December 22, 2015

Selamat Hari Ibu! Ibu Cerdas Akan Melahirkan Generasi yang Cerdas (FREE E-BOOK)

Pernah mendengar kalimat-kalimat ini?

Katanya, kalau lagi hamil sering-sering minum air kelapa, supaya bayinya bersih.
Katanya, kalau lagi hamil ga boleh sering-sering makan pedes, nanti bayinya kepedesan juga.
Katanya, kalau sudah dekat HPL harus sering-sering ngepel jongkok supaya bayinya ketemu 'jalan'.
Katanya, kalau minum rendaman rumput Fatima bisa mempercepat kelahiran.
Katanya, kalau habis melahirkan rahimnya turun, jadi harus dinaikkan lagi oleh emak paraji.
Katanya, kalau habis melahirkan  ga boleh tidur siang (huaaa.. ampun..)
Katanya, kalau lagi menyusui makannya yang hambar-hambar aja.
Katanya, kalau ASI di pagi hari itu basi lho..
..... sampai yang paling absurd
Katanya, kalau ngucek-ngucek pakaian bayi saat mencuci, nanti bayinya jadi suka ngulet-ngulet pas tidur lho.. (-_-)

Pasti pernah dengar ya, dengan berbagai versi dan berbagai katanya, katanya..
Hehehe..


Karena Saya Kepo

Saya sendiri adalah tipe orang yang kepo. Sering ga puas dengan katanya. katanya, dan selalu ingin tau faktanya. Kalau bisa mencari bacaan terbaru tentang si katanya. katanya itu. Hehe, berlebihan sih, tapi kan namanya juga orang kepo. :D
HIDUP KEPO!

Menurut saya, menjadi orang tua yang baik membutuhkan setidaknya 2 hal : pengalaman dan kemauan untuk belajar.
Jika dilihat dari pengalaman, ibu yang sudah memiliki 3 orang anak tentunya memiliki pengalaman yang lebih banyak daripada ibu dengan 1 anak. Tapi, belum tentu ia adalah orang tua yang baik, tergantung apakah pengalaman menjadikannya ingin menjadi lebih baik, atau gitu-gitu aja.
Begitupun dengan kemauan untuk belajar. Memang, informasi-informasi yang kita dapatkan dari orang tua, nenek kakek atau para sesepuh lainnya tidak sepenuhnya salah. Hanya tidak sempurna, menurut saya. Seperti halnya agama Islam yang diturunkan untuk menyempurnakan agama-agama sebelumnya, begitupun ilmu pengetahuan. Ilmu-ilmu yang lebih dahulu ditemukan oleh pada ilmuwan terdahulu disempurnakan dengan penelitian-penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan modern. Namun, berbeda dengan agama Islam yang sudah sempurna dan tidak ada perbaikan, ilmu pengetahuan terus berkembang dan semakin menyempurnakan ilmu-ilmu pengetahuan yang sudah ada.

Sama halnya dengan ilmu kehamilan, ilmu melahirkan, ilmu pascamelahirkan, ilmu menyusui hingga ilmu parenting.

Untuk urusan belajar ini, saya lebih memilih belajar dengan metode membaca buku. Memang, mbah Google sudah sangat pintar dan lengkap, tapi kok ya gimanaaa gitu kalau ga punya buku pegangan. Kuota internet kan ga selalu ada. Hehehe.. Beda dengan buku, yang selalu ada di rak buku kapanpun (kalau ga ada yang minjem yah :D)

Ketika hamil, banyak buku yang saya ingin beli di Gramed. Sejak kecil ya memang kutu buku. Selalu ngiler melihat buku-buku di Gramed, termasuk ketika hamil. Namun, karena budget terbatas, akhirnya saya memutuskan survey ke beberapa forum internet dan situs review buku untuk menentukan buku apa yang lebih baik saya beli. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli buku karya Heidi Murdoff ini.

Kitab Hamil Terlengkap, Heidi Murdoff
Alhamdulillah, saya ga salah beli. Selain buku-buku tentang hypnobirthing, saya hanya punya satu buku ini yang membahas tentang A-Z kehamilan. Bukunya sakti banget buat saya. Semua pertanyaan yang ada di pikiran saya, semua dijawab di buku ini. Bahkan pertanyaan-pertanyaan yang ga kepikiran sekalipun. Ruaar biasa. Tapi saya menyesal membeli buku ini. Saya menyesal karena membeli pada saat kandungan saya sudah besar, sudah mendekati persalinan. Saya menyesal mengapa bukan dari awal saya membeli buku ini. Heuu..

Belajar menyusui ternyata lebih mengasyikkan lagi. Di lingkungan saya saat itu, banyaaak sekali mitos-mitos tentang menyusui yang saya dengar. Ga boleh ini itu, harus minum ini, makan itu, susunya basi, bayinya diare, dan lain-lain. Jujur, ini semua membuat saya stres. Dan ternyata, lingkungan yang seperti ini bisa menjadi pemicu gagalnya program ASI Eksklusif. Banyak ibu yang akhirnya menyerah pada keadaan dan memilih jalas pintas: susu formula. Padahal banyak yang belum diketahui tentang ASI dan menyusui.

