December 06, 2015

Pesta Wirausaha Bandung 2015: Find Your Business Opportunity Right Now!

Hari ini rencananya mau datang ke Pesta Wirausaha Bandung 2015 pagi-pagi. Biar bisa dapet banyak sesi. Tapi apa daya, berhubung hari Minggu harinya Ahza berkuda, jadilah saya anter anak bayi ini naik kuda dan main-main dulu. Kayanya ga lengkap hari Minggu tanpa berkuda. Antisipasi bisi jadi bete seminggu ke depan, mending nurutin jadwal aja ah. Hihihi..

Akhirnya saya baru bisa berangkat menjelang dzuhur dan sampai di sana sekitar jam 12-an. Sebelum ke venue, saya shalat dzuhur dulu di Pusdai. Jadi terkenang masa muda, Hehe..
Sampai di sana, ternyata sedang istirahat makan dan shalat dzuhur. Jadi saya keliling-keliling dulu di bazaar TDA (Tangan Di Atas). TDA ini adalah komunitas wirausahawan yang menyelenggarakan Pesta Wirausaha Bandung 2015 ini.

Di bazaar ada buanyaaak banget kuliner. Alhamdulillah udah makan di rumah, jadi ga kabita. Hehe..
Selain kuliner, masih banyak lagi stand-stand yang ada di bazaar. Ada tour & travel, baju muslim, perlengkapan muslim/muslimah, baju menyusui, software akuntansi, jasa buat website, dan lain-lain. Banyak deh.. Nah, uniknya, produk-produk ini menerima reseller lho. Pas banget deh untuk yang lagi cari-cari produk untuk dijualin.

Setelah keliling-keliling bazaar, saya memutuskan untuk menunggu workshop dimulai. Sekitar jam satu siang, peserta mulai masuk ke Gedung RRI. Kemudian acara dipandu oleh dua MC yang bodor parah. Kang Deden sama Kang ... (wkwk, ga tau yang satu namanya siapa). Asli lucu banget yaa dua orang ini. Setelah bagi-bagi hadiah, akhirnya sampailah ke sesi workshop selanjutnya. Aslinya, saya ga tau rundown acara workshop ini dan ga hafal siapa-siapa aja yang jadi pembicara. Dan ternyata, pembicara untuk sesi ini adalah vokalis dari band favorit ketika zaman tingkat pertama kuliah.. Vokalis Panas Dalam.. Jreng jreng.. AYAH PIDI BAIQ.. Luar biasaaaa... Langsung excited seketika. Haha..

Ayah Pidi Baiq yang Seuseurian Wae

Dulu saya sampai hafal lagu-lagunya Panas Dalam, karena teman-teman memasukkan lagu-lagu Panas Dalam ke MP3 saya. Tepatnya ke MP3 bergillir kami. Hehehe..
Untuk bukunya sendiri, saya belum pernah baca. Tapi pasti gokil juga ya seperti lagu-lagunya. Haha..

Ayah mah ga kaya ngisi workshop. Lebih kaya stand up comedy. Asli ketawaaaa sepanjang sesi itu.
Eits, tapi jangan salah. Walaupun hidupnya santai kaya di pantai dan seuseurian terus, ternyata si ayah ini bijaksana banget lho. Bisa memandang sesuatu dengan cara pandang yang baik. Subhanallah. Luar biasa..
Ini beberapa kata-kata ayah yang bisa saya catat dan ingat.

Jangan bekerja untuk perusahaan. Karena jika kamu bekerja untuk perusahaan, maka ketika bosmu ga ada, kamu akan malas-malasan bekerja. Tapi, bekerjalah untuk Meningkatkan derajat dirimu. Hal itu akan membuatmu senantiasa semangat dalam bekerja.

Tsahh.. Keren kan? Haha..
Ada satu lagi yang nyentuh hati saya, sampai saya pengen nangis. Eh, alay deng. Hehe..

Timur, kalau kau tidak suka sekolah, sama, ayah juga tidak suka sekolah. Tapi, walaupun ayah tidak suka sekolah, ayah tetap pergi sekolah. Mengapa? Supaya anak ayah punya ayah yang bersekolah. Anak tidak hanya butuh diberi uang oleh orang tuanya. Anak juga butuh bangga atas siapa orang tuanya. Bersekolahlah, supaya kelak anakmu bangga memiliki orang tua yang bersekolah.
Beuh, ini asli nanclep di saya, yang lagi males-malesan dan galau menghadapi tesis ini.
Ga nyangka ya, orang yang nyanyi Bencong Tulang Lunak bisa bijak kaya gini. Prok prok prok... *standing applause*

Intinya, si ayah ini selalu santai menghadapi hidup ini. Salah satu hal yang saya dapatkan dari sesi ini adalah: jadilah diri sendiri dan lakukanlah apa yang kamu sukai.
Ada lagi nih yang penting

Tidak usah kau sibuk menunjukkan siapa dirimu. Tunjukkanlah karyamu. Dari karyamulah orang akan mengenalmu. Jika karyamu baik, orang akan mengenalmu baik. Dan jika karyamu buruk, maka orang akan mengenalmu seperti itu.
Terus apa hubungannya dengan berbisnis?
Menurut saya sih berhubungan bangeeuuutss..

Yang pertama, jalani usaha sesuai dengan passion kamu. Sesuai dengan apa yang kamu sukai.
Bener banget nih yang ini. Mau dipaksa kaya apa juga saya ga akan bisa jualan hijab dan sejenisnya. Mengapa? Karena emang saya kan orangnya simple. Ga pernah pakai-pakai hijab dan baju-baju kekinian. Jadinya susah deh kalau mau jualan kaya gitu.
Lain halnya ketika saya jualan pelancar ASI atau gendongan. Dari dua-duanya saya merasakan manfaat yang luar bisa. Oleh karena itu, saya ingin orang lain juga merasakan manfaat seperti saya. Makanya, saya semangat banget buat jualan pelancar ASI dan perlengkapan bayi ini. Karena saya tau manfaatnya, saya pernah pakai dan saya ingin orang lain merasakannya.. Keren kan? Berasa motivator deh.. Wkwk..

Kedua, jadilah diri sendiri. Kalau di poin ini, saya baru banget ngerasain hal ini. Cara A yang dipakai sama si A, belum tentu cocok dipakai sama si B, C, dan D. Mau si A koar-koar kalau dia pakai cara A sukseslah, omset milyaran lah, kelimpungan orderanlah, dan banyak kekerenan lainnya, tapi kalau si B, C dan D ga cocok sama cara si A ya ga usah dipaksaiiiin banget pake cara A.
Maksain, sampe ngorbanin prinsip. Ngelakuin hal-hal yang ga sesuai nurani.
Pakai cara-cara yang sesuai dengan kita. Dengan produk kita. Pakai cara-cara yang sesuai dengan target pasar kita. Ga semua target pasar bisa diperlakukan sama. Iya ga ya? Ih, sok tau banget da saya teh. Hehehe..

Ketiga, daripada narsis, sibuk jualan diri, ini lho gue.. gue tuh kaya gini lho.. bla bla bla..
Lebih baik tunjukkan dengan karya-karyamu. Tunjukkan dengan kesuksesanmu. Tunjukkan bahwa kamu bisa, melampaui ekspektasi orang-orang.
Tsah, ini banget nih yang lagi jadi targetan saya. Menghilangkan stigma negatif masyarakat pada status ibu tunggal dengan prestasi. Keren kan? Insya Allah, semangattt..

Makasih yaa Ayah..

Setelah Ayah Pidi Baiq sebenarnya masih ada sesi lagi.
Nanti diposting lagi yahh. Hehehe..

Sekian reportase abal-abal dari Pesta Wirausaha Bandung 2015.
Semoga bisa diambil hikmahnya. Wkwkwk, kaya ada yang baca aja.

Semangaaatttt ^_^

8 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nama blognya lucuuuu, hehehe. Acaranya menarik yaa, suka susah datang ke acara ini karena weekend pasti megang anak, hehehe. Salam kenal yaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, inipun ahza dititipin mama dulu hihi..
      salam kenal mba :D
      makasih yaa sudah berkunjung :D

      Delete
    2. Iya yaa pasti kudu dititipin, hihihi. Sama-sama mba, mampir juga yuk.. :D

      Delete
  3. Asyiiik banget yah ternyata bahasa penulisan mbak DC, pas sesi ini aku kabar, pak bos dah BETE :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh malu ih dibaca sama bu guru >.<

      haha, pak bos yang kecil atau besar mba? hihihi :D

      Delete
  4. Asikk euy ada Ayah Pidi Baiq :))
    Saya sampai sekarang masih belum juga nulis tentang Pesta Wirausaha Mataram T_T
    Padahal acaranya udah kelar sejak 22 November hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya.. asik bangeeett..
      hayu atuh ditulis :D
      salam kenal yaa..

      Delete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...