November 10, 2015

Satu Hari di Ruang Anak Perpustakaan Jawa Barat

Berhubung orang-orang serumah punya acara seharian, jadilah saya dan ahza lagi-lagi harus ngedate berdua hehe.. 
Karena sudah mendekati batas akhir pengembalian buku ke perpus,  saya punya ide untuk mengajak ahza ke perpus. Waktu masih kicik banget juga saya pernah ajak dia ke perpus dan dia excited banget kayanya :)
Ahza, kita ke rumahnya buku yuk.. Bukunya banyaaaak loooh.. Mau ga?
*anaknya langsung ngangguk-ngangguk.. hehe..

Akhirnya, kami naik Gojek ke perpus..
Ga sampai 15 menit, sampailah kita di BAPUSIPDA atauuu Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat alias perpus jabar. 
Perpus yang punya gedung terbesar di Bandung ini berlokasi di Jalan Kawaluyaan Indah II No. 4 Bandung.
Buka dari Senin sampai Sabtu, asyik kan?
Buka jam 8 pagi sampai 9 malam di hari kerja, dan jam 9 pagi sampai sore di hari Sabtu.

Penampakan Gedung Bapusipda Jabar (Sumber: twitter @bapuspida_jabar)

Keren kaann gedungnya..

Sesampainya di dalam perpus, ahza langsung saya biarkan eksplorasi di ruang tunggu perpus. Ruang tunggunya kece. Banyak kursi warna-warna cerah yang langsung dinaikin dan didudukin sama ahza hehe:)
Sambil menunggu saya yang sedang mengembalikan buku di meja pengembalian, ahza anteng duduk di kursi sambil lihat kanan dan kiri. Sedang cari-cari "rumah buku" kayanya :D

Menunggu Ibu di Ruang Tunggu Perpus (dokumen pribadi)
Setelah selesai mengembalikan buku, kami berjalan ke arah belakang, ke ruang loker untuk menyimpan tas dan gendongan. Di sini ahza sempat cranky ketika kunci lokernya saya ambil untuk buka loker. wkwk..

Nah, ini bagian yang paling seru untuk anak-anak. Ruang baca anak.. Wuhuuu...
Saya ga sempat banyak foto-foto ruangannya, jadi saya coba cari di google yaa..

Ruang Anak di Bapusipda Jabar (sumber: serbabandung.com)
Ini adalah salah satu sudut di Ruang Anak. 
Di sana ada perosotan dan panggung kecil untuk mendongeng atau menampilkan tari-tarian.
Dindingnya dihiasi dongeng si... (lupa haha)
Banyak kursi-kursi dan meja untuk membaca, tapi di karpet juga asyik kok :D

Bukunya?
WAAAW.. ga usah ditanya..
Untuk anak yang menghabiskan masa kecilnya di perpus sekolah, perpus Banceuy dan perpus di Soekarno Hatta (jadul banget yaa saya, ngalamin 3 kali perpus jabar pindah tempat wkwk), koleksi buku di sana lengkaaappp..
Mulai buku untuk anak-anak seusia ahza sampai buku-buku ensiklopedi yang bikin ngiler.
Malah saya yang sibuk liat-liat buku sedangkan ahza joget-joget dan loncat di panggung. Haha..

Tadi kami menyempatkan untuk membaca beberapa buku. Seperti biasa, ahza sukaaa banget baca buku yang ada gambar binatang. Dan ahza selalu teriak kesenangan kalau ada binatang di buku. Hihi, padahal kan di rumah juga banyak yaa.. Mungkin faktor excited sama ruangannya juga kali yaa.. :D

Kalau bosan membaca, anak-anak bisa main perosotan. Tadi ahza juga sempat naik perosotan dengan dua teteh kelas 2 SD yang sedang bermain di sana. Asyiiikkk..
Ehh.. ternyata teteh-teteh ini ngasuh banget loh. Setelah bantu ahza main perosotan, mereka bacain buku buat ahza. Bawain buku buat ahza. Hihi..

Ahza dan Teteh-teteh sedang Baca Buku (dokumen pribadi)

Setelah hampir 1 jam di Ruang Anak, saya kemudian mengajak ahza ke ruang baca dewasa karena saya ingin meminjam buku untuk bahan penelitian saya.
Untungnya lagi, kedua teteh yang tadi ngintilin kami hihi.. Jadi, saya bisa lumayan bebas mencari buku yang saya butuhkan. Terima kasih yaaa teteh-teteh cantik :D

Alhamdulillah,
Hari ini ahza senang sekali main di perpus. Rumah buku katanya!
Hihi...

Semoga niatan untuk menularkan virus cinta baca ke ahza berhasil yaa..
Semoga ia tumbuh jadi anak yang suka buku, suka baca.
Karena dengan baca, kita jadi tau ini itu.
Beneran deh, buku itu memang jendela dunia.
Hanya dengan membaca buku, kita ga usah jauh-jauh pergi untuk tau bagaimana itu hutan hujan atau Laut Mati..
Semangat yaa Ahza sayang :D

Oia, perpus ini recommended banget untuk liburan bareng si kecil..
Yuk ke perpus :D




19 comments :

  1. cozy banget tempat nya meang mba, saya pernah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..
      seneng yaa di bandung ada tempat kaya gini :D

      Delete
  2. Bener banget, Mba. Buku adalah jendela dunia. Asuiknua anak2 skrg ya? Perpus sudah modern dan menyenangkan banget. Ada arena bermain pula. Jamanku dulu, nihil. Hehe. Smg jd anak yg cinta baca, ya, Ahza. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasih tante :D
      iyaaa.. jaman dulu perpus itu sepi dan mencekam.. ga asiklah hehe
      makasih sudah berkunjung :D

      Delete
  3. Saya udah lama pengen kesana, harus cuti nih biar bisa ajakin Marwah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh marwah main aja sama ahza. Nanti aku yg jagain tehm deket ini kan kantornya hehe

      Delete
  4. Ada yang kurang...de.
    Bapusipda yang kece ini dilengkapi dengan Wi-Fi super kenceeng dan ga di kunci utk situs donlot k drama.

    Wuaahhaa....bahagiaa aku kl di perpus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish selama aku ngerjain tesis di sana, belum perna ngerasain wifinya lancar jaya. Sebel!

      Delete
  5. Waahh.. perpusnya gede bener gedungnya.. pasti lengkap deh koleksi bukunyaa. Jadi pengen ke situ..tapi jauh.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lrngkaaaap! Nyenengin pokonya mbaa hihi

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Luar biasa sekali yahh perpustakaan di Bandung.. Pelayanannya hampir menyamai perpustakaan di Jepang.. Kebetulan baru beberapa lalu saya menuliskan tentang kondisi perpustakaan di Jepang dan menurut saya perpustakan di Bandung ini sudah selevel. Nggak nyangka.. Awesome..

    Semoga dengan Perpustakaan yang bagus seperti ini, semakin tinggi minat baca masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg bener mas? Emang kok ruang anaknya mah keren bangrt hehe..
      Tapi untuk buku3 referensi kayaknya masih banyak kurangnya. Hiks..

      Delete
  8. Ih keren perpustakaannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. Deket rumah pula.. Senaaang

      Delete
  9. mengajari anak mengenal perpustaan dari kecil
    nanti lama2 dia menjadi suka membaca
    trims infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga kesampean. Sama2 mba :)

      Delete
  10. wah iya perpustakaan ini recomended banget untuk anak-anak
    sippp... thank ya

    ReplyDelete

Komentar anda, Semangat saya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...