Postingan

Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak

Gambar
Assalamua'alaikum wr.wb.
Hola Halo!
Long time no see.. Blognya sudah lumutan, ya! Hihi -.-
Kemarin, saya menghadiri seminar keren berjudul "Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak". Seminar parenting yang berbasis talent mapping ini dipandu oleh pasangan kece: Teh Elma Fitria dan Pak Muhammad Firman. Teh Elma adalah seorang penggiat parenting yang juga sering 'berpapasan' di grup WA atau sosmed. Huaha.. papasan doang.. :p Sedangkan Pak Firman adalah seorang praktisi Talent Mapping. Keduanya juga mengklaim sebagai strength based family practitioner. Ah, dari titelnya saja saya sudah yakin seminarnya akan keren. Heuu..

Seminar ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Masjid Salman ITB, yang mana adalah tempat nongkrong saya saat SMA. Yup, ITB adalah mantan calon kampus saya. Udah mantan, calon pula, watir.. :P Lalu, kenapa nggak masuk ITB? Karena ITB ada di Bandung. T_T
Jadi, belajar apa kita kali ini? Saya simpan di blog ini sedikit dari yang saya catat dan ingat dari …

Berkenalan dengan KonMari, Sebuah Seni Merapikan Rumah dari Jepang

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola Halo!
Siapa yang suka beberes rumah tapi rumahnya nggak beres-beres? Hayuk, ngacung!

Tentunya banyak alasan mengapa rumah kita tak kunjung rapi. Jawaban yang 'emak-emak banget' mungkin karena di rumah ada anak kecil yang sangat aktif bergerak dan bermain. Betul, nggak?

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang disebut-sebut sebagai penyebab rumah berantakan:
Kelebihan barang. Punya koleksi panci yang nggak pernah dipakai masak, punya koleksi gelas dan piring dari luar negeri yang hanya dipakai pajangan, punya koleksi gamis, tas, sepatu sampai berlemari-lemari. Atau punya mobil tiga padahal hanya punya garasi berkapasitas satu mobil?Nggak punya tempat untuk menyimpan barang. Alhasil, di atas lemari pakaian kemudian menumpuklah aneka kardus ini itu atau di atas buku yang berjejer rapi tersimpanlah aneka harta karun: koin, pulpen, kunci motor. Ahaha..Anggota keluarga terbiasa tidak mengembalikan barang ke tempatnya.Terlalu ban…

Cerita dari Breastfeeding Festival #2 AIMI Jabar

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola Halo!
Masih ingat kan betapa serunya Breastfeeding Festival tahun lalu? Ada banyak penampilan komunitas, talkshow seru, hujan doorprize, makanan enak dan banyak lagi! 
Nah, tahun ini, masih dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia 2018, AIMI Jabar menyenggarakan Breastfeeding Festival untuk kedua kalinya pada Sabtu, 11 Agustus 2018 di Halaman Dispusip Kota Bandung. Acaranya nggak kalah seru dan berfaedah seperti tahun kemarin! Bahkan, saya pribadi banyak mendapatkan ilmu baru lho dari Breastfeeding Festival #2 ini! Alhamdulillah.. :)



Acara yang didukung oleh Yayasan Sayangi Tunas Cilik (partner dari Save The Children) ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia, Mbak Tyas Landiastuti, S.T., Ketua AIMI Jabar, Una Adriana Chaizir, S.T., dan perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ibu Nila Avianty.
Pekan ASI Sedunia tahun ini bertema ASI sebagai Fondasi Kehidupan. Dalam sambutan-sambutan yang diberikan pada awal acara, dinyatak…

Perpustakaan Kota Bandung untuk Kita Semua

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Hola Halo!
Salah satu hal yang bisa membuat Kakang bahagia adalah berkunjung ke perpustakaan.  Kemarin, atmosfer kebahagiaan sudah mulai terasa ketika Kakang bangun tidur dan mulai saya sounding tentang aktivitas hari ini. Rencananya, saya akan mengajak Kakang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota (Dispusipkot) Bandung atau yang biasa kami sebut sebagai Perpus Kota
Pagi itu, saya memberi tahu Kakang bahwa kami akan berangkat pakai angkota dan mungkin pulang menggunakan Gojek, kami akan bekal makanan supaya nggak usah jajan, memberi tahu Kakang bahwa nanti saya akan mengurus sesuatu sehingga Kakang harus bermain sendirian dan juga mengajaknya membuat kartu perpustakaan agar bisa meminjam buku (selama ini pakai kartu saya). 
Sounding kayak gini penting banget, apalagi kalau saya pergi sendiri. Saya harus memastikan Kakang tahu kami mau pergi ke mana, sejauh apa, pakai apa, nanti makan apa, di mana, ngapain aja daaan seterusnya. Ribe…

Ketika Para Ibu Ngobrolin Buku

Gambar
Assalamu'alaikum wr.wb.
Hola Halo!
Setelah sebelumnya kami merasakan kebahagiaan yang luar biasa sepulangnya dari kegiatan bedah buku pada bulan Januari 2018, akhirnya kami berusaha menciptakan kebahagiaan yang sama pada hari Sabtu, 14 Juli 2018 dalam kegiatan Halalbihalal dan Bedah Buku bulan Juli 2018. Yah, belum terlambat kan untuk halalbihalal? Hehe..
Adalah Rumah Belajar (RB) Literasi Bandung yang merupakan penggagas acara kece ini. Kali ini, bedah buku mengambil tempat di Masjid Pusdai yang ternyata memudahkan kami untuk shalat dan memiliki banyak akses untuk anak-anak bermain (baca: selasarnya luaaas untuk berlari dan bermain).
Oh ya, ada yang berbeda di kegiatan kali ini karena kami menambahkan kegiatan bookcrossing alias tukar pinjam buku! Kegiatan ini terinspirasi dari kami yang saling tukar pinjam buku pada saat kegiatan pertama. Asyik banget! Bisa membaca buku bergizi tanpa harus beli. Hihi, maklum emak hemat!

     Baca juga: Bedah Buku Januari Super Seru!
Acara dibuk…

Yuk, Rencanakan Liburan Menyenangkan dengan Balita ke Dieng!

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Liburan menjadi kata yang sangat membahagiakan di telinga kami, para ibu rumah tangga. Berjibaku dengan urusan domestik, 24/7 alias 24 jam 7 hari seminggu sepanjang tahun, bahkan mengalahkan jam buka restoran siap saji, membuat kami selalu merindukan liburan.
Sejak menjadi ibu, prioritas utama di kehidupan kami tentu saja bukan hanya diri kami sendiri lagi. Pun dengan destinasi liburan. Ketika masih single dan happy, kami bisa bebas merdeka memilih destinasi liburan yang kami inginkan. Gunung? Mauuu! Pantai? Hayuuuk! Keliling kota? Let’s go! Intinya, ke mana pun angin berhembus, ke sana kami pergi. Hihi..
Nah, ketika sudah menjabat sebagai ibu rumah tangga (dan tambah happy), tentunya destinasi liburan yang kami pilih harus disesuaikan dengan beberapa hal. Pertama, anggaran dasar rumah tangga. Kedua, waktu yang dimiliki untuk liburan. Ketiga, destinasi yang ramah balita. Karena, percuma kalau liburan hemat tapi sulit mencari makan untuk balita atau te…