Postingan

Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak

Gambar
Assalamua'alaikum wr.wb.
Hola Halo!
Long time no see.. Blognya sudah lumutan, ya! Hihi -.-
Kemarin, saya menghadiri seminar keren berjudul "Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak". Seminar parenting yang berbasis talent mapping ini dipandu oleh pasangan kece: Teh Elma Fitria dan Pak Muhammad Firman. Teh Elma adalah seorang penggiat parenting yang juga sering 'berpapasan' di grup WA atau sosmed. Huaha.. papasan doang.. :p Sedangkan Pak Firman adalah seorang praktisi Talent Mapping. Keduanya juga mengklaim sebagai strength based family practitioner. Ah, dari titelnya saja saya sudah yakin seminarnya akan keren. Heuu..

Seminar ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Masjid Salman ITB, yang mana adalah tempat nongkrong saya saat SMA. Yup, ITB adalah mantan calon kampus saya. Udah mantan, calon pula, watir.. :P Lalu, kenapa nggak masuk ITB? Karena ITB ada di Bandung. T_T
Jadi, belajar apa kita kali ini? Saya simpan di blog ini sedikit dari yang saya catat dan ingat dari …

Komunikasi dengan Anak? Gampaaang!

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola halo!
Hai, Buibu! Yuk, ngobrolin tentang pengasuhan di rumah! :)
Sesungguhnya, judul di atas adalah doa saya, agar komunikasi dengan Kakang berjalan mudah, luwes, dan produktif. Aamiin..
Bicara tentang pengasuhan, apa sih yang biasanya menjadi pencetus 'perang dunia ketiga' di rumah? Hmm, masing-masing kita pasti punya ceritanya masing-masing, ya? Nah, kalau pencetus 'perang' antara saya dan Kakang mah sebenarnya nggak jauh-jauh ini dari ini: Kakang ngambek karena nggak bisa mendapatkan apa yang dia mau.Saya ngambek karena Kakang susah banget disuruh mandi.Kakang tantrum karena dibatasi nonton Youtube.Saya marah ketika Kakang bilang mau tidur, ternyata sejam di kasur malah ngajak keluar kamar lagi. Yaah, gitu aja sih, muter-muter. Tapi anehnya, kok setiap hari berulang terus. Apa sih yang salah?
Kenapa sih Kakang ngambek kalau nggak dikasih es krim? Padahal kan lagi batuk.. Kenapa sih saya harus ngamberk kalau Kakan…

Tempat Makan Favorit (Ketika Tinggal) di Jakarta

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola halo!
Wah, wah! Setelah dua tahun yang lalu memutuskan untuk konsisten menulis selama 90 hari non stop berkat #ODOPfor90days, kali ini saya tertantang untuk menulis setiap hari berkat #BPN30daysChallenge! Luar biasa! Sudah tujuh hari dan belum bolong sehari pun! Horeee!!! Jiahaha..
Hari ini, tema challengenya adalah '5 Warung Makan/Resto Favorit beserta Reviewnya'. Sebagai orang rumahan yang jarang banget makan di luar, tema hari ini benar-benar membuat saya bingung. Hmm, mau cerita tentang apa, ya?
Sejak menjadi ibu dan pindah ke Bandung, rasa-rasanya jarang sekali saya jajan di luar. Selain karena Kakang cinta banget sama masakan rumah, kami juga perlu menghemat pengeluaran, karena hemat pangkal kaya. Hihi..
Jadi, saya ingin sedikit bernostalgia dengan bercerita tentang '5 Tempat Makan Favorit Selama Tinggal di Jakarta'. Beberapa tahun yang lalu, saya sempat tinggal di Ibu Kota selama kurang lebih dua tahun. Keti…

Lima Fakta tentang Saya! Nomor Lima Bikin Pingsan!

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola halo!
Waw, tema hari keenam #BPN30dayChallenge2018 ini sangat menantang,yaitu..
jeng jeng..
LIMA FAKTA TENTANG DIRI SENDIRI!
Hahaha..
Karena nggak mau buka aib diri sendiri (ya siapa juga yang mau, kan?), jadi terpaksa saya nulis yang baik-baik aja ya. Wkwkwk.. *pembenaran
Tapi karena nulis yang baik-baik itu nggak seru, jadi saya akan coba menulis tentang lima fakta yang nggak banyak orang tahu tentang saya. Uhuy.. Wkwkwk..
Jadi, apa saja lima fakta tersembunyi tentang Ibu Jerapah? Cekidot.. Semoga nggak pada muntah-muntah ya bacanya. Haha..
1. Bercita-cita Ingin Jadi Konsultan Literasi
Cita-cita ini keidean sejak dua tahun yang lalu dan sampai saat ini tetap bertahan dalam bentuk ide. Luar biasa sekali memang, nggak berusaha untuk merealisasikan sama sekali. Hmm, ckck..
Apa sih konsultan literasi itu? Intinya, menjadi konsultan di bidang literasi.. *garing
Kalau di luar negeri, karena literasi itu sudah menjadi tema penting, ada…

Medsos dan Peran Peradaban

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola halo!
Hari ini, tahun 2018, ada nggak sih yang belum punya Instagram? Facebook? Hmm, Enin yang umurnya hampir 60 tahun aja punya beberapa akun Instagram lho, gaes! Yang satu untuk keluarga, yang satu untuk stalking online shop, dan yang satu akun khusus foto Ahza. Hahaha.. Seeksis itu..
Saya yakin, minimal Facebook mah pasti punya, ya? Atau minimal WhatsApp, deh? Hehe..
Media sosial (medsos) memang sudah menjadi kebutuhan primer manusia masa kini. Kita butuh medsos untuk bersilaturahim, karena medsos terbukti benar-benar bisa mendekatkan mereka yang jauh. Jarak antar kota, antar pulau, sampai antar benua seperti nggak berarti lagi berkat medsos. Dengan medsos, kita bisa berkomunikasi dengan siapapun dengan sangat sangat mudah.
     Baca juga: Sebulan Tanpa Medsos
Kemudahan dalam berkomunikasi ini pula yang akhirnya membantu kita dalam berjejaring. Teman saya hampir bisa dihitung dengan jari. Sedikiiiit sekali. Teman yang benar-ben…

Tentang Blogger Perempuan Network

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola halo!
Semester ganjil tahun ini, saya mendapatkan jadwal mengajar yang agak ajaib. Saya mengajar selama tiga hari dan dua hari di antaranya mengharuskan saya untuk tinggal di kampus sejak pukul 06.00 hingga 18.30. Dua belas jam. Ajaib, bukan? 😂
Kok bisa begitu? Yup, ajaib, karena saya mendapat jadwal mengajar di sesi terpagi dan tersore. 
Tapi hal ini nggak lantas menjadikan saya berkeluh-kesah, tapi malah saya jadikan momen ini jadi ajang saya agar produktif. Produktif menulis, membaca, pokoknya melakukan sesuatu yang sulit dilakukan di rumah. Jadi seperti punya me-time yang buanyaaak. Alhamdulillah..
Bosan kah di kampus? Nggak, dong.
Ada banyak hal yang bikin saya betah.
Pertama karena dapat catering makan siang, jadi nggak usah repot cari makan. Hihi.. Kedua, karena kampus saya punya perpustakaan terbaik di Bandung. Keren.. *versi saya 😂
Ketiga, karena rekan dosen yang asyik. Mereka yang membuat saya betah di kampus. Mereka h…