang, padahal si bayi memang salah pelekatannya. belajar posisi pelekatan yang baik yuk ma..
  2. biarkan bayi menyusu sesuai keinginan. bila bayi tidur agak panjang, misalnya pada malam hari, lakukan pemerahan minimal 2 kali sepanjang malam. jangan biarkan PD tidak dikosongkan lebih dari 5 jam. bahkan kalau bisa, 2 jam sekali wajib dikosongkan, dengan disusui atau diperah.
  3. biarkan bayi menyelesaikan PD pertama terlebih dahulu sebelum menawarkan PD yang lain.
  4. memang kunci sukses menyusui itu adalah kekonsistenan mama dalam mengosongkan PD ya ma.. semakin sering dikosongkan, semakin cepat PD akan mengisi kembali.

kalau memang mau asinya lancar jaya, ya mau ga mau, mama wajib rajin menyusui atau memerah ya mam.

lagipula, dengan mengosongkan PD, mama terhindar dari PD bengkak yang aduhai rasanya. hehe..

TETAP SEMANGAT

Sukses ASI Eksklusif

salam ASI ^^

8 comments :

  1. Ohh begitu. Xixixi, makasih sharingnya. Saya kadang bingung gimana menyusui. Ini mau anak ke dua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama2 mba.. semoga bermanfaat yaa. semangat ASI Eksklusif yaa :)

      Delete
  2. aduh gk enak bgd dah kalok pd bengkak, mak tengteng gitu rasanyaa..
    tengkiu infonyabya mak, bs diprajtekkin di kehamilan selanjutnyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mbaa.. bikin hari-hari menjadi suram, hehehe..
      sama2 mba.. semangaaat :D

      Delete
  3. emang gak enak banget yah mak klo PD bengkak, ada yang sampai demam loh karena PD bengkak ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, bahkan bisa sampai dioperasi kalau udah sampai mastitis akut. aduh, linu saya...

      Delete
  4. Ini blog yg mengulas khusus parenting ya? Baru pertama kali saya mampir di sini. Salam Kenal :D

    Oh ya saya gak tau mau komentar apa. Orang sya blm pernah hamil, menyusui. Belum menikah juga. Tapi gpp buat refrensi aja. Nice post :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba arinta.. makasih yaa sudah berkunjung :)
      hihi

      Delete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...