Postingan

Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak

Gambar
Assalamua'alaikum wr.wb.
Hola Halo!
Long time no see.. Blognya sudah lumutan, ya! Hihi -.-
Kemarin, saya menghadiri seminar keren berjudul "Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak". Seminar parenting yang berbasis talent mapping ini dipandu oleh pasangan kece: Teh Elma Fitria dan Pak Muhammad Firman. Teh Elma adalah seorang penggiat parenting yang juga sering 'berpapasan' di grup WA atau sosmed. Huaha.. papasan doang.. :p Sedangkan Pak Firman adalah seorang praktisi Talent Mapping. Keduanya juga mengklaim sebagai strength based family practitioner. Ah, dari titelnya saja saya sudah yakin seminarnya akan keren. Heuu..

Seminar ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Masjid Salman ITB, yang mana adalah tempat nongkrong saya saat SMA. Yup, ITB adalah mantan calon kampus saya. Udah mantan, calon pula, watir.. :P Lalu, kenapa nggak masuk ITB? Karena ITB ada di Bandung. T_T
Jadi, belajar apa kita kali ini? Saya simpan di blog ini sedikit dari yang saya catat dan ingat dari …

Lima Fakta Ini Membuktikan bahwa Millenials (Masih) Mau Membaca

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola Halo!
Millenials Mau Baca! adalah judul talkshow yang diadakan oleh Open Library Telkom University dalam rangkaian kegiatan Literacy Event 2018. Judul ini menggelitik saya, karena sependek pengetahuan saya, kaum millenials atau mereka yang sering disebut Generasi Y ini dikenal sebagai kaum yang sudah jarang membaca.
Dan ternyata, setelah mengikuti talkshow ini, hal tersebut terbantahkan..
Sebelum berlanjut ke isi talkshow, saya ingin sedikit mencatat tentang siapa sih yang dimaksud dengan millenials ini? Saya kutip definisi ini dari Wikipedia, yaa..
Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y) adalah kelompok demografi setelah Generasi X (Gen-X). Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok ini.  Para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran. Milenial pada umumnya adalah anak-anak dari genera…

Ketika Mereka Memutuskan untuk Bercerai

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola Halo!
Dalam beberapa bulan ini, ada dua teman yang berkonsultasi tentang teman dan saudara mereka yang memutuskan untuk bercerai. Bercerai, adalah perkara yang sulit diputuskan dan tentunya ada alasan kuat di balik kalimat, “Aku mau bercerai...”.
Bercerai bukan sebatas ‘aku berpisah dengan kamu’. Bukan pula sebatas ‘sekarang aku bebas dari hal-hal yang tidak aku sukai dari kamu’. Bercerai lebih dari itu, karena bercerai bisa diartikan sebagai suatu bentuk kematian dari sebuah hubungan. Sebagaimana ketika kematian datang, akan ada perasaan tidak nyaman dan konflik batin yang disebabkan oleh berubahnya sesuatu yang sudah sangat familiar menjadi sesuatu yang sangat baru dan asing bagi kita. Dari awalnya bangun berdua, kini sendiri. Dari awalnya ada yang bisa dimintai bantuan mengganti galon air mineral, kini harus mencari bantuan ke tetangga. Dari hal-hal sederhana hingga yang terkompleks: mengubah semua rencana, impian dan harapan y…

Berkenalan dengan KonMari, Sebuah Seni Merapikan Rumah dari Jepang

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola Halo!
Siapa yang suka beberes rumah tapi rumahnya nggak beres-beres? Hayuk, ngacung!

Tentunya banyak alasan mengapa rumah kita tak kunjung rapi. Jawaban yang 'emak-emak banget' mungkin karena di rumah ada anak kecil yang sangat aktif bergerak dan bermain. Betul, nggak?

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang disebut-sebut sebagai penyebab rumah berantakan:
Kelebihan barang. Punya koleksi panci yang nggak pernah dipakai masak, punya koleksi gelas dan piring dari luar negeri yang hanya dipakai pajangan, punya koleksi gamis, tas, sepatu sampai berlemari-lemari. Atau punya mobil tiga padahal hanya punya garasi berkapasitas satu mobil?Nggak punya tempat untuk menyimpan barang. Alhasil, di atas lemari pakaian kemudian menumpuklah aneka kardus ini itu atau di atas buku yang berjejer rapi tersimpanlah aneka harta karun: koin, pulpen, kunci motor. Ahaha..Anggota keluarga terbiasa tidak mengembalikan barang ke tempatnya.Terlalu ban…

Cerita dari Breastfeeding Festival #2 AIMI Jabar

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Hola Halo!
Masih ingat kan betapa serunya Breastfeeding Festival tahun lalu? Ada banyak penampilan komunitas, talkshow seru, hujan doorprize, makanan enak dan banyak lagi! 
Nah, tahun ini, masih dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia 2018, AIMI Jabar menyenggarakan Breastfeeding Festival untuk kedua kalinya pada Sabtu, 11 Agustus 2018 di Halaman Dispusip Kota Bandung. Acaranya nggak kalah seru dan berfaedah seperti tahun kemarin! Bahkan, saya pribadi banyak mendapatkan ilmu baru lho dari Breastfeeding Festival #2 ini! Alhamdulillah.. :)



Acara yang didukung oleh Yayasan Sayangi Tunas Cilik (partner dari Save The Children) ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia, Mbak Tyas Landiastuti, S.T., Ketua AIMI Jabar, Una Adriana Chaizir, S.T., dan perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ibu Nila Avianty.
Pekan ASI Sedunia tahun ini bertema ASI sebagai Fondasi Kehidupan. Dalam sambutan-sambutan yang diberikan pada awal acara, dinyatak…

Perpustakaan Kota Bandung untuk Kita Semua

Gambar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Hola Halo!
Salah satu hal yang bisa membuat Kakang bahagia adalah berkunjung ke perpustakaan.  Kemarin, atmosfer kebahagiaan sudah mulai terasa ketika Kakang bangun tidur dan mulai saya sounding tentang aktivitas hari ini. Rencananya, saya akan mengajak Kakang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota (Dispusipkot) Bandung atau yang biasa kami sebut sebagai Perpus Kota
Pagi itu, saya memberi tahu Kakang bahwa kami akan berangkat pakai angkota dan mungkin pulang menggunakan Gojek, kami akan bekal makanan supaya nggak usah jajan, memberi tahu Kakang bahwa nanti saya akan mengurus sesuatu sehingga Kakang harus bermain sendirian dan juga mengajaknya membuat kartu perpustakaan agar bisa meminjam buku (selama ini pakai kartu saya). 
Sounding kayak gini penting banget, apalagi kalau saya pergi sendiri. Saya harus memastikan Kakang tahu kami mau pergi ke mana, sejauh apa, pakai apa, nanti makan apa, di mana, ngapain aja daaan seterusnya. Ribe…