Saya belajar tentang ASI dan menyusui dari kehamilan trimester pertama. Saya begitu exited dengan ASI sejak teman kantor saya dengan bangganya berkata bahwa dia adalah Ayah ASI dan anaknya baru saja lulus Sarjana ASI. Ketika itu saya heran, lho kok bangga banget sih anaknya minum ASI doang? Ya, saya dilahirkan di keluarga yang memegang prinsip bahwa semakin mahal susunya, semakin baik kualitasnya. Saat itu saya langsung kepo tingkat tinggi dan memutuskan untuk belajar tentang ASI. Dan karena itu jugalah saya bertekad untuk bisa menyebarluaskan kampanye ASI ini kepada ibu-ibu lainnya. Salah satunya adalah dengan membuat LINE Official Account @infomenyusui (di-add yaaa... eaaa)

Inilah buku-buku yang memperkenalkan saya tentang kehebatan ASI dan fakta-fakta ilmiah tentang ASI. Beberapa di antaranya saya dapatkan dengan penuh perjuangan, ada yang merupakan hadiah lomba dari AIMI dan ada beberapa yang ditandatangi oleh penulisnya. Haha, saya ASI-holic banget yaa anaknya (ceritanya).

Buku-buku Wajib Belajar Menyusui

Selain menyusui, saya juga tertarik dengan dunia parenting. Ada satu paket buku yang menurut saya wajib dimiliki ibu-ibu muda alias mahmud. Paket Baby Books-nya dr. Sears sekeluarga.
Isinya? Lengkaaapp.. kap.. kap..
Waktu itu saya sedang galau karena ahza sukaaaaa banget digendong. Duh, gimana ya kalau dia bau tangan, gimana yaa kalau dia ga mau digendong sama orang lain, gimana yaa. gimana yaa.. dan kekhawatiran-kekhawatiran lain tentang gendong-menggendong ini.
Kemudian saya dihadiahi paket buku ini oleh adik tercinta. Di dalamnya ada satu bagian yang membahas tentang menggendong ini dan sangaat mencerahkan saya. Saya jadi tak ragu lagi untuk menggendong ahza karena sudah tau manfaatnya dan lagi pula, sampai kapan sih ahza mau digendong? Maksimal sampai masuk SD kan? Setelah itu pasti bakal kangen gendong ahza. Jadi dinikmati aja.
Favorit banget buku ini!

The Baby Books, dr. Sears

Hadiah untuk Ibu

Menjelang hari ibu, banyak yang bagi-bagi hadiah melalui giveaway dimana-mana.
Tadinya saya juga mau bikin giveaway. Tapi bingung mau bikinnya kaya gimana dan mau ngasih apa ke pemenangnya. Hehehe..

Sampai suatu malam, saya sedang cari foto produk di gallery handphone dan menemukan gambar ini.

Kolase e-book dari Gallery HP

Ah, bagi-bagi hadiah e-book ini aja ya.. pikir saya.
Tapii..
Saya takut ga ada yang butuh, ga laku, nanti saya nangis di pojokan.. ;'(
Maklum, saya anaknya melankolis (padahal boong wkwk)
Akhirnya,saya bikin survey kecil-kecil di facebook dan ternyata teman-teman sesama mahmud ada yang mau dengan beberapa e-book ini. Alhamdulillah. Ga jadi nangisnya :D

Jadi, ini dia sedikiiiiiiiiiiiiiiit hadiah dari saya untuk ibu-ibu Indonesia yang kece, rempong dan bahagia.
Silahkan klik judulnya untuk mengunduh ya.
Insya Allah, gratis...

1. MONTESSORI: THE SCIENCE BEHIND THE GENIUS (Angelin Stoll Lillard)



Review
Ibu-ibu pasti lagi terjangkit virus Montessori ini. Belum ngehits kalau anaknya belum diajakin main sensory play dan perintilan Montessori lainnya. Iyaa.. Metode PAUD ala Maria Montessori ini lagi ngehits banget memang di Indonesia. Mumpung lagi ngehits, yuk cari tau Montessori lebih dalam lagi melalui e-book ini.




Review:
Kece badai ulala. Dalam 1 e-book terdapat 2 buku. 2 in 1. Hehe..
Buku-buku ini sering banget jadi rujukan artikel-artikel parenting di Indonesia. Mengapa? Karena dr. Karp begitu fenomenal dengan metodenya untuk menenangkan anak tantrum.
Karena saya masih belum kebayang metodenya walaupun sudah baca, jadi saya searching metode ini di Youtube, Dan ternyata, emejing.. Anak yang lagi tantrum guling-guling bisa jadi tenang hanya dengan diajak komunikasi ala ala dr. Karp.
Jujur, saya belum pernah praktekin karena ahza belum pernah tantrum sampai tidak terkendali. Tapi buat ibu-ibu yang sutris karena anaknya suka tantrum boleh dicoba.



Review:
Tiap malam sibuk berantem sama anak masalah tidur?
Anak ibu tidurnya ga teratur?
Anak ibu susah tidur?
Anak ibu cacingan? #eh wwkwk
Di buku ini ada solusinya. Dimulai dari mengenal tidur untuk balita dan usia prasekolah, bagaimana tidur yang baik, rutinitas sebelum tidur, mencegah perang sebelum tidur dan banyak lagi.



Review:
Judulnya aja ensiklopedia ya, bukunya membahas lengkap mengenai aktivitas bayi dan batita. 
Dari covernya dijelaskan bahwa ditulis oleh guru untuk para guru.
Buku ini berisikan ide-ide untuk para guru di daycare.
Tapi menurut saya recommended juga untuk para orang tua, terutama yang belum memutuskan anaknya untuk bersekolah di daycare. Banyak ide-ide bermain yang dikategorikan berdasarkan manfaat, misalnya merangsang motorik halus, berbahasa, dan lain-lain.



Review:
Buku ini menawarkan hampir 400 ide bermain yang sederhana, yang bisa dilakukan orang tua di rumah, yang sekaligus bisa mengasah kemampuan anak dalam emosi, sosial, fisik, dan perkembangan kognitif dalam waktu yang bersamaan. No ribet dan no mahal. Asyik yaa..
Musim hujan kan? Ada banyak ide bermain saat rainy days. Asiiik..
Yuk cuss unduh.

6. 365 GAMES SMART TODDLERS PLAY (Sheila Ellison)


Review:
Ga bakal bosen main-main dengan anak karena ada 365 ide bermain dari buku ini. Waooow.. Lumayan ya, 365 hari berarti 1 tahun ya? :D
Ada permainan supaya si kecil suka cuci tangan dan permainan potty training juga lho.
Semuanya simple tapi seru.
Selamat mencoba!

Nah, selamat mengunduh ya..
Harapan saya, semoga bermanfaat. Minimal bisa sedikit menuhi memory handphone atau PC. Hehehehe..
Kalau bermanfaat, silahkan dibagikan kepada ibu-ibu lainnya yaa :D

Semoga ibu-ibu Indonesia bisa menjadi ibu-ibu cerdas dan menghasilkan generasi cerdas yang sholeh sholehah, bermanfaat untuk keluarga, masyarakat, bangsa dan agama. Aamiin..

Selamat Hari Ibu!
Merdeka!

xoxo,
Si Ibu Jerapah :D

19 comments :

  1. Wah, bisa nih mbak dijadikan referensi. Meski nikah aja belom... haha
    Mempersiapkan diri menjadi ibu yang baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ayo dek anis segera menikah.. haha :D

      Delete
  2. mitos-mitos di atas masih sering beredar di masyarakat lho Mbak,,
    dulu saat saya sedang menyusui, saya dilarang untuk makan makanan yang ada rasanya, jadi yang saya makan itu nasi putih, ikan bakar dan sayur bening yang gak diberi garam sedikitpun, huhuhu :( (sorry curhat)

    terimakasih suka membagikan e-booknya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa saya pun begitu.
      yg paling menyiksa itu mitos ga boleh tidur siang.
      padahal malamnya abis begadang -___-"

      sama2 mba.. semoga manfaat :)

      Delete
  3. Waduuh...saya nggak ngerti isinya pake bahasa inggris hik, malah saya yang nangis dipojokan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. cup2 mba..
      iya mba, buku2 bahasa indonesia masih juarang buanget yang ada e-booknya
      kalau adapun mihil mba hehehehe

      Delete
  4. saya punya yang nomor 6 krn lagi tertarik banget belajr soal sensory play

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. seru ya main sensory play ini :)

      Delete
  5. Wah makasih banyak ya Mba sudah membagikan e-booknya :D

    ReplyDelete
  6. Ini kamu keren banget deceeee...tp kenapa kamu jd ibu jerapah.? Leher kamu panjang. lol...jazakillah khair yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ujiii.. haha.. kenapa ibu jerapah ya?
      padahal ahza sukanya kuda lho.. wkwk..

      Delete
  7. Alhamdulillah, jazakillah khoir mba. Saya terbantu sekali ini, dengan koneksi yang lelet cukup sekali donlot, gak perlu nyari satu-satu seperti biasa

    ReplyDelete
  8. Tadi Pagi2 udh tekun download ebooknya, makasih Mama Dessycie

    ReplyDelete
  9. E-book yang menarik. Saya udah lama tertarik dengan Montessori, tapi nggak tahu mau beli bukunya di mana, dan tiba-tiba Bu Jerapah ngeposting linknya. Terima kasih ya..

    ReplyDelete
  10. whuaa ada ebooknya
    jaman sekarang mah gampaang dapet ilmu,jaman aku dulu hamil ga ada ebok ebokan xixixi

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...