Postingan

Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak

Gambar
Assalamua'alaikum wr.wb.
Hola Halo!
Long time no see.. Blognya sudah lumutan, ya! Hihi -.-
Kemarin, saya menghadiri seminar keren berjudul "Mengenal dan Mengembangkan Bakat Anak". Seminar parenting yang berbasis talent mapping ini dipandu oleh pasangan kece: Teh Elma Fitria dan Pak Muhammad Firman. Teh Elma adalah seorang penggiat parenting yang juga sering 'berpapasan' di grup WA atau sosmed. Huaha.. papasan doang.. :p Sedangkan Pak Firman adalah seorang praktisi Talent Mapping. Keduanya juga mengklaim sebagai strength based family practitioner. Ah, dari titelnya saja saya sudah yakin seminarnya akan keren. Heuu..

Seminar ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Masjid Salman ITB, yang mana adalah tempat nongkrong saya saat SMA. Yup, ITB adalah mantan calon kampus saya. Udah mantan, calon pula, watir.. :P Lalu, kenapa nggak masuk ITB? Karena ITB ada di Bandung. T_T
Jadi, belajar apa kita kali ini? Saya simpan di blog ini sedikit dari yang saya catat dan ingat dari …

Mewujudkan Keluarga Literat: Sebuah Catatan dari Workshop Aktualisasi Literasi Keluarga

Gambar
Assalamualaikum w.w.

Minat baca akan melahirkan kegemaran membaca. Lalu, kegemaran membaca nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan yang berkembang menjadi kebutuhan untuk membaca. Dari kebutuhan itulah lahir sebuah budaya membaca,” tutur Bapak Dr. Ir. H. M. Taufiq Budi Santoso, M.Soc., Sc., Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Jawa Barat, saat membuka acara Workshop Aktualisasi Literasi Keluarga di Aula Barat Gedung Sate pada hari Kamis, 12 Juli 2018 yang lalu.
Kemampuan membaca, lanjutnya, adalah kemampuan yang tidak begitu saja dimiliki manusia sejak lahir tapi harus ditumbuhkan dan dibina secara berkelanjutan. Titik awal dalam menumbuhkan kemampuan ini dilaksanakan di dalam rumah yaitu dari keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat harus mampu memberikan sumber informasi yang baik dan terpercaya melalui perpustakaan keluarga atau memanfaatkan fasilitas perpustakaan pemerintah.
     Baca juga: Serunya Membawa Anak Usia Dini ke Perpustakaan
Selaras de…

Sebulan Tanpa Media Sosial

Gambar
Assalamualaikum w.w.

Taqabbalallahu minna waminkum..
Shiyamana washiyamakum..
Taqabbal yaa karim..

Walaupun sudah menuju bagian akhir bulan Syawal, tapi izinkanlah saya selaku penulis konten di www.ibujerapah.com menghaturkan permohonan maaf jika selama ini ada tulisan atau perbuatan yang kurang berkenan di hati pembaca. Tulisan yang menyakitkan hati, komentar yang belum sempat terbalas, pertanyaan yang tak terjawab atau lainnya. Maafkan saya, ya, teman-teman. Hiks.. Hiks..

Semoga amal kita di bulan Ramadhan diterima oleh Allah Swt. dan mendapatkan balasan terbaik, terutama di akhirat kelak. Aamiin yaa Allah..

Bagaimana Ramadhannya? Kalau saya mah kangen banget lho sama Ramadhan! Memang benar ternyata, puasa di bulan Ramadhan itu memang dimudahkan. Padahal, Ramadhan itu selalu terjadi di bulan terpanas sepanjang tahun, tapi kita kuat-kuat saja kan melakukannya? Coba bandingkan dengan puasa Syawal! Hanya enam hari, tapi repotnya luar biasa. Astaghfirullah. Kayaknya kebanyakan dosa apa…

Lima Catatan tentang Pemaafan dari Workshop Forgiveness Therapy

Gambar
Assalamualaikum w.w.
Hola Halo!
Saya selalu percaya jika meminta maaf itu sulit, tapi memaafkan itu jauh lebih sulit. Tahu dari mana? Dari pengalaman, ehem..
Memaafkan itu membutuhkan energi yang jauh lebih besar dari meminta maaf. Dan, yang banyak terjadi adalah lisan yang memaafkan, tapi hati masih dongkol. Pernah merasakan seperti ini?
Nah, kalau kasusnya seperti ini, sebenarnya siapa sih yang rugi? Orang yang menyakiti kita mungkin sudah lega karena ucapan, "Iya, kamu saya maafkan.", sudah meluncur dari mulut kita. Tapi bagaimana dengan kita yang sebenarnya masih dongkol? Kesal! Marah! Nyesek! Bahkan mungkin ada yang sampai mendendam.
Kalau sudah begini, bukankah sama artinya kita menyiksa diri kita sendiri dengan perasaan kesal kita pada orang tersebut? Teruuus menerus menyimpan perasaan sampai akhirnya jiwa kita terganggu. Nggak usah jauh-jauh membayangkan pasien rumah sakit jiwa yang sudah jelas-jelas didiagnosa sakit, tapi coba deh, apakah kita insomnia, nafsu makan…

Ketika Dunia Berputar Mengelilingi Kamu

Gambar
Assalamualaikum w.w.

Hola Halo!

Fix! Buku Fitrah Based Education (FBE) menjadi buku parenting dan pendidikan anak yang nggak pernah bosan saya baca. Buku tebal ini selalu mudah saya raih, karena dia selalu ada di mana-mana. Kadang di ruang tamu, di ruang televisi, kamar atau di meja makan. Hihi..
Ratusan artikel yang ditulis oleh pakar yang mumpuni di bidangnya membuat kita nggak pernah bosan untuk membaca ulang buku ini. Dan setiap membaca ulang, selalu pula saya mendapatkan ibroh baru dari apa yang baca. Karena anak-anak selalu berkembang, maka nggak salah kalau apa yang tadinya kita pikir, "Ah, ini mah belum saya alami!", menjadi, "Nah, sekarang nih si Kakang lagi begini, nih!". Yups, parenting itu dinamis, nggak gitu-gitu aja! Seru!
Kemarin, saya membaca salah satu artikel yang ditulis oleh Ustaz Aad (Adriano Rusfi) yang berjudul PAU atau SAUD? Artikel ini menyuarakan kegalauan emak-emak seperti saya yang belum menyekolahkan anaknya di usia 4 tahun dan masih me…

Menulis untuk Berdaya

Gambar
Tanpa saya sadari, hidup saya tak pernah jauh-jauh dari aktivitas menulis. Seingat saya, sejak SD saya suka sekali menulis. Sekitar kelas 3 atau 4 SD, saya sudah menjadi writerpreneur dengan menjual cerpen saya pada teman-teman. Lumayan, satu cerita dibanderol Rp100,00 yang kalau dikumpulkan bisa dipakai untuk membeli pensil refill nan imut atau semangkuk bakso. Hehe..
Di SMP, saya berjodoh dengan seorang guru Bahasa Indonesia yang metode pengajarannya tak pernah saya lupakan sampai saat ini, sungguh-sungguh berkesan. Di kelas 2 SMP, beliau meminta kami untuk menulis jurnal harian yang wajib ditulis setiap hari dan akan dikumpulkan setiap mata pelajaran beliau. Mau tak mau kami harus rajin menulis.
Saya yang sejak SD sudah memiliki diary pun rasanya tidak dibikin susah oleh tugas ini. Yang ada malah senang, karena kegiatan favorit saya terfasilitasi. Selain itu, beliau juga meminta kami membaca sebanyak-banyak buku dan membuat resumenya di buku khusus. Kedua buku ini, buku jurnal haria